Asian Games adalah multi event Internasional bergengsi yang diadakan tiap 4 tahun sekali. Sebelumnya pada tahun 1962, Indonesia pernah menjadi tuan rumah acara paling bergengsi di Asia ini dan kini kita mendapat kesempatan kedua untuk menjadi tuan rumah Asian Games lagi.

Peluang Indonesia bisa menjadi tuan rumah ini bisa saja seratus tahun sekali karena kita bersaing dengan 45 Negara Asia lainnya untuk menjadiHost Countrysetiap 4 tahun sekali. Apalagi, tidak semua negara bisa langsung mendapatkanapprovedari OCA (Olympic Council of Asia).

Pesta Olahraga Difabel Asia2018 (Asian Para Games 2018), juga dikenal sebagaiPesta Olahraga Difabel Asia ke-3, sejajar dengan Pesta Olahraga Asia 2018, sebagai ajang olahraga untuk atlet Asia dengan disabilitas. Ajang olahraga ini akan diadakan diJakarta,Indonesia.

Indonesia Para Games Invitational Tournament akan menjadi ujian pertama untuk para relawan. Pada gelaran tersebut, mereka akan berinteraksi dengan sekitar 400 atlet dari berbagai negara yang berkompetisi di lima cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, renang, tenis meja, dan bola basket kursi roda, yang semuanya akan berlangsung di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan lho guys.

Dengan mengambil bagian sebagaivolunteer, selain menjadi bagian dari timAsian Para Games, tentunya hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri buatmu. Nah, jika kamu ingin menjadi volunteerdi ajang Asian Para Games 2018, ini keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

1. Siapa saja bisa menjadivolunteer.

Baik masyarakat umum atau mahasiswa dan sederajat diperbolehkan mendaftarkan diri. Syaratnya yakni menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Selain itu, untuk menjadivolunteerjuga harus memiliki passion yang kuat untuk menyukseskanAsian Para Games 2018.

2. Menjadi bagian dari Sejarah.

Dari awal menjalani training, para mentor banyak menekankan,Banggalah kalian menjadi bagian dari sejarah, karena belum tentu Asian Games akan di Indonesia lagi saat kita tua nanti.

Meskipun paravolunteerbukan peserta yang mengikuti kompetisi, perlu diketahui kalauvolunteeradalah wajah dari Indonesia itu sendiri. Apa yang dilakukanvolunteerakan menjadi tolak ukur tamu negara dalam menilai Indonesia. Sebagaivolunteerkamu diajak untuk membuatimagebukan menjagaimage.

Di sinilah peranvolunteeryang tidak bisa dianggap sepele.Volunteerada untuk Indonesia dan tugasnya jelas untuk memastikan semua tamu negara betah dan merasa nyaman saat tinggal dan mengikuti kompetisi disini. Jangan mengira hal ini mudah, karena menjadivolunteersaja harus ditrainingberkali-kali.

Jadi, untuk kalian yang belum pernah menjadi relawan, keluarlah! Cari informasi mengenai kegiatan yang membutuhkanvolunteer.Selain bisa menjadi isi di CV saat lulus kuliah nanti, kamu juga akan mendapat manfaat dari pengalaman yang belum tentu akan dialami teman sekelasmu. Jangan lupa untuk selalu perbaiki niat sebelum menjadivolunteer. Bisa saja kamu mendapat sedikit rejeki darivolunteering,tapi jangan pernah mengharap sesuatu yang berlebihan saat menjadivolunteer.

3. Volunteerharus mematuhi setiap peraturan.

Volunteer harus mematuhi setiap peraturan, keputusan dan hukum yang berlaku di INAPGOC (IndonesiaAsian Para Games2018 Organizing Committee), Indonesia dan tentunya norma-norma yang berlaku di masyarakat umum.

4.Volunteermelakukan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Penempatanvolunteerpada departemen akan dilihat berdasarkan preferensi saat mengisi form pendaftaran serta dengan memperhatikan hasil tes serta kuota yang diperlukan oleh setiap departemen.

5.Melatih komunikasi dan profesionalisme kerja.

Bekerja dalam sebuahmultieventolahraga tentu penuh tekanan dan tugas-tugas yang penting. Selain komunikasi dan etos kerja yang baik, masih banyak lagi nilai-nilai profesionalisme yang dapat kamu ambil agar bermanfaat di dunia kerja.Asian Para Games 2018 akan menjadi batu loncatan yang lebih baik mengingat pesta olahraga ini lebih besar.

6.Banyak mendapat teman baru.

Menjadi relawan (Volunteer) di sebuaheventbesar akan dituntut untuk bekerja dalam sebuah tim. Para relawan datang dari berbagai usia, daerah, dan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Namun semangat dan kerjasama tim tetap terjaga karena saling membantu dan mendukung merupakan hal yang utama.

7.Lebih dekat dengan para atlet berprestasi.

Sebuah pengalaman yang menyenangkan juga bisa lebih dekat dengan para atlet dan juga orang-orang penting dalam sebuah kontingen negara peserta Asian Para Games 2018.

8.Volunteerbersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Asian Para Games2018 pada 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018, termasuk proses seleksi dan training.Untuk mendaftar relawan atau volunteer Asian Para Games 2018, silakan mengunjungi laman resmi Asian Games 2018. Seluruh informasi lengkap terkait Asian Para Games 2018 bisa diakses diasianparagames2018.id.