×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini keuntungan kalau kamu jadi volunteer di Asian Para Games 2018

0

Olahraga

Ini keuntungan kalau kamu jadi volunteer di Asian Para Games 2018

Gak ada salahnya dicoba nih!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Cakrawala Singka Ismail

14 / 06 / 2018 12:39

Asian Games adalah multi event Internasional bergengsi yang diadakan tiap 4 tahun sekali. Sebelumnya pada tahun 1962, Indonesia pernah menjadi tuan rumah acara paling bergengsi di Asia ini dan kini kita mendapat kesempatan kedua untuk menjadi tuan rumah Asian Games lagi.

Peluang Indonesia bisa menjadi tuan rumah ini bisa saja seratus tahun sekali karena kita bersaing dengan 45 Negara Asia lainnya untuk menjadi Host Country setiap 4 tahun sekali. Apalagi, tidak semua negara bisa langsung mendapatkan approve dari OCA (Olympic Council of Asia).

Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 (Asian Para Games 2018), juga dikenal sebagai Pesta Olahraga Difabel Asia ke-3, sejajar dengan Pesta Olahraga Asia 2018, sebagai ajang olahraga untuk atlet Asia dengan disabilitas. Ajang olahraga ini akan diadakan di Jakarta, Indonesia.

Indonesia Para Games Invitational Tournament akan menjadi ujian pertama untuk para relawan. Pada gelaran tersebut, mereka akan berinteraksi dengan sekitar 400 atlet dari berbagai negara yang berkompetisi di lima cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, renang, tenis meja, dan bola basket kursi roda, yang semuanya akan berlangsung di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan lho guys. 

Dengan mengambil bagian sebagai volunteer, selain menjadi bagian dari tim Asian Para Games, tentunya hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri buatmu. Nah, jika kamu ingin menjadi volunteer di ajang Asian Para Games 2018, ini keuntungan yang bisa kamu dapatkan. 

Loading...

1. Siapa saja bisa menjadi volunteer.

Baik masyarakat umum atau mahasiswa dan sederajat diperbolehkan mendaftarkan diri. Syaratnya yakni menguasai bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Selain itu, untuk menjadi volunteer juga harus memiliki passion yang kuat untuk menyukseskan Asian Para Games 2018.

2. Menjadi bagian dari Sejarah.

Dari awal menjalani training, para mentor banyak menekankan, “Banggalah kalian menjadi bagian dari sejarah, karena belum tentu Asian Games akan di Indonesia lagi saat kita tua nanti.”

Meskipun para volunteer bukan peserta yang mengikuti kompetisi, perlu diketahui kalau volunteer adalah wajah dari Indonesia itu sendiri. Apa yang dilakukan volunteer akan menjadi tolak ukur tamu negara dalam menilai Indonesia. Sebagai volunteer kamu diajak untuk membuat image bukan menjaga image.

Di sinilah peran volunteer yang tidak bisa dianggap sepele. Volunteer ada untuk Indonesia dan tugasnya jelas untuk memastikan semua tamu negara betah dan merasa nyaman saat tinggal dan mengikuti kompetisi disini. Jangan mengira hal ini mudah, karena menjadi volunteer saja harus di training berkali-kali.

Jadi, untuk kalian yang belum pernah menjadi relawan, keluarlah! Cari informasi mengenai kegiatan yang membutuhkan volunteer. Selain bisa menjadi isi di CV saat lulus kuliah nanti, kamu juga akan mendapat manfaat dari pengalaman yang belum tentu akan dialami teman sekelasmu. Jangan lupa untuk selalu perbaiki niat sebelum menjadi volunteer. Bisa saja kamu mendapat sedikit rejeki dari volunteering, tapi jangan pernah mengharap sesuatu yang berlebihan saat menjadi volunteer.

3. Volunteer harus mematuhi setiap peraturan.

Volunteer harus mematuhi setiap peraturan, keputusan dan hukum yang berlaku di INAPGOC (Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee), Indonesia dan tentunya norma-norma yang berlaku di masyarakat umum.

4. Volunteer melakukan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Penempatan volunteer pada departemen akan dilihat berdasarkan preferensi saat mengisi form pendaftaran serta dengan memperhatikan hasil tes serta kuota yang diperlukan oleh setiap departemen.

5. Melatih komunikasi dan profesionalisme kerja.

Bekerja dalam sebuah multi event olahraga tentu penuh tekanan dan tugas-tugas yang penting. Selain komunikasi dan etos kerja yang baik, masih banyak lagi nilai-nilai profesionalisme yang dapat kamu ambil agar bermanfaat di dunia kerja. Asian Para Games 2018 akan menjadi batu loncatan yang lebih baik mengingat pesta olahraga ini lebih besar.

6. Banyak mendapat teman baru.

Menjadi relawan (Volunteer) di sebuah event besar akan dituntut untuk bekerja dalam sebuah tim. Para relawan datang dari berbagai usia, daerah, dan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Namun semangat dan kerjasama tim tetap terjaga karena saling membantu dan mendukung merupakan hal yang utama. 

7. Lebih dekat dengan para atlet berprestasi.

Sebuah pengalaman yang menyenangkan juga bisa lebih dekat dengan para atlet dan juga orang-orang penting dalam sebuah kontingen negara peserta Asian Para Games 2018.

8. Volunteer bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Asian Para Games 2018 pada 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018, termasuk proses seleksi dan training. Untuk mendaftar relawan atau volunteer Asian Para Games 2018, silakan mengunjungi laman resmi Asian Games 2018. Seluruh informasi lengkap terkait Asian Para Games 2018 bisa diakses di asianparagames2018.id.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red