×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

0

Ekonomi

Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

Punya usaha sampingan dengan omset menjanjikan memang impian semua orang, apalagi dengan modal yang minim.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

12 / 09 / 2019 14:31

Mungkin ada beberapa yang menganggap remeh usaha sampingan, entah karena merasa gaji dari pekerjaan utama yang sudah banyak maupun karena menganggap bikin capek saja. Namun banyak juga ingin punya usaha sampingan bahkan bingung ingin memulai dengan usaha apa. Apalagi jika sudah memikirkan modal. Kadang ada yang langsung minder dan mengurungkan niat.

Namun mempunyai usaha sampingan bukan sebatasa impian belaka karena ada beberapa usaha sampingan bisa dijadikan tambahan dengan modal minim. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Jadi reseller dan buka online shop.

Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

Gambar: santripreneur.or.id

Loading...

Tentu ini merupakan pekerjaan yang banyak digeluti anak muda zaman sekarang. Bukan hanya anak muda, ibu-ibu rumah tangga juga banyak yang menggeluti bisnis ini. Bisa dibilang modal yang kalian perlukan hanya HP dan kuota, serta uang untuk menebus barang pesanan pembeli.

Barang yang bisa dijual pun sangat beragam, mulai dari pakaian, makanan atau camilan, alat elektronik, make up, dan sebagainya. Memang  tidak semua yang mencoba bisnis ini sukses dan tentu banyak sekali pesaing. Selain online shop dengan atas nama sendiri, kalian pun bisa mencoba bergabung menjadi reseller brand. Karena tidak semua brand entah kosmetik maupun camilan menjual barangnya langsung ke toko. Beberapa ada yang punya sistem memakai reseller. Jika dilihat lagi, dengan modal minim tentu banyak yang tergiur mencobanya.

2. Menjadi penulis lepas.

Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

Gambar: webophile.net

Menjadi penulis lepas juga menjadi incaran anak muda sekarang ini. Karena hanya bermodal laptop gadget, kuota internet, dan ide, kalian sudah bisa membuat karya tulis. Penulis lepas ada yang berdasar pesanan klien, ada yang yang bebas namun ditarget. Honor yang ditawarkan pun lumayan, bahkan ada yang bertarif tinggi.

3. Menekuni blogging.

Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

Gambar: The Balance Small Business

Untuk blogging bisa dibilang usaha sekaligus investasi. Namun blogging bisa dibilang susah-sudah gampang. Karena butuh waktu yang agak lama atau bahkan bisa dibilang lama agar uangnya cair. Namun sama halnya seperti penulis lepas, modal yang kalian perlukan hanya laptop, kuota internet, dan ide.

4. Menekuni menjadi penerjemah.

Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

Gambar: cliklopea.com

Penerjemah juga bisa dibilang usaha sampingan dengan modal minim. Karena untuk mendapatkan klien saat ini cukup bergabung dengan situs freelancer atau mempromosikan diri di sosmed. Usaha ini cocok bagi kalian yang bersekolah di bidang bahasa maupun punya kemampuan berbahsa asing yang mahir.

5. Membuka les privat.

Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

Gambar: LEC Bali

Jika peluang ini hanya untuk kalian yang berlatar belakang pendidikan, jawabannya tidak juga. Karena jika akademik kalian mumpuni, kalian bisa mencoba peluang ini. Kalian hanya perlu motor dengan bensin dan peralatan tulis lalu mendatangi rumah si anak. Terkadang les privat honornya bisa lebih tinggi daripada ikut bimbel, namun itu juga kembali pada kesepkatan orang tua dan tutor.

6. Membuka jasa design grafis.

Bermodal minim, 7 jenis usaha ini bisa kamu jadikan sampingan

Gambar: WorkNC

Peluang ini sangat cocok bagi kalian yang masih berkuliah. Karena target kalian yaitu teman kalian yang berorganisasi maupun punya bisnis sampingan yang mana mereka akan butuh desain entah untuk logo, banner, sticker, dan sebagainya. Kalian hanya perlu laptop dengan aplikasi deisain di dalamnya serta ide untuk mewujudkan gambar pesanan. Dan untuk harga kalian bisa mematok harga sendiri dan berdasar kesepakatan.

7. Jasa pengetikan.

Mungkin usaha jasa ini kurang familiar, namun peluangnya bisa dibilang sangat menjanjikan, apalagi di lingkungan kampus. Barang yang kalian perlukan yaitu laptop, printer, dan kertas. Jika di rumah sudah ada printer, kalian hanya perlu berli kertas HVS-nya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red