×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini asal muasal Gumuk Pasir, salah satu wisata hits Jogja

0

Jalan-Jalan

Begini asal muasal Gumuk Pasir, salah satu wisata hits Jogja

Gumuk Pasir merupakan salah satu tujuan wisata yang hits dan Instagrammable di Jogja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Kusuma Wardhani

08 / 04 / 2019 11:45

Belum lengkap rasanya kalau berlibur ke Jogja tapi belum mengunjungi Gumuk Pasir di Jogjakarta. Gumuk pasir Parangtritis yang berasal dari Gunung Merapi ini beberapa kali jadi tempat syuting film, tempat favorit untuk pemotretan, dan berselancar di atas pasir.

Begini asal muasal Gumuk Pasir, salah satu wisata hits Jogja

Gimana ya cara pasir dari Gunung Merapi bisa membentuk gumuk ini? Ternyata material Gunung Merapi berupa batu besar turun melalui Sungai Opak dan Sungai Progo, kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai.

Sisa material yang awalnya berupa batu besar sampai di Pantai Selatan dalam kondisi kering dan membentuk bukit pasir. Uniknya, pembentukan gumuk pasir ini terbilang unik dan tidak di semua tempat bisa ditemui karena adanya kombinasi antara gunung, angin, gelombang laut dari bawah dan luar.

Batu besar dari Gunung Merapi melewati sungai, berhenti di Pantai Selatan, dan angin dari tenggara menghembuskan butiran pasir dan membentuk bukit. Selain pembentukannya yang unik, ternyata masih banyak sumur air tawar di pinggir pantai karena ketika hujan turun air bersembunyi di bawah gumuk pasir.

Loading...

Keren, ya!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red