×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 8 tips merawat kulit wajah yang berjerawat

0

Kesehatan

Begini 8 tips merawat kulit wajah yang berjerawat

Banyak hal kecil yang tak kamu sadari justru menjadi penyebab membandelnya jerawat lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Tasnia Raissa

03 / 01 / 2019 15:10

Memiliki wajah yang cantik adalah idaman setiap perempuan. Kata “cantik” pada wajah sering didefinisikan sebagai wajah yang tanpa jerawat, selalu bercahaya, dan tidak berminyak. Tetapi sayangnya, tidak semua perempuan mendapatkan kulit sesuai harapan tersebut.

Banyak perempuan yang memiliki masalah pada kulit wajahnya. Jerawat merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada wajah setiap perempuan karena dianggap sangat mengganggu penampilan wajah. Ketika munculnya jerawat, kepercayaan diri dalam berpenampilan pun langsung hilang begitu saja. Sampai-sampai banyak di antara kalian yang melakukan segala cara untuk menutupi jerawat kalian. Seperti menggunakan make-up yang totalitas, menempelkan plester, atau bahkan memencet jerawat agar cepat hilang.

Sebagai informasi, merawat kulit yang berjerawat tidak semudah merawat kulit yang normal. Banyak hal yang harus dihindari agar jerawat yang ada di wajah tidak semakin meradang. So, buat kalian yang ingin tahu bagaimana cara merawat kulit yang berjerawat, simak artikel berikut ini.

1. Jangan lupakan pembersih wajah.

Membersihkan wajah adalah yang paling utama bagi kalian yang memiliki kulit berjerawat. Karena kulit berjerawat identik dengan jenis kulit yang berminyak, sehingga kotoran ataupun debu akan lebih mudah menempel di wajah. Nah, debu dan kotoran ini yang akan membuat jerawat baru muncul di wajah. Terlebih jika kalian beraktivitas di luar rumah atau pun sering menggunakan make-up.

Loading...

Membersihkan wajah tidak cukup dengan sabun pencuci wajah. Bagi kalian yang memiliki kulit berjerawat, sangat disarankan menggunakan cleansing milk agar kotoran dan debu di wajah kalian lebih terangkat.

 

2. Gunakan toner.

Banyak perempuan menganggap jika penggunaan toner tidak memiliki efek apapun pada wajah. Faktanya, penggunaan toner akan mendukung kebersihan wajah karena bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa pembersih atau sabun yang ada pada wajah. Yang kedua, penggunaan toner akan membantu mengurangi minyak pada wajah dan menyegarkan kulit. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian menggunakan toner.

 

3. Selalu ingat dengan pelembap.

Wajah yang sehat tentunya membutuhkan nutrisi yang akan selalu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Maka dari itu, penggunaan pelembap sangat penting bagi wajah. Banyak perempuan beranggapan jika mereka tak perlu menggunakan pelembap karena kondisi kulit yang berminyak dan sudah pasti akan selalu lembap. Tetapi anggapan ini tidak benar karena kulit berminyak pun perlu nutrisi. Sehingga pelembap dibutuhkan bagi kulit yang berjerawat.

Pelembap yang dinilai cocok bagi kulit berjerawat adalah pelembap yang memiliki kandungan air, sehingga dapat dengan mudah meresap ke wajah. Ada pula pelembap yang harus kalian hindari nih, yaitu pelembap yang memiliki kadar alkohol karena akan membuat jerawat di wajah semakin meradang.

 

4. Jagalah kebersihan tangan.

Kalian tentunya sudah tahu bahwa tangan merupakan tempat adanya kuman terbanyak. Hal ini dikarenakan semua aktivitas yang kalian lakukan berawal dari tangan. Seperti memegang gagang pintu, membayar belanjaan, menyetir kendaraan, memegang pulpen, dan lain-lain. Maka dari itu, jika kalian senang menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, segera hindari aktivitas tersebut ya.

 

5. Dilarang keras ‘memencet’ jerawat.

“Memencet” jerawat memang sering kali kita jumpai. Banyak sekali dari kalian melakukan hal ini karena merasa risih dengan jerawat yang ada dan rasa gatal yang muncul. Padahal tindakan ini sangat salah, bahkan akan membuat jerawat di wajah semakin meradang. 

Ini karena ketika memencet jerawat menggunakan tangan, akan banyak kuman-kuman yang berpindah dari tangan ke wajah. Tindakan ini juga akan membuat wajah mengalami luka. Selain itu, jerawat yang hilang karena ‘dipencet’ akan meninggalkan bekas noda hitam pada wajah. Kalian tentunya tidak ingin hal itu terjadi, kan. Jadi, jangan lakukan hal ini ya guys.

 

6. Usahakan rambut terkuncir dengan rapi.

Rambut yang tidak terkuncir dengan rapi akan membuat rambut mudah menempel di sekitar wajah. Rambut yang menempel pada wajah akan mempermudah perpindahan debu dan kotoran pada rambut ke wajah.

Sehingga jika kalian tidak menguncir rambut, maka kotoran dan debu akan mudah menempel pada wajah dan mengakibatkan jerawat baru akan lebih mudah muncul. Jadi, jangan terkecoh dengan tampilan luar rambut kalian yang bersih dan berkilau ya guys, karena kalian tidak ada yang tahu jika debu dan kotoran banyak menempel pada rambut.

 

7. Kurangi konsumsi susu.

Kalian tentu tahu jika susu merupakan minuman yang penuh akan nutrisi. Terlebih, susu adalah pelengkap dalam menu 4 sehat 5 sempurna. Tetapi, tahukah kalian bahwa susu memiliki kandungan yang berdampak pada produksi jerawat? Yap, di dalam susu terkandung hormon endrogen yang bertugas untuk memproduksi kelenjar minyak. Seperti yang kalian tahu, semakin banyaknya kelenjar minyak yang dihasilkan, maka semakin banyak pula jerawat yang akan dihasilkan pada wajah. Ini karena debu dan kotoran akan makin mudah menempel pada wajah yang memiliki kelenjar minyak berlebih. Maka dari itu, kurangi konsumsi susu ya.

 

8. Gaya hidup sehat.

Selengkap apapun perawatan wajah kalian, akan sia-sia jika kalian tidak menjaga gaya hidup. Gaya hidup yang harus kalian jaga agar jerawat yang ada di wajah tidak semakin meradang adalah gaya hidup yang sehat. Seperti contoh, mengonsumsi air putih sedikitnya 8 gelas/hari, olahraga sedikitnya 5 menit/hari, tidur yang cukup, menjaga pola makan, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan menjaga kulit agar tetap sehat tidak cukup dari luar, tetapi menjaga dari dalam pun juga sangat dibutuhkan.

Nah, sekarang kalian udah paham kan bagaimana cara merawat kulit berjerawat. Tidak mudah maupun susah memang guys. Jadi, selamat mencoba ya.

Happy skin, happy day!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red