×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini 5 cara jitu untuk mengontrol tekanan darah tinggi

0

Kesehatan

Begini 5 cara jitu untuk mengontrol tekanan darah tinggi

Foto: pixabay.com/id/photos/hipertensi-tekanan-darah-tinggi-867855/

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Peter Asher

13 / 02 / 2020 16:32

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Satu kondisi jantung terkait dengan hampir semua penyakit dan gangguan jantung fatal seperti stroke.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat disebabkan karena berbagai alasan, beberapa di antaranya termasuk diet tinggi garam, diet tinggi kolesterol, dan gaya hidup tidak sehat. Hipertensi yang sensitif terhadap garam dikaitkan dengan diet tinggi garam.

Menurut sebuah laporan terbaru, sel-sel kekebalan di ginjal mengeluarkan radikal bebas ketika seseorang menderita hipertensi yang sensitif terhadap garam. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan juga dapat merusak ginjal.

Bahan kimia reaktif ini juga disebut spesi oksigen reaktif atau ROS adalah produk sampingan dari penggunaan oksigen tubuh kita yang digunakan sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan atau membunuh benda asing yang berbahaya. Pada tingkat tinggi mereka dapat menyebabkan berbagai penyakit mulai dari hipertensi hingga kanker.

Berikut ini adalah lima cara untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Loading...

1. Lebih banyak aktivitas fisik dan olahraga.

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dan aktivitas fisik berperan sehat untuk jantung. Saat berolahraga detak jantungmu naik sementara. Ketika ini terjadi secara teratur, jantungmu menjadi lebih kuat dan mampu memompa darah dengan sedikit usaha. Hal ini dapat membantu menjaga tekanan darahmu menjadi lebih terkendali.

2. Berusahalah untuk menurunkan berat badan.

Obesitas dalam kisaran yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk kondisi jantung seperti tekanan darah tinggi. Cobalah untuk menurunkan berat badan dan usahakan berat badan dalam kisaran BMI yang sehat.

Hal ini tidak hanya akan membantumu menurunkan tekanan darah, tetapi juga akan mengurangi risiko penyakit lain seperti diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal. Pola makan yang sehat dan aktivitas fisik yang lebih banyak adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Keduanya juga dapat membantu membuat jantungmu lebih sehat.

3. Mengurangi asupan karbohidrat olahan ditambah gula.

Mengonsumsi makanan yang tidak mengandung karbohidrat olahan dan tambahan gula dapat membantu membuat jantungmu lebih sehat. Menurut penelitian, risiko tekanan darah tinggi berkurang secara signifikan oleh diet rendah karbohidrat dibandingkan dengan diet rendah lemak.

Diet rendah karbohidrat juga dapat membantumu menurunkan berat badan dengan proses ketosis. Dan juga karena konsumsi protein dan serat akan membantu membuatmu kenyang lebih lama.

4. Kurangi asupan natrium, tingkatkan konsumsi kalium.

Untuk hipertensi yang sensitif terhadap garam, sangat penting bagimu untuk mengurangi asupan natrium. Konsumsi diet DASH dapat membantu mengurangi asupan garam yang merupakan asupan natrium.

Meningkatkan konsumsi kalium dapat membantu mengurangi efek garam dalam tubuh, terutama ketika kamu sensitif terhadap garam. Namun, konsumsi kalium yang berlebih bisa berbahaya bagi penderita masalah ginjal.

5. Gaya hidup yang lebih sehat.

Membuat pilihan gaya hidup sehat seperti meningkatkan kewaspadaan dengan meditasi, mengurangi stres, berhenti merokok, dan makan makanan sehat dapat membantu menjaga tubuhmu sehat secara keseluruhan dan menjaga tekanan darahmu menjadi tetap terkendali.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red