Apa salah satu buah-buahan yang selalu ada kala Ramadan?Buah kurma memang identik dengan bulan puasa. Namun terlepas dari masalah itu, pernahkan kamu kebingungan untuk memilih kurma yang bagus? Kurma yang bagus biasanya berharga mahal, tapi yang mahal belum tentu bagus.Mulai saat ini sebaiknya kamu harus tahu cara memilih jenis kurma yang baik dan sehat.

Begini 4 cara mudah memilih kurma yang segar dan sehat

Sumber : https://rheumapas.com

Ketikamembeli kurma, biasanya dengan mencicipi rasanya kamu dapat mengetahui apakah kurma masih segar atau tidak.Namun sebetulnya kamu juga harus memperhatikan hal lainnya agar dapat memastikan bahwa kurma benar-benar segar dan masih sehat. Untuk memastikannya, sebaiknya pelajari dulu tips berikut ini.

1. Perhatikan warna.

Ini adalah perbedaan yang paling mencolok, kamu bisa memilihnya dengan mudah. Umumnya kurma memiliki warna kuning, merah, cokelat hingga kehitam-hitaman.Nah, kamu lihat saja warnanya.Jika warnanya merata dan tidak ada bagian yang rusak, berarti kurma masih segar dan bagus.

2. Perhatikan tampilan fisik kurma.

Jangan pilih kurma yang basah atau lengket sebab kurma tersebut bisa jadi telah ditambahkan pemanis buatan. Selain itu hindari pemilihan kurma yang kulitnya sudah mengerut dan mengering karena itu menunjukkan bahwa kurma sudah lama tersimpan.

Lebih baik kamu pilih kurma yang fisiknya tidak terlalu lengket atau basah saat dipegang, namun tidak terlalu kering atau mengerut, dan pilih kulit ari yang masih menempel dengan baik.

3. Perhatikan kemasan dan tempat penjualan.

Jika kamu hendak membeli kurma dalam bentuk kemasan, pastikan memilih kemasan yang masih tertutup rapat dan lihat tanggal kedaluwarsanya.Dan jika hendak membeli kurma yang tidak menggunakan kemasan, kamu cukup memastikan bahwa pedagang benar-benar menyimpan kurma dengan baik tanpa terkontaminasi dari debu dan kotoran.

4. Perhatikan ukuran kurma.

Mengetahui ukuran kurma juga sangat penting bagi kita, sebab ini ada pengaruhnya tentang berapa banyak kandungan gula yang terkandung pada buah kurma tersebut.

Menurut data US Departement of Agriculture, pada umumnya ukuran satu buah kurma adalah 7,1 gram atau seukuran 1/2 ibu jari orang dewasa.Jadi intinya, kamu harus membatasi cara mengonsumsi kurma, jangan sampai melebihi 40 gram pada setiap satu kali makan. Dengan 40 gram kurma saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gula harianmu.

Nah, itu tadi 4 hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan membeli kurma. Perhatikan juga pembelian kurma yang sudah tidak memiliki biji, sebab bisa jadi pedagang telah merekayasa atau bisa jadi kurma telah diberi pemanis buatan.