Faktor pemicu kenaikan berat badan seseorang di antaranya adalah kurangnya olahraga dan kontrol terhadap makanan yang dikonsumsi. Terlebih, saat sudah malam, perut masih juga terasa lapar dan rasanya selalu ingin memasukkan sesuatu ke mulut untuk dikunyah.

Dilansir tipsofthescale.com, penulis The Hunger Fix sekaligus Senior Science Advisor di Elements Behavioral Health Pamela Peeke, MD, MPH mengungkapkan beberapa alasan utama mengapa sebagian wanita menjadi begitu rakus:

1. Metabolisme yang cepat

4 Sebab kenapa kamu cepet banget lapar, padahal baru aja makan

Ada sebagian wanita harus bekerja keras, bergantung pada otot-otot dan memutar metabolisme sebagaimana mestinya. Semakin cepat metabolisme, makin banyak bahan bakar yang dibutuhkan. Menurut Peeke, memiliki metabolisme yang cepat mungkin saja akan membakar sekitar 100-400 kalori ekstra per hari.

2. Konsumsi makanan olahan

4 Sebab kenapa kamu cepet banget lapar, padahal baru aja makan

Makanan olahan, seperti roti, aneka kue kukis berpotensi menaikkan gula darah, dan itu menimbulkan perasaan lebih lapar. Riset yang dipublikasikan International Journal of Obesity menunjukkan jika lemak tinggi, makanan dengan gula tinggi juga memengaruhi suasana hati dan respon kimiawi di otak, sehingga mengarahkan pada gejala depresi dan nafsu makan tinggi. Coba batasi konsumsi makanan olahan dan mulai beralih ke makanan olahan gandum.


3. Hormonal

4 Sebab kenapa kamu cepet banget lapar, padahal baru aja makan

PMS alias pre-menstruation syndrome jadi masalah hormonal yang dapat membuat kamu lapar terus seharian. Hyperthyroidism adalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif berlebih merupakan masalah umum hormonal yang menyebabkan rasa lapar sepanjang hari. Ketika hormon tiroid terlalu tinggi, maka fungsi vital tubuh semakin cepat, dan membakar energi lebih cepat. Jika kamu merasa sudah sangat terganggu dengan kondisi ketidakseimbangan hormon, maka jangan ragu segera berkonsultasi ke dokter.


4. Antara lapar sesungguhnya dan hanya 'ingin'

4 Sebab kenapa kamu cepet banget lapar, padahal baru aja makan

Banyak wanita merasa 'selalu lapar', padahal itu hanya perasaan 'ingin' saja. Menurut Peeke, rasa lapar merupakan penggerak biologis utama yang berhubungan dengan gejala fisik, seperti sakit kepala, mual, dan kontraksi usus, maka kamu merasa seperti ada cacing menari-nari terus dalam perut. Nafsu dapat timbul ketika kamu memiliki gairah atas makanan tertentu, dan berupaya mencarinya.