Bagi kamu yang baru lulus dari jenjang menengah pertama (SMP) pasti akan dihadapkan dengan dua pilihan, antara mau lanjut ke jenjang SMA atau ke SMK. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing tergantung dari sekolahnya sendiri. Namun bila kamu lebih memilih ke jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK, tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru yang berbau komputer seperti coding, desain, dan lain-lain.

Nah, untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan komputer seperti di atas kamu harus tahu jurusan apa saja yang mempelajari materi itu. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Baru lulus SMP? 5 Jurusan SMK di bidang komputer ini bisa jadi pilihan

RPL adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami semua cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Di jurusan ini kamu akan diajari tentang 'ngoding', php, html, css dan lain lain.

Peluang kerja untuk jurusan RPL ini pun banyak sekali. Kamu bisa menjadi front-end atau back-end developer atau bahkan bisa bekerja di perusahaan terkenal seperti Google.

2. Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Baru lulus SMP? 5 Jurusan SMK di bidang komputer ini bisa jadi pilihan

Selanjutnya adalah Jurusan TKJ. Jurusan ini biasanya mempelajari tentang merakit komputer dan laptop, belajar sistem operasi, pengenalan dan praktik jaringan dasar, sedikit pemrograman web, belajar tentang sistem operasi jaringan dan mengadministrasi komputer server. Biasanya lulusan dari jurusan ini paling banyak dicari oleh perusahaan yang berhubungan dengan jaringan seperti Telkom atau bisa juga menjadi network administrator.

3. Multimedia.

Baru lulus SMP? 5 Jurusan SMK di bidang komputer ini bisa jadi pilihan


Bagi yang memiliki hobi mendesain, kamu pasti berminat masuk ke jurusan ini. Multimedia biasanya memiliki tugas untuk mendesain suatu produk atau hal lain, bisa berupa teks, audio, animasi, gambar, ppt dan lain-lain yang bertujuan untuk menghasilkan suatu karya yang menarik.

Jika lulus dari jurusan ini biasanya kamu akan mendapatkan pekerjaan seperti graphic designer.Nantinya banyak perusahaan yang akan menerimamu bekerja di perusahaannya jika kamu memang sudah mahir mendesain produk.

4. Broadcasting.

Baru lulus SMP? 5 Jurusan SMK di bidang komputer ini bisa jadi pilihan

Jurusan yang satu ini pasti cocok bagi kamu yang pintar memotret atau pintar berbicara. Jadi pada jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu tentang jurnalistik seperti penyiaran dan penyiapan pesan melalui media massa seperti koran, radio, televisi dan lain-lain.

Peluang kerja jurusan ini juga banyak. Kamu bisa bekerja di stasiun televisi negeri maupun swasta di Indonesia atau bekerja di perusahaan media cetak online maupun offline.

5. Animasi.

Baru lulus SMP? 5 Jurusan SMK di bidang komputer ini bisa jadi pilihan

Jurusan ini berbeda dengan multimedia. Jurusan ini lebih fokus ke desain animasi. Mulai dari animasi 2D ataupun 3D yang menggunakan teknik penampilan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada suatu gambar.

Jurusan ini biasanya banyak dibutuhkan di perusahaan film yang mengutamakan animasi seperti Disney, Cartoon Network, atau yang lain.

Itulah tadi beberapa jurusan SMK di bidang komputer. Bagaimana, tertarik untuk menekuni salah satu jurusan yang ada di atas? Walaupun memang ada beberapa jurusan yang bisa dikatakan sulit, akan tetapi jika ditekuni terus menerus maka ilmu dari jurusan tersebut akan berguna bagimu kelak.