×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bahaya pandemi Covid-19 bagi perekonomian Indonesia

0

Ekonomi

Bahaya pandemi Covid-19 bagi perekonomian Indonesia

Ekonomi di beberapa negara terdampak buruk sejak pandemi Covid-19 melanda. Begitu juga di dengan Indonesia yang menjadi salah satu korbannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Alif Ghaniyyu P

29 / 07 / 2021 14:55

Perekonomian Indonesia saat ini sedang terombang-ambing dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Banyak perusahaan terpaksa memberhentikan karyawannya karena tidak sanggup memenuhi gaji karyawan, bahkan beberapa toko terpaksa tutup karena pandemi Covid-19. Hal ini berdampak buruk bagi perekonomian Indonesia.

Semakin meluasnya penyebaran Covid-19 di Indonesia berimbas pada seluruh perusahaan kecil maupun besar, terutama pada bidang ekonomi. Usaha yang terkena dampak terhambat pada penghasilan dan pengeluaran dari suatu usaha. Pandemi ini masih sulit diprediksi karena begitu banyak yang tidak diketahui tentang Covid-19, termasuk seberapa cepat penyebaran dan efektifnya tindakan pengendalian yang dapat dilakukan. Covid-19 ini memiliki dampak bagi pertumbuhan ekonomi yang berupa menurunnya tingkat perekonomian dunia terkhusus Indonesia.

Tingkat pengangguran yang tinggi merupakan masalah mendasar dalam ketenagakerjaan di Indonesia. Pengangguran menjadi masalah bagi negara yang tingkat pertumbuhan penduduknya tinggi, kasus ini terjadi di Indonesia. Pengangguran juga dapat memengaruhi tingkat perekonomian Indonesia, disebabkan oleh pendapatan negara juga akan berkurang. Karena, pendapatan nasional negara diukur dari persentase jumlah seluruh pendapatan masyarakat Indonesia yang berpenghasilan dibagi dengan jumlah seluruh penduduk Indonesia. Dikutip dari cnnindonesia.com, Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (2020) mengatakan jika pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan turun sebesar 2.3% bahkan dapat menembus angka -0,4% sebagai akibat dari adanya Coronavirus ini.

Pentingnya pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi merupakan proses kenaikan jumlah produksi suatu perekonomian atau perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan dan diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional dalam periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi salah satu indikator yang sangat penting dalam melakukan analisi tentang pembangunan ekonomi yang terjadi pada suatu negara. Pertumbuhan ekonomi menujukkan sejauh mana aktivitas perekonomian akan menghasilkan tambahan pendapatan masyarakat pada suatu periode tertentu. Menurut teori ini pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu jumlah penduduk, jumlah barang modal, luas tanah dan kekayaan alam serta teknologi yang digunakan.

Upaya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Peningkatan perekonomian nasional adalah poin penting yang harus diusahakan oleh seluruh negara. Hal ini bisa dicapai jika pemerintah sekaligus kita semua sebagai warganya mampu berperan aktif melakukan cara-cara efektif yang dapat mendorong tumbuhnya perekonomian Indonesia.

Loading...

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan agar bisa ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian.

1. Mengikuti perkembangan teknologi baru.

2. Menjaga sarana dan prasarana negara.

3. Berinvestasi di pasar modal.

4. Turut serta dalam mendanai UKM atau UMKM.

5. Tingkatkan kualitas diri.

6. Kelola Sumber Daya Alam (SDA) dengan baik.

7. Kembangkan inovasi dalam bidang usaha.

Dampak Covid-19 bagi perekonomian Indonesia.

Belakangan ini Covid-19 menjadi konsen besar bangsa Indonesia karena permasalahan yang terus ditimbulkannya. Ada banyak kerugian yang disebabkan oleh Covid-19 yang berdampak bagi perekonomian Indonesia. Pembatasan aktivitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian. 

Menurut Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) pada bulan Agustus menyebut bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 minus 5,32%. Sebelumnya, pada kuartal I 2020, BPS melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya tumbuh sebesar 2,97%, turun jauh dari pertumbuhan sebesar 5,02% pada periode yang sama 2019 lalu.

Dikutip dari kompas.com dengan judul Pandemi Covid-19, Apa Saja Dampak pada Sektor Ketenagakerjaan Indonesia?, kehadiran pandemi ini membawa banyak dampak bagi ekonomi Indonesia secara menyeluruh. Berikut tiga dampak setahun Corona bagi ekonomi Indonesia.

1. Indonesia masih resesi.

2. Ekonomi Indonesia jatuh ke level terendah.

3. Kemiskinan melonjak.

Tujuan utama dari artikel ini adalah melihat bahaya dari Covid-19 bagi perekonomian Indonesia saat ini. Namun dengan penurunan perekonomian masyarakat harus lebih menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi sangatlah penting. Akan tetapi, kesimpulan ini hanya berbasis variabel yaitu pertumbuhan ekonomi yang tentunya bukan satu-satunya faktor ekonomi penting dalam analisis ekonomi. Dengan kejadian ini juga pemerintah dan masyarakat harus membantu menjaga perekonomian di Indonesia.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red