×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Apakah durian bisa menyebabkan asam urat? Begini penjelasannya

0

Kesehatan

Apakah durian bisa menyebabkan asam urat? Begini penjelasannya

Durian mengandung purin. Bila dikonsumsi berlebihan akan menambah kadar purin dalam tubuh sehingga bisa tingkatkan risiko terkena asam urat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

25 / 02 / 2019 11:16

 

Asam urat adalah kondisi yang mengakibatkan seseorang mengalami kemerahan, bengkak, dan sakit pada seluruh sendi. Hal ini terjadi akibat meningkatnya kadar asam dalam tubuh yang kemudian naik ke dalam darah dan membentuk kristal-kristal yang akhirnya menusuk atau melukai persendian. Biasanya kristal akan berdampak pada sendi kaki untuk tahap awalnya. Jika keadaaan sudah semakin parah, kristal bisa terbentuk di bawah kulit. Dan sakit bisa dirasakan pada seluruh sendi, bahkan sampai menyerang pada tulang-tulang rawan.

Apakah durian bisa menyebabkan asam urat? Begini penjelasannya

Sumber : https://rheumapas.com/rematik-dan-asam-urat/

Sebetulnya asam urat disebabkan oleh asam urat itu sendiri. Hal ini terjadi karena dalam tubuh memiliki kandungan asam urat yang terlalu banyak. Pada kondisi normal asam urat akan terbuang melalui urin. Tapi bagi orang yang mengalami asam urat, maka jumlah asamnya terlalu banyak sehinga sulit diolah oleh tubuh.

 

Loading...

Penyebab asam urat.

Asam urat  disebabkan oleh salah satu zat yang benama purin. Purin yaitu suatu zat kimia yang diproduksi oleh tubuh secara alami, dan purin juga terkandung pada makanan-makanan tertentu. Berhati-hailah karena purin ini bisa masuk ke tubuhmu melalui makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

 

Berbicara mengenai makanan, apakah durian bisa menyebabkan asam urat?

Di Indonesia sendiri durian bisa dibilang sebagai rajanya buah-buahan. Julukan tersebut sangat cocok diberikan pada durian karena memiliki aroma yang khas dan rasanya yang nikmat. Durian memiliki kandungan seperti asam folat, nutrisi, vitamin, dan purin. Karena durian mengandung purin, maka hal ini menandakan bahwa penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi durian, apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan.

Jika hal tersebut diabaikan maka bisa meningkatkan kadar purin dalam tubuh, sehingga bisa memperparah penyakit yang diderita. Bahkan orang yang tidak sedang menderita asam urat pun sebisa mungkin harus menghindari pengonsumsian berlebih terhadap durian, karena bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat di kemudian hari.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red