Jika kamu pernah sakit dan periksa ke dokter, mungkin kamu pernah diminta untuk berbaring dan dokter akan memeriksa dengan menekan beberapa bagian tubuhmu.Kamu mungkin penasaran sebenarnya bagian apa sih yang ditekan dokter ketika memeriksamu? Nah, simakpenjelasannya berikut ini.

1. Bagian kanan atas.

Dokter akan meraba apakah pinggiran bawah hati bisa diraba. Kalau teraba, bagaimana konsistensinya apakah kenyal atau keras (misalnya pada penyakit sirosis atau kanker hati). Bagaimana permukaannya apakah mulus atau berbenjol-benjol. Untuk mendapatkan gambaran seberapa jauh hati teraba, biasanya akan diperkirakan jarak tepian rusuk terbawah (arcus costae) di garis tengah yang sejajar dengan puting sampai tepian hati yang bisa teraba.

Di daerah ini bisa juga terdapat nyeri tekan pada hati atau kantong empedu. Nyeri pada kantong empedu cirinya cukup khas sehingga dokter biasanya langsung bisa menduga adanya peradangan kantong empedu.Lebih ke samping, ginjal kanan bisa diraba dan dinilai apakah ada rasa nyeri serta apakah ukurannya membesar.

2. Bagian kiri atas.

Di bagian ini ada lambung, limpa, dan ginjal kiri. Limpa bisa teraba kalau ia membesar. Kadang-kadang membesarnya bisa melewati pusar, bahkan kadang sang pasien sendiri bisa merabanya. Pembesaran limpa bisa disebabkan oleh macam-macam penyakit, jadi akan dicocokkan dengan gejala dan data lain. Ginjal kiri bisa teraba jika membesar, dan nyeri jika ada infeksi. Lambung umumnya tak teraba sebagai bagian yang khas kecuali rasa nyeri atau ada benjolan karena tumor yang cukup besar.

3. Bagian kanan bawah.

Ini adalah lokasi di mana usus buntu berada. Kalau terdapat radang, maka akan ada nyeri di sini. Jika sudah berbentuk abses, bisa teraba ada benjolan. Pada wanita, kista ovarium kanan bisa teraba di lokasi agak lebih ke bawah, tapi kalau cukup besar bisa memenuhi perut sampai ke atas. Kadang juga ada tumor abdomen yang bisa diraba di daerah ini.

4. Bagian kiri bawah.

Ini lokasi usus besar sigmoid dan ovarium kiri pada wanita. Tumor atau kista pada dua organ ini akan teraba di sini.

5. Sekitar pusar.

Jika ditekan agak ke dalam, bisa teraba denyutan pembuluh darah terbesar dalam tubuh (aorta). Sering terjadi pembenjolan pada aorta seperti ban tua yang sudah cembung di suatu tempat. Ini disebut aneurisma yang bisa fatal jika robek karena tekanan darah yang tinggi. Di daerah pusar kadang bisa ditemukan benjolan tumor dalam rongga perut. Sebelah atasnya adalah pankreas yang bisa meradang dan nyeri, bisa juga membentuk tumor.

6. Di atas tulang pubis.

Ini lokasi kandung kemih dan kandungan. Infeksi, tumor, atau kehamilan bisa diraba di sini.

Masih banyak hal lagi yang bisa didapati dengan meraba daerah perut, yang pada dasarnya adalah kemungkinan adanya pembesaran organ, perubahan bentuk organ, nyeri karena radang, cairan dan pembentukan tumor.