×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Tips untuk kamu yang sedang berjuang mengatasi anxiety

0

Kesehatan

9 Tips untuk kamu yang sedang berjuang mengatasi anxiety

Anxiety merupakan gangguan kecemasan berlebihan yang banyak diderita orang-orang pada masa kini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

faisal adha

31 / 12 / 2020 10:39

Dunia yang bergerak cepat dan semakin menuntut agar orang bekerja dengan sempurna. Hal tersebut memicu orang-orang pada zaman sekarang menjadi mudah menderita gangguan kecemasan. Sebaiknya penderita gangguan kecemasan atau anxiety melakukan treatment untuk mengurangi kecemasan tersebut. Berikut beberapa tips untuk mengurangi anxiety

1. Ubah pola hidup kamu.

Pola hidup yang harus diubah bagi penderita anxiety adalah dengan tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Dengan tidak menunda pekerjaan maka kamu tidak akan mengerjakan tugas mendekati deadline yang ditentukan. Sehingga kamu pun terhindar dari rasa panik ketika mengerjakan tugas tersebut. 

2. Berlatih meditasi dan berolahraga.

Meditasi sangat baik untuk dapat mengontrol pikiranmu agar selalu berpikir positif. Meditasi juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga menambah hormon endorfin (hormon kebahagiaan) pada otakmu. Hal ini akan menghindarkan kamu dari rasa cemas.

Loading...

3. Makan makanan yang sehat.

Makanan sangat berpengaruh pada suasana hati. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan yang berlemak dan perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Hindari meminum alkohol dan merokok. Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan. 

4. Mulai dengan kebiasaan mencatat.

Mencatat sangat penting bagi penderita anxiety. Ini karena dengan mencatat maka kamu akan mengeluarkan beban pikiranmu. Sering kali penderita anxiety selalu memikirkan segalanya pada saat yang bersamaan di dalam kepala. Hal tersebut membuat semakin cemas pada pikiran.

Mencatat memberi kesempatan untuk mengeluarkan kecemasan tersebut. Ketika terlintas di pikiran kamu mengenai hal yang mencemaskanmu, kamu dapat langsung menuangkannya pada buku, kertas, ataupun pada smartphone

5. Hindari begadang.

Bagi penderita anxiety, begadang merupakan sesuatu yang tidak direkomendasikan. Karena begadang akan meningkatkan hormon yang akan membuat kecemasan. 

6. Hindari minum kopi.

Kopi mengandung zat kafein yang akan membuat otakmu bersemangat. Namun jika terlalu banyak, maka jantungmu akan berdebar-debar dan tubuh akan merespon ini sebagai sesuatu yang sama ketika kamu merasa panik. Jadi sebaiknya hindari meminum kopi. 

7. Jangan memaksakan diri.

Ketika mengerjakan suatu tugas, kamu harus berhenti sejenak, jangan memaksakan diri dan beristirahatlah. Sering kali kecemasan muncul karena kamu terlalu memaksakan untuk mengerjakan sesuatu dengan sempurna. Tenanglah dan sesekali boleh berbaring di tempat tidur serta menenangkan pikiranmu. 

8. Pijat beberapa titik di area tubuhmu.

Selagi lelah bekerja, kamu dapat memijat bagian tertentu pada tubuhmu. Pada bagian pergelangan tangan, bagian di antara alis, dan bagian di atas telinga merupakan titik pijat yang bisa kamu lakukan sendiri. Pijat dengan perlahan dengan tekanan yang tidak terlalu keras. Titik tersebut dapat membuat tubuhmu merasa lebih rileks.  

9. Jangan lupa berdoa dan beribadah.

Berdoa dan beribadah membuat kamu lebih tenang menjalani hidup. Dengan mendekati diri dengan Tuhan, maka kamu akan menggantungkan segalanya pada Tuhan sehingga dapat mengurangi kecemasanmu.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red