×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Tips gaya hidup sehat ala Nabi Muhammad, simpel dan mesti ditiru nih

0

Kesehatan

9 Tips gaya hidup sehat ala Nabi Muhammad, simpel dan mesti ditiru nih

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Rasulullah pun sudah mencontohkan bagaimana cara hidup sehat yang patut ditiru.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Audy Ramadhani

13 / 09 / 2019 18:22

Kesehatan tubuh memang sangat penting untuk kita, tentu saja agar bisa beraktivitas dan berkumpul bersama keluarga. Trend gaya hidup sehat pun sudah banyak dicanangkan dan dilakukan oleh masyarakat. Hidup sehat ini harus mulai dari mengatur pola makan, pola olah raga sampai pola istirahat atau tidur.

Bagi umat muslim ada beberapa tips hidup sehat dari kebiasaan semasa hidup Rasulullah. Gak ribet dan banyak sekali manfaatnya bagi tubuh. Jadi mesti kita tiru nih. Nah apa saja sih gaya hidup sehat ala Nabi Muhammad?

1. Makan makanan yang baik dan halal.

makanan sehat

foto: pexels.com

Loading...

Makan makanan yang baik adalah makanan yang tidak memberikan efek samping pada tubuh. Pada pagi hari, Rasulullah SAW biasanya sarapan dengan segelas air yang dicampur oleh sesendok madu asli. Selain itu tidak meminum khamr yang haram karena khamr dapat merusak tubuh bahkan merusak otak.

2. Menjaga pola makan.

makan secukupnya

foto: lifestyle.kompas.com

Makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Kita tidak boleh berlebihan dalam makanan. Artinya, kita sebaiknya memakan sesuai porsi dan jadwal yang teratur. Saat makan janganlah terburu-buru, kunyah sampai halus baru ditelan. Begitu pula saat minum air. Minumlah air dalam dua atau tiga nafas, jangan terburu-buru dan sekali minum langsung banyak.

3. Rajin meminum habatussauda dan madu.

madu

foto: unsplash.com

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Rasulullah juga menganjurkan untuk rutin mengonsumsi herbal, contohnya habbatussauda (jintan hitam), kurma, madu. Hal ini dilakukan setiap hari secara rutin. Selain itu berbekam dengan rutin juga dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Sehingga daya tahan tubuh semakin meningkat.

4. Rajin berpuasa.

tidak makan dan minum

foto: pexels.com

Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh orang yang berpuasa. Dari segi medis, puasa bisa mengobati penyakit seperti, tekanan darah tinggi, diabetes, pernapasan, pencernaan, melancarkan aliran darah, mencegah kangker dan lain sebagainya. Rasulullah biasa sahur dan berbuka dengan kurma dan madu yang memiliki khasiat menyehatkan tubuh.

5. Aktif berkegiatan dan rutin berolahraga.

olahraga renang

foto: unsplash.com

Berkegiatan dan rutin berolah raga juga dianjurkan. Hal ini supaya tubuh tetap bugar dan kuat. Semasa hidupnya Rasulullah senang berjalan kaki. Selain itu olah raga yang dilakukan adalah berenang, memanah, dan berkuda. Kita bisa pilih salah satunya yang lebih nyaman kita lakukan dan bisa rutin dikerjakan.

6. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

bersiwak/ sikat gigi

foro: pexels.com

Seperti kata pepatah, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Jika tubuh dan lingkunan kita bersih, maka bakteri dan sumber penyakit akan hilang. Potonglah kuku satu minggu sekali setiap hari Jumat. Selain itu Rasulullah menganjurkan untuk bersiwak/ bersikat gigi sebelum sholat, sebelum dan sesudah bangun tidur.

7. Tidur lebih cepat dan bangun lebih awal.

tidur lebih cepat, bangun lebih awal

foto: unsplash.com

Bergadang adalah kegiatan yang tidak bermanfaat. Jika masih ada pekerjaan, sebaiknya kita tunda dulu dan kerjakan saat sepertiga malam setelah sholat tahajud. Tidur dengan teratur setelah sholat Isya sekitar pukul 21.30 dan bangun lebih awal di 1/3 malam sekitar jam 03.00. Sudah banyak penelitian mengenai jam biologis manusia dan risiko terlalu sering begadang. Mulai sekarang, yuk kita mulai untuk tidur dan bangun lebih teratur.

8. Pola tidur yang baik.

posisi tidur yang benar

foto: jubah.id

Istirahat sangat penting bagi tubuh untuk mengembalikan tenaga. Kita bisa tidur siang selama 30 menit, namun jangan tidur setelah sholat asar dan sebelum magrib. Karena biasanya kita akan merasa pusing dan linglung. Saat tidur kita dianjurkan miring ke kanan karena dapat memperlancar kerja jantung dan hati. Jangan tidur tengkurap karena dianggap seperti tidurnya setan dan membuat pernapasan tidaklah lancar.

9. Tidak mudah marah.

tidak mudah marah

foto: pexels.com

Memiliki tubuh yang sehat juga perlu diimbangi dengan jiwa yang bersih. Rasulullah mengajarkan untuk selalu berakhlaq baik, sering bersosialisasi dan menjaga amarah. Orang yang suka marah biasanya mengalami penyakit seperti darah tinggi, gangguan pencernaan, sakit kepala, sakit jantung, dan depresi.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red