×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

0

Musik

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Beberapa peristiwa bersejarah terjadi di industri musik dunia sepanjang bulan Juli.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Indra Kurniawan

24 / 07 / 2020 10:10

 

Dalam beberapa bulan terakhir ini musik telah menjadi teman baik saat diharuskan berada di rumah selama pandemi menyerang dunia. Pada tahun-tahun sebelum pandemi, bulan Juli menjadi salah satu momen tersibuk dunia entertainment, khususnya dunia musik.

Memasuki musim panas ada begitu banyak perilisan album bahkan gelaran konser dan festival di berbagai negara di seluruh dunia. Tak hanya itu saja, uniknya bulan Juli menyimpan beberapa sejarah yang bisa dibilang cukup berpengaruh dalam industri musik, apa sajakah itu?

1. Elvis Presley. 

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Elvis Presley merekam lagu pertamanya tanggal 18 Juli 1953 di sebuah studio di Memphis yang kemudian dikenal dengan nama Sun Studio. Kala itu dua buah lagu berjudul My Happiness dan That's When Your Heartaches Begin direkam dengan biaya sewa studio sebesar US $ 3,98. Rekaman tersebut kemudian ia berikan kepada ibunya sebagai hadiah ulang tahun.

Loading...

Setahun kemudian setelah itu pada bulan Juli 1954 dirinya melakukan rekaman pertamanya yang dilakukan secara profesional dan diproduseri oleh Sam Phillips, pemilik Sun Studio yang kemudian dirilislah That's All Right dan Blue Moon of Kentucky yang sukses secara komersial.

2. John Lennon.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

John Lennon untuk pertama kalinya berjumpa dengan Paul McCartney di Gereja St Peter tanggal 6 Juli 1957. Saat itu Paul McCartney menunjukkan kepada John Lennon cara menyetem gitar. Dan John Lennon memainkan dua lagu berjudul Come Go With Me dan A Whole Lot Of Shakin. Tak disangka-sangka pertemuan kecil yang sederhana itu menjadi salah satu yang paling bersejarah dalam sejarah rock.

3. Jim Morrison.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Jim Morrison yang merupakan salah satu ikon dalam rock secara mengejutkan ditemukan meninggal di dalam bathtub pada tanggal 3 Juli 1971 silam. Saking ikoniknya puluhan tahun sejak kematiannya, makam Jim Morrison di kompleks pekuburan Pere Lachaise Paris selalu ramai dikunjungi orang.

Kematian Jim Morrison di usianya yang ke-27 tahun merupakan salah satu kematian yang menyisakan teka-teki. Ada versi yang menyebutkan kematiannya disebabkan oleh serangan jantung akibat obat-obatan terlarang, ada juga versi yang menyebutkan akibat bunuh diri bahkan ada versi yang mengandung teori konspirasi menyebutkan bahwa Jim Morrison belumlah mati, tetapi ia sengaja memalsukan kematiannya karena muak dan hidup menyepi di belahan Bumi yang lain. Dan memang pada saat itu tak pernah dilakukan otopsi setelah kematiannya terjadi.

4. Metallica.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Debut album Metallica Kill 'Em All dirilis pada bulan Juli 1983 oleh Megaforce Record. Perilisan album tersebut bertepatan dengan tiga bulan hengkangnya gitaris mereka Dave Mustaine yang kemudian mendirikan Megadeth. Posisi Dave Mustaine kemudian digantikan oleh Kirk Hammett.

Metallica juga pernah menjadi bagian sejarah konser musik di Indonesia. Tepatnya 4 Juli 2013 silam mereka mengumumkan secara resmi akan menggelar konser di Gelora Bung Karno Jakarta yang digelar 25 Agustus 2013.  

5. Live Aid.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Live Aid diselengarakan pada tanggal 13 Juli 1985 serentak di Stadion Wembley, London dan Stadion JFK, Philadelphia. Konser amal ini disiarkan secara langsung di 160 negara dan ditonton oleh sekitar 1,5 miliar orang. Musisi yang tampil di antaranya Queen, U2, The Who, Paul McCartney, Phil Collins, Eric Clapton, Led Zeppelin, Black Sabbath, Elton John, David Bowie, dan Madonna.

Hingga saat ini Live Aid tercatat sebagai siaran langsung terbesar yang pernah ada dalam sejarah pertelevisian. Pada tahun 2018 cuplikan konser Live Aid menjadi scene penutup biopic grup musik Queen garapan Bryan Singer yang berjudul Bohemian Rhapsody

6. Guns N' Roses.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Guns N' Roses merilis album pertama mereka Appetite For Destruction pada tanggal 21 Juli 1987. Beberapa single di album tersebut hingga saat ini masih menjadi hits yang masih diingat penikmat musik, di antaranya Welcome To The Jungle, Paradise City, dan Sweet Child O' Mine. Album tersebut meraih sukses dengan penjualan sebanyak 18 juta copy di Amerika dan dinobatkan sebagai album debut terlaris sepanjang massa di negara asalnya. 

7. Coldplay.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Coldplay merilis album panjang (LP) pertama yang berjudul Parachutes pada tanggal 10 Juli 2000. Pasca perilisannya album tersebut mencetak kesuksesan besar secara komersial maupun ulasan positif dari pengamat musik dunia. Terjual sebanyak 8,5 juta copy di seluruh dunia, meraih 9 Platinum, dan menyabet penghargaan album terbaik di Grammy dan Brit Awards pada akhirnya menjadikan Coldplay sebagai salah satu band besar di dunia saat ini.

 8. Michael Jackson.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Penghormatan terakhir bagi Michael Jackson digelar di stadion Staples Center pada tanggal 7 Juli 2009 yang dibuka untuk umum. Mariah Carrey, Stevie Wonder, dan Lionel Richie bernyanyi di acara tersebut.

Selain itu, bulan Juli juga merupakan bulan yang bersejarah bagi karier Michael Jackson, tepatnya tanggal 2 Juli 1988 silam dirinya menjadi musisi pertama yang memiliki lima lagu yang berasal dari satu album berjudul Bad, di saat yang bersamaan menduduki puncak tangga lagu. 

9. Chester Bennington.

9 Momen bersejarah paling dikenang di industri musik sepanjang Juli

Chester Bennington, vokalis grup musik Linkin Park, tanggal 20 Juli 2017 ditemukan gantung diri di rumahnya, Palos Verdes Estates, California. Kepergian Chester bertepatan juga dengan ulang tahun ke-53 Chris Cornell yang merupakan teman dekatnya yang juga ditemukan gantung diri dua bulan sebelumnya. Setelah kejadian tersebut grup musik Linkin Park mengumumkan pembatalan tour mereka yang berjudul One More Light.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red