×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Jajanan ini wajib kamu coba saat ke Sumatera Barat, bikin kecanduan

0

N/A

9 Jajanan ini wajib kamu coba saat ke Sumatera Barat, bikin kecanduan

Liburan ke Sumatera Barat sekalian kuliner jajanan khas Minang yang saking enaknya bakal bikin kecanduan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Indri Primayenti

07 / 04 / 2019 16:45

Selain terkenal akan destinasi wisatanya yang memesona, Sumatera Barat juga identik dengan makanan yang bersantan, kaya akan rempah-rempah, dan bercita rasa pedas. Tak heran jika banyak restoran masakan Padang yang dapat ditemui di setiap kota.

Rendang merupakan salah satu makanan khas Minang yang sudah mendunia dan diakui keabsahannya sebagai makanan tradisional yang berasal dari Indonesia. Namun masih banyak lagi makanan khas Minang lain yang tak kalah lezat.

Jika kamu berlibur ke Sumatera Barat, tak lengkap rasanya kalau tidak berburu kuliner sambil menikmati pemandangan yang masih asri. Berikut 9 jajanan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Sumatera Barat.

1. Dakak-dakak.

https://www.omiyago.com/kerupuk/852-dakak-putih-rina-sanjai.html

Loading...

Dakak-dakak merupakan kerupuk khas Minang yang berbahan dasar singkong dan dicampurkan dengan beberapa bumbu rempah. Jajanan ini bisa didapatkan di toko sanjai atau pusat oleh-oleh khas Minang.

 

2. Bika.

https://www.picbon.com/tag/bikabakar

Jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, dan air kelapa yang penyajiannya dibalut dengan daun waru atau daun pisang. Bika ini sendiri hanya dapat ditemui di daerah seperti Bukittinggi, Payakumbuah, Padang Panjang, dan Agam. Bika akan lebih enak dicicipi ketika masih hangat.

 

3. Karupuak Jangek.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kerupuk_kulit

Salah satu jajanan khas Minang yakni karupuak jangek atau yang lebih dikenal dengan sebutan kerupuk kulit ini terbuat dari kulit sapi yang sudah diolah dan dijemur sehingga bau amis dari kulit sapi tidak ada lagi. Kerupuk ini biasanya juga dijadikan sebagai tambahan lalapan yang ada di dalam gulai atau masakan lainnya.

 

4. Batiah.

https://www.tokopedia.com/tokoshirley/batiah-bagulo

Batiah berbahan dasar dari ketan putih yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Batiah juga dapat dijadikan sebagai cemilan ketika sedang berkumpul bersama keluarga.

 

5. Rendang Runtiah.

https://rendangdenlapeh.id/jual-rendang-runtiah/

Rendang runtiah atau rendang suwir ini mirip cara pembuataannya dengan rendang daging biasa, namun bedanya rendang runtiah ini dagingnya disuwir kecil–kecil sehingga tekstur dari daging ini gurih dan kering.

 

6. Rendang Baluik.

http://sumbarbagus.blogspot.com/2015/02/randang-baluik-nan-menggugah-selera.html

Selain rendang runtiah juga ada rendang baluik. Yang membedakan rendang ini dari rendang lain ialah bahan dasarnya dari belut yang digoreng hingga kering. Rendang baluik ini sendiri juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas Minang.

 

7. Karupuak Jariang.

https://www.tokopedia.com/rendang-unilili/kerupuk-jengkol-uni-lili-1-kg-rendang-uni-lili-mentah

Kerupuk yang berbahan dasar jengkol ini sering dijadikan sebagai pendamping makanan dan juga bisa dijadikan sebagai cemilan nan menggoda.

 

8. Gulai Tambusu.

http://surabayapagi.com/read/181036/2018/12/12/gulai-tambusu-khas-sumatra-barat-yang-kaya-rempah-lezat-nan-menggoda.html

Gulai tambusu sering kita jumpai di rumah makan khas Minang. Gulai tambusu sendiri yakni usus sapi yang sudah dibersihkan, yang mana isian di dalamnnya adalah tahu dan telur. Gulai tambusu ini banyak diminati oleh masyarakat dan juga bentuknya unik sehingga membuat penasaran.

 

9. Kalamai.

https://www.bukalapak.com/p/food/makanan/p8uub9-jual-kalamai-rotan

Kalamai atau galamai terbuat dari tepung beras ketan, gula aren, dan santan. Kalamai sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembuatannya. Di daerah lain kalamai disebut dengan dodol karena tekturnya yang mirip seprti dodol.

Itulah beberapa jajanan khas Minang yang wajib kamu coba dan juga bisa dijadikan oleh–oleh.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red