Rambut adalah mahkota wanita, jadi sudah seharusnya kamu tahu bagaimana cara merawat kesehatan rambut agar tetap sehat, lembut, dan berkilau. Beberapa orang bahkan rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan perawatan rambut super bagus. Sebab model rambut yang kian beragam membuat rambut rawan rusak dan rontok.

Bagi wanita memiliki rambut yang sehat dan berkilau memberikan kepercayaan diri yang lebih dalam setiap penampilannya. Akhir-akhir ini banyak sekali penawaran dari salon kecantikan untuk perawatan rambut. Hal ini membuat sebagian para wanita tertarik untuk mencobanya. Alih-alih ingin melakukan perawatan rambut, tapi hasil yang didapat tidak seperti harapan.

Di bawah ini adalah tips-tips perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah.

1. Berkeramaslah, tetapi tidak setiap hari.

Meskipun terdengar kotor, berkeramas setiap 2 atau 3 hari sekali (dan bukan setiap hari) justru dapat membuat rambut lebih sehat. Jika berkeramas setiap hari, kamu justru akan mengangkat lapisan minyak yang sehat pada rambut. Hal tersebut menyebabkan rambut tampak kering, kasar dan kusut.

Jika rambutmu cenderung berminyak, cobalah kepang ikat atau gelung rambutmu pada hari kedua atau ketiga. Jika kamu sering berolahraga, memiliki rambut yang sangat halus atau berminyak, kamu mungkin perlu berkeramas setiap hari atau dua hari sekali. Dalam situasi seperti ini kamu juga bisa menggunakan produk sampo dan kondisioner ringan.

2. Bersihkan rambutmu dengan baik.

Fokuskan penggunaan sampo pada kulit kepala, bagian pangkal, dan tengah rambut. Pijatkan sampo pada kulit kepala dengan lembut menggunakan ujung jari, dan jangan pernah menggaruk kulit kepala dengan kuku. Setelah rambut dibilas, oleskan kondisioner dan fokuskan penggunaannya pada ujung-ujung rambut. Dengan begini, rambut tidak akan kering dan kulit kepalamu tidak akan berminyak.

Gunakan jenis sampo dan kondisioner yang cocok dengan jenis rambutmu. Sekali lagi, produk yang cocok untuk temanmu tidak selalu cocok untukmu.

3. Sisir rambutmu untuk mencegah rambut kusut atau patah.

Akan tetapi, jangan langsung menyisir rambutmu tepat dari akar ke ujungnya. Metode penyisiran seperti ini justru bisa membuat rambutmu putus atau patah. Sebagai gantinya, sisirlah rambutmu dalam bagian-bagian kecil, dimulai dari ujung rambutmu terlebih dahulu. Setelah seluruh bagian rambutmu terasa halus, kamu bisa menyisir dari akar hingga ujung.

4. Cobalah untuk tidak menata rambutmu menggunakan alat bersumber panas setiap hari dan jika kamu perlu menatanya, gunakan produk pelindung rambut.

Selain membosankan, pelurusan dan pengeritingan seperti itu juga dapat merusak rambut. Jika kamu perlu menata rambutmu dengan alat bersumber panas (misalnya meluruskan atau mengeritingkan rambut), gunakan produk semprotan atau serum pelindung rambut terlebih dahulu. Produk tersebut akan melindungi rambut dari risiko terbakar dan mencegahnya tampak kering. Rambut kusut yang sulit diatur membuat harimu berantakan. Cobalah kepang rambutmu. Dibandingkan pelurusan rambut, metode ini jauh lebih bersahabat untuk rambutmu dan tidak memakan banyak waktu.

5. Pilihlah produk sampo dan kondisioner yang alami.

Hindari produk-produk yang mengandung silikon dan sulfat. Silikon memang membantu membuat rambutmu tampak halus, lembut, dan berkilau. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu silikon akan menumpuk sehingga membuat rambut tampak kusam dan lemas. Sementara itu, silikon hanya bisa diangkat oleh sulfat, zat pembersih keras yang akan membuat rambut tampak lebih kusam dan kering.

6. Cobalah bersihkan rambut dengan bilasan cuka.

Meskipun terdengar kotor, kamu bisa mendapatkan rambut yang lembut setelahnya. Cuka dapat membersihkan kotoran yang menumpuk serta mengembalikan kadar pH alami rambut. Dengan begini rambut akan tampak halus, lembut, dan berkilau. Campurkan hingga 4 sendok makan cuka apel dengan 240 ml air, kemudian siramkan pada rambut dari pangkal hingga ujungnya. Miringkan kepalamu dan tutup matamu agar tidak ada campuran bilasan cuka yang masuk ke mata. Bilas rambutmu dengan air dingin setelahnya untuk menutup kutikula rambut dan menambah kilau rambut.

7. Cobalah gunakan masker rambut jika kamu memiliki rambut kering atau rusak.

Masker rambut berfungsi seperti kondisioner yang dapat melembutkan, menyerap air, dan melembapkan rambut. Setiap merek mungkin perlu digunakan secara berbeda, tetapi biasanya kamu bisa menggunakannya setelah berkeramas dan membiarkannya (setelah mengenakan topi mandi) selama 10-15 menit. Setelah itu kamu bisa membilas rambutmu dan tidak perlu menggunakan kondisioner lagi.

8. Manfaatkan tekstur alami rambutmu.

Sebenarnya akan lebih mudah bagimu untuk menerima dan 'memanfaatkan' kondisi alami rambutmu daripada berusaha keras untuk mengubahnya. Kunjungi penata rambut dan mintalah ia memilihkan gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah dan tekstur rambutmu.