Setiap musim dingin ribuan lampu berkelap-kelip menerangi kota-kota di seluruh dunia untuk merayakannya. Kebetulan musim dingin biasanya datang pada akhir tahun, sekitar bulan November atau Desember. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati liburan akhir tahun dengan menikmati musim dingin yang dilengkapi permainan lampu yang bikin syahdu sanubari, tempat-tempat ini cocok dimasukkan dalam bucket list. Berikut ini adalah delapan tempat menawan tersebut.

1. Gothenburg, Swedia.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Aroma almond panggang dan glaze menandai kedatangan Saint Lucia ke Kota Sungai menawan yang disinari oleh lampu-lampu menarik sepanjang tahun. Lima juta lampu berkilauan tersedia di gedung-gedung dan sekitar 700 pohon Natal ada di Pasar Natal Liseberg Amusement Park (pasar Natal terbesar di Skandinavia).

Begitu memasuki bulan Desember hingga pergantian tahun, suara nyanyian para seniman dan sepasang kekasih menikmati waktu akan menghiasi Lane of Light sepanjang dua mil yang menuju pelabuhan.

2. Tivoli Gardens, Kopenhagen, Denmark.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Pagoda Jepang, sebuah restoran populer di Danau Tivoli adalah satu di antara banyak bangunan yang dihiasi dengan lampu liburan di taman hiburan Denmark yang dibangun pada tahun 1843 berkat visi indah dari ahli desain Tiffany. Selain berkeliling di wilayah Asia yang terletak di dekat ruang konser, pengunjung juga dapat menikmati langit yang berkilauan oleh visual roller coaster 1914 sembari menikmatinya. Kamu bisa menghangatkan diri dengan glogg (anggur mulled) dan pangsit apel.

3. Wina, Austria.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Akhir tahun akan menyuguhkanmu sisi romantis dari Kota Wina. Garlands of Bohlam berkilauan di atas jalan dan toko-toko dihiasi dengan cabang-cabang pinus dan pita sutra. Lampu gantung raksasa mengarah ke Katedral St. Stephen dan konser Advent setiap hari berlangsung di Istana Schnbrunn.

4. Callaway Gardens, Georgia.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Delapan juta lampu berkilauan di kompleks resor dengan lanskap berhutan yang indah di mana Fantasy in Lights tahunannya digelar. Pertunjukan yang ada di sini menggambarkan adegan liburan seperti March of the Toy Soldiers atau tema alam seperti Snowflake Valley.

Dua pemandangan pantai dengan lampu yang bergerak-gerak menceritakan kisah Twas the Night Before Christmas and the Nativity. Christmas Village di kompleks resor ini bahkan memiliki tempat berbelanja dan restoran.

5. Medellin, Kolombia.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Bekas kota sarang narkoba ini berdenyut dan bangkit dengan semangat baru di mana selama liburan para wisatawannya akan dimanjakan dengan permainan lampu-lampu yang fantastis. Kanopi pohon bersatu membentuk ornamen yang besar, yaitu sosok raksasa 3-D yang berputar di sepanjang Sungai Medelln dan di atas trotoar seperti karnaval yang dipenuhi kios makanan.

6. Hongkong, China.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Merayakan Natal dan Tahun Baru akan terasa luar biasa di Hongkong di mana lampu berkelap-kelip di sepanjang Main Street di Disneyland. Malldi kota itu rasanya juga seperti mencoba untuk mengalahkan satu sama lain dalam kemeriahan dan kemewahan (contohnya Roppongi Hills Galleria menciptakan galaksi Bima Sakti tiruan dengan permainan cahaya satu tahun sekali), dan cakrawala pusat kota menari dengan lampu warna-warni diiringi dengan musik. Pusat kota, dimahkotai oleh pohon kristal Swarovski raksasa, hiruk pikuk dengan penyanyi terkenal, dan Victoria Harbour "dihias" dengan sangat baik.

7. Kobe, Jepang.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Menyusul gempa bumi Kobe tahun 1995, Italia membantu meminjamkan ribuan bola lampu yang dilukis dengan tangan untuk dibangun menjadi luminarie (struktur ringan bergaya gothic) yang rumit. Tradisi itu berlanjut hingga saat ini di mana sekitar empat juta orang akan bersuka ria merayakan ketangguhan abadi Jepang di dekat Taman Higashi-Yuenchi dari tanggal 1-12 Desember.

8. Batu Night Spectacular (BNS), Malang, Indonesia.

8 Tempat bermandikan cahaya lampu ini cocok buat liburan akhir tahun

Batu Night Spectacular atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan BNS adalah salah satu tempat wisata yang dapat kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke Malang. Batu Night Spectacular merupakan wisata rekreasi yang menyuguhkan berbagai macam wahana spektakuler yang dibuka dari sore hingga malam hari.

Batu Night Spectacular terletak di daerah Oro-Oro Ombo dengan mengintegrasikan berbagai tempat hiburan malam yang ramah. Kamu dapat menikmati suasana dinginnya Kota Batu di malam hari bersama keluarga ataupun teman sebaya hanya dengan membayar harga tiket masukBNS yang terjangkau. Setelah masuk ke sini, kamu pasti akan terperangah dengan permainan cahaya yang ada di tempat ini.