×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Fenomena dan fakta unik Greenland, pulau terluas di dunia

0

Jalan-Jalan

8 Fenomena dan fakta unik Greenland, pulau terluas di dunia

Saat bulan tertentu matahari tenggelam sekitar jam 8 malam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

10 / 05 / 2019 11:56

Bagi yang ingin merasakan sensasi menakjubkan ketika mengunjungi suatu destinasi, maka Greenland adalah pilihan yang tepat. Greenland merupakan pulau terluas di dunia yang berada di Samudera Atlantik dan berdekatan dengan Kanada. Sebagian besar wilayahnya tertutup salju karena pulau ini juga berdekatan dengan Kutub Utara. Namun walaupun bersalju dan terkesan dingin, Greenland juga memiliki sejuta keindahan yang bisa ditawarkan kepada para pengunjungnya. Jadi tidak ada salahnya kalau menjadikan pulau ini sebagai tujuan wisata.

Disini kamu bisa mendapatkan banyak hal yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Tidak hanya keunikan budaya setempat, di sini juga terdapat fenomena-fenomena ajaib. Apa saja fenomena dan fakta unik tentang Greenland? Yuk kita simak daftarnya di bawah ini.

1. Kolam Air Panas Pulau Uunartoq.

Uunartoq Hot Spring

Pulau yang bernama Uunartoq ini memiliki fasilitas pemandian air panas alami tanpa embel-embel fasilitas mewah dan sarana melimpah. Berbagai sumber air panas tersebut banyak tersebar di pulau yang terletak di antara Pulau Qaqortok dan Pulau Nanortalik. Pulau Uunartoq dapat dijangkau dengan menempuh perjalanan laut menggunakan kapal dari kedua tersebut. Yang membedakan pemandian air panas ini dengan pemandian air panas lain yang ada di Greenland adalah sumber airnya yang secara alami berbentuk kolam lingkaran dan menampung air dengan suhu sekitar 34 sampai 38 derajat Celcius di setiap kolamnya.

Loading...

 

2. Pulau Uumannaq.

Pulau Uumannaq

Berkunjung ke Greenland tidak akan sempurna jika belum dating ke pulau yang satu ini. Uumannaq memang sudah sejak lama menjadi daya tarik bagi wisatawan dari seluruh dunia. Pulau Uumannaq adalah sebuah pulau indah yang terletak di barat laut Greenland. Pulau ini terletak di 590 km sebelah utara dari lingkaran Arktik dan memiliki pegunungan yang paling indah di pesisir Kutub Utara Greenland Barat. Seluruh pemandangan di pulau ini didominasi dua puncak kembar Gunung Granit setinggi 1170 meter. Kata “uumannaq” berarti merujuk pada kedua puncak gunung kembar yang berbentuk jantung. Gunung ini menjadi landmark dari Greenland dan magnet bagi para turis.

 

3. Hidangan Kiviaq Ala Suku Inuit.

Kiviaq

Kiviaq adalah nama makanan yang tentu terdengar eksotis, nyatanya mungkin tidak bagi perutmu. Kiviaq merupakan hidangan khusus saat musim dingin dan telah dikonsumsi oleh Suku Inuit di bagian utara Greenland selama berabad-abad. Mereka menggunakan burung laut berjenis Auks sebagai bahan makanan yang diawetkan di dalam kulit anjing laut.

Sekitar 500 burung Auks dimasukkin dalam kantong kulit dan kemudian dijahit. Mereka memasukkan semua bagian tubuh burung laut tersebut, termasuk paruh, kaki, dan bulunya. Kantong kulit itu dioleskan lemak di seluruh lapisan luarnya untuk menghindari lalat. Burung-burung ini kemudian difermentasi di bawah tumpukan batu selama kurang lebih 3 bulan atau bahkan 18 bulan.  Kiviq ini dimakan mentah alias tidak dimasak.

 

4. Lebih dekat dengan Suku Eskimo.

Suku Eskimo

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang Suku Eskimo, kamu bisa berkunjung ke Ilulissat, tempat peninggalan suku Eskimo terletak 2 km dari kota tersebut. Tempat itu disebut-sebut sebagai peninggalan terbaik dari suku Eskimo yang ada di Kutub Utara. Tempatnya sendiri memang sudah tidak ditinggali lagi oleh suku Eskimo, namun kamu bisa memenemukan artefak-artefak yang sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu.

Eskimo adalah istilah yang dipakai untuk menyebut orang-orang yang ada di daerah kutub. Keberadaan mereka tersebar di sebagian besar daerah Siberia, Alaska, Kanada, dan Greenland. Saat ini tercatat ada 2 suku bahasa Eskimo yang menghuni kawasan-kawasan tersebut.

 

5. Tempatnya paus-paus terbesar di dunia.

Greenland Whale Tour

Jika kamu sangat ingin melihat ikan paus, mulai dari paus biru, paus sperma, paus pilot, dan paus-paus raksasa lainnya maka Greenland merupakan tempat yang tepat untuk mengabulkan keinginan tersebut. Kamu akan dibawa melihat paus-paus itu dengan menyewa sebuah kapal. Biasanya hewan-hewan itu muncul pada periode Mei hingga Juni.

 

6. Aurora Borealis.

Aurora Borealis

Kalau di Indonesia, biasanya kita akan menikmati pemandangan gugusan bintang-bintang atau Milky Way di langit malam, namun berbeda jika di Greenland. Di Greenland kamu akan sering kali menemui pancaran dari cahaya kutub yang disebut dengan Aurora. Karena dekat Kutub Utara, maka auroranya adalah Aurora Borealis. Jika kamu ingin melihat aurora ini dengan pemandangan terindahnya, kamu harus mengunjungi Qaqortoq atau Ittoqqortoormit.

 

7. Surganya batu akik dan batu mulia.

Ruby Greenland

Hal yang unik lainnya tentang Greenland adalah banyak sekali terdapat batu mulia. Bukan seperti batu akik yang dijual di pinggiran di Indonesia, melainkan batuan-batuan dengan harga sangat mahal yang hanya terdapat di daerah ini saja, mulai dari ruby sampai sapphire. Penambangan batuan mulia di Greenland akhir-akhir ini ramai dikejakan karena potensinya yang sangat luar biasa. Bagi yang suka koleksi batu akik tidak ada salahnya kalau pergi ke tempat ini.

 

8. Matahari muncul di tengah malam.

Midnight Sun

Selama ini belum ada yang aneh dari terbit dan tenggelamnya matahari di Indonesia. Tapi bagaimana kalau ada matahari yang tenggelam jam 8 malam ke atas? Hal itu sepertinya mustahil terjadi di Indonesia, tapi di Greenland ternyata hal tersebut nyata adanya. Akan ada waktu di mana matahari tidak akan tenggelam di malam hari waktu Greenland, tepatnya pada bulan Mei sampai Juli. Malam hari yang seharusnya gelap, tapi di sana malah jadi terang. Alhasil mungkin kalau di sana kita bisa bermain sampai lupa waktu dan tidak dimarahi emak karena matahari tidak kunjung meredup.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red