Produk originaladalah jenis produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni diproduksi, diseleksi, dan distandarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya. Membeli produk original juga merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi jika merek produk tersebut cukup terkenal di dunia.

Produk premiumatau OEM adalah produk yangseringkali disamakan dengan KW, padahal ini jelas berbeda. OEM sendiri singkatan dariOriginal Equipment Manufacturer.

OEM merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan original. Perbedaannya adalah jika produk original diproduksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk original pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar.

Sedangkan produk replika atau KW adalahsepatu yang memiliki kualitas yang baik, tapi soal bahan tak sama dengan yang asli. Sebutan KW sangat familiar di Indonesia, dan malah lebih laris daripada sepatu original dan premium.

Mungkin dikarenakan dari segi harga produk KW yang sangat terjangkau kebanyakan masyarakat Indonesia.KW juga mempunyai beragam tingkatannya, lho. Tapi dengan banyaknya istilah dan tingkatan KW yang ada, setidaknya kamu harus paham bahwa produk KW adalah bukan produk asli.

Nah, berikut ini tips agar kamu bisa membedakan antara sepatu original, premium atau replika.

1.Negeri asal sepatu diproduksi.

8 Cara mudah membedakan sepatu original, premium dan replika

Di Indonesia sebagian penjual biasa memberikan keterangan originalmade inapa dan dari negara mana. Pada dasarnya patokan sebuah sepatu itu original atau bukan, tidak bisa kita lihat dari asal negeri pembuatanya.

Bahkan pembuatan sepatu yang original dan replika bisa berasal dari negeri yang sama, tapi pasti beda bahan, pabrik, danquality control-nya.Contohnya untuk sepatu Nike dan Adidas yang diproduksi di berbagai negeri di seluruh dunia, seperti Indonesia, China, Vietnam, Kambodja, dll. Tetapi beda produksi negara juga beda kualitas.

2. Kode produk pada box sama seperti kode pada tag sepatu.

8 Cara mudah membedakan sepatu original, premium dan replika

Pertama cari tahu dulu apakah kotak sepatu sneaker itu original atau tidak. Perhatikan box jika nomor produk salah, salah mengeja kata, mewarnai tidak aktif atau bahkan label salah ditempatkan, seperti terpusat atau bengkok yang merupakan kecendrungan sepatu bukan Original.

Sedangkan sepatu original pasti memiliki tag (biasanya berada di lidah sepatu bagian dalam, atau di dalam sepatu bagian samping) yang memberikan informasi kode sepatu dan ukuran sepatu tersebut. Untuk kode dan ukuran tersebut harus sesuai dengan informasi pada box sepatu. Apabila ditemukan perbedaan, hati-hati ya, itu barang bukan original lho. Jadi pastikan lagi ketika membeli secara detail.

3. Aroma sepatu.

8 Cara mudah membedakan sepatu original, premium dan replika

Cukup menggunakan indra penciuman, sepatu original akan berbau seperti karet, namun sepatu replika akan memiliki bau menyengat seperti lem dan keras seperti plastik.

4. Kualitas jahitan sepatu.

8 Cara mudah membedakan sepatu original, premium dan replika

Perhatikan jahitan secara detail. Jika jahitan sepatu Replika biasa ditemukan cacat dan bahkan keluar. Sedangkan untuk kualitas pembuatan sepatu original sudah pasti berbeda dengan yang replika. Salah satu kualitas pembuatan yang dapat kita lihat pada bagian jahitan. Jahitan pada sepatu original lebih rapi dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu replika.

5.Perhatikan sol sepatu.

8 Cara mudah membedakan sepatu original, premium dan replika

Satu-satunya sol berwarna bersih bisa menjadi pertanda baik (jangan salah mengira ini).Jika sepatu itu datang dengan serat karbon, pastikan itu adalah desain dan tekstur yang tepat.Biasanya sol sepatu originalterbuat dari busa yang bagus dan di bagian tempat kaki kita berpijak akan terbuat dari kain yang bahanya sangat halus.Insolepada sepatu original akan dibuat dengan sangat mendetail.

6. Perhatikan logo sepatu.

8 Cara mudah membedakan sepatu original, premium dan replika

Harus sedikit lebih detail, ya! Periksa penempatan logo, apakah mereka bengkok? Karena untuk sepatu Original, logo dipastikan sangat rapi.

7. Harga sepatu.

Sepatu original memiliki harga yang relatif lebih mahal dan setiap model memiliki harga yang bervariasi. Berbeda dengan sepatu replika yang biasanya penjual sepatu Replika memukul rata harga setiap model sepatu. Tergantung tingkat kualitasnya.

8. Reputasi penjual.

8 Cara mudah membedakan sepatu original, premium dan replika

Satu cara pasti untuk menghindari barang palsu adalah membeli dari dealer resmi.Dengan itu dikatakan jika ingin membeli sepatu yang telah habis terjual selama bertahun-tahun, pastikan tokoonlinediverifikasi dengan rekam jejak yang baik. Carilah toko atau penjual sepatu yang memiliki reputasi baik dan berani menjamin sepatu yang kalian beli original.