×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Bahan alami ini dapat digunakan sebagai alternatif sampo

0

Kesehatan

8 Bahan alami ini dapat digunakan sebagai alternatif sampo

Foto: Franziska Ingold dari Pixabay

Beralih ke sampo alternatif dengan bahan alami dapat meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Febby Kurniawan

15 / 09 / 2020 14:35

Sebelum abad ke-20, sampo bukan merupakan barang yang wajib ada di kamar mandi. Sebelumnya, masyarakat mengandalkan sabun bekas pakai yang terbuat dari bahan pembersih alami yang berbeda. Sayangnya, sabun tidak bekerja dengan baik pada air dengan kandungan mineral berat yang digunakan. Namun, sampo memiliki banyak kekurangan yang sering kali membuatmu mencari pilihan yang lebih baik.

Dilansir dari Brightside.me (12/9/20), beralih ke sampo alternatif dengan bahan alami dapat meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat. Berikut adalah delapan bahan alami yang dapat digunakan sebagai alternatif sampo.

1. Soda kue.

Pada awalnya, kamu mungkin menganggap tips ini sedikit aneh. Namun jangan khawatir, soda kue atau yang dikenal dengan baking soda sebenarnya adalah exfoliant alami. Artinya dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran, mengurangi minyak berlebih, dan membantu menghilangkan kulit kepala dari kulit kepala yang bersisik dan gatal. Secara keseluruhan dapat dengan lembut mendetoksifikasi rambutmu.

Cara pakai:

Loading...

- Gunakan 1 sendok makan soda kue untuk 1 gelas air. Rambut tebal dan keriting membutuhkan lebih banyak soda kue, sedangkan rambut tipis dan kering membutuhkan lebih sedikit.

- Tuangkan ke dalam botol dan kocok hingga soda larut.

- Peras campuran soda kue dan air tersebut ke rambut basah dan gosokkan, mulai dari akarnya.

2. Cuka sari apel.

Keasaman yang terkandung pada cuka sari apel dapat memperlambat pertumbuhan jamur yang sering menyebabkan rambut rontok. Cuka sari apel juga menyediakan mineral dan vitamin penting untuk mendukung kilau, kekuatan, dan kehalusan, membantu menjaga warna rambut, dan menyesuaikan keseimbangan pH rambut.

Cara pakai:

- Campur satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air dalam botol dan kocok.

- Tuangkan ke rambut kamu setelah keramas, lalu bilas hingga bersih.

3. Kuning telur.

Kuning telur penuh dengan protein dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Telur bertindak sebagai surfaktan, mengeluarkan kotoran di sepanjang rambut kamu. Ini juga berfungsi sebagai kondisioner untuk rambut kering. Secara keseluruhan, ini akan membuat rambut kamu lembut, bersih, dan berkilau.

Cara pakai:

- Masukkan telur dalam botol kemudian kocok.

- Mandi dan tuangkan seluruh telur ke rambut basah kamu. Biarkan selama 1-3 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

4. Lidah buaya.

Lidah buaya memiliki banyak khasiat anti bakteri. Lidah buaya dapat memecah sel kulit mati dan efek antiinflamasinya membuat lidah buaya menjadi obat yang sangat baik untuk ketombe. Ini juga menghilangkan minyak ekstra dari rambut, melembapkan kulit kepala, memperkuat dan menyembuhkan helai rambut, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara pakai:

- Kamu dapat menggunakan gel biasa atau menambahkan beberapa bahan tambahan agar terasa lebih mewah.

- Pijat gel lidah buaya ke rambut, dari kulit kepala hingga ujung.

- Sikat rambut dengan sisir bergigi jarang.

- Biarkan masker ini selama 30 menit, lalu bilas.

5. Lemon.

Lemon adalah pembangkit tenaga nutrisi dan salah satu alternatif termurah dan termudah untuk sampo. Asam sitrat dalam lemon memiliki sifat antimikroba, dan karena pengatur pH-nya, lemon menjadi pembersih yang bagus, terutama untuk rambut yang berketombe. Lemon juga bisa bekerja sebagai pencerah alami.

Cara pakai:

- Peras 1 sendok makan lemon ke dalam 2 gelas air dan kocok.

- Tuangkan campuran ke rambut, pijat selama 2-3 menit, lalu bersihkan.

6. Minyak kelapa.

Minyak kelapa adalah multitasker sejati di antara produk kecantikan alami dan digunakan untuk segala hal, mulai dari menghapus riasan hingga berfungsi sebagai pelindung matahari. Dikemas dengan vitamin, minyak kelapa dapat merangsang pertumbuhan rambut, menyelamatkannya dari kekeringan, dan melindungi rambut dari pengaruh lingkungan yang negatif. Ini juga mencegah rambut rontok dan berguna saat merawat ketombe.

Cara pakai:

- Oleskan minyak kelapa pada malam hari pada rambut yang kering, pastikan setiap helai rambut tertutup.

- Kemudian bungkus dengan handuk dan biarkan selama 20-30 menit.

7. Teh.

Berkat kafeinnya, teh mendorong aliran darah, hidrasi kulit, dan pengiriman oksigen ke dalam tubuhmu dan semua hal ini secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut.

Cara pakai:

Seduh sepoci teh, biarkan dingin, dan tuangkan ke kepala, usapkan ke seluruh bagian rambut (pastikan sudah tidak panas lagi).

8. Minyak zaitun.

Kaya nutrisi, minyak zaitun memiliki banyak kualitas pelembut dan berfungsi sebagai pelembap alami yang hebat, membuat rambut lembut, kenyal, dan sehat. Minyak zaitun menenangkan lapisan rambut luar, memberikan kilau khasnya. Ini paling bermanfaat untuk rambut yang tebal, kering, dan ujung bercabang.

Cara pakai:

- Jumlah yang kamu butuhkan tergantung pada panjang rambut yang kamu miliki. Untuk rambut pendek membutuhkan tidak lebih dari satu sendok makan minyak zaitun hangat, sementara rambut panjang membutuhkan 1/4 cangkir.

- Gosokkan ke kulit kepala selama 15 menit, lalu bilas.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red