×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Wujud berbakti kepada orang tua ini bisa coba kamu lakukan

0

Life

7 Wujud berbakti kepada orang tua ini bisa coba kamu lakukan

Orang tua nggak berharap banyak kok dari kamu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rizka Nurul Wahidah

22 / 04 / 2019 12:45

Sudahkah kamu berbakti kepada kedua orang tua? Apa saja bentuk konkret kalau seseorang berbakti kepada orang tua? Yuk, simak beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.

ilustrasi siluet keluarga

1. Menjalankan perintah.

Ketika orang tua kamu memberikan perintah, maka segera kerjakan. Jangan menunda apalagi menolaknya. Sebagai anak yang berbakti tentu senang jika melihat orang tua juga senang, bukan sebaliknya. Dengan menjalankan perintahnya, setidaknya kamu telah menyenangkan hati orang tua. Akan tetapi perlu dicatat bahwa perintah di sini mengacu pada kegiatan yang positif ya. Bukan berarti kalau orang tua menyuruh kamu melakukan perbuatan tidak baik tetap dikerjakan. Kerjakanlah perintah dalam kebaikan, kalau buruk jangan lakukan.

 

Loading...

2. Tidak melawan saat diberi nasihat.

Ini hal yang sering dilakukan anak muda zaman sekarang, melawan orang tua. Biasanya orang tua memberi nasihat demi kebaikan anaknya. Jika anaknya melakukan kesalahan tentu orang tua akan menasihatinya agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Namun, justru banyak yang melawan dan tidak mau tau apa kata orang tua. Semoga teman-teman tidak seperti itu ya.

 

3. Membantu pekerjaan rumah.

Sebagai anak sangat disarankan untuk membantu pekerjaan rumah. Selain meringankan beban orang tua, kamu juga bisa belajar menghargai jerih payah mereka. Minimal menyapu lantai, mengepel, cuci piring atau cuci baju sendiri. Meskipun di rumah sudah ada orang yang melakukan pekerjaan tersebut, cobalah melakukannya sendiri. Ambil inisiatif untuk belajar mandiri.

 

4. Bersikap sopan dan santun.

Jangan sampai kamu jadi anak yang seenaknya sendiri dan tidak perduli dengan orang tua. Semua hal perlu diiringi dengan sopan santun, terutama kepada orang tua. Berbicaralah dengan mereka menggunakan bahasa yang sopan dan halus. Ketika keluar rumah ucapkan salam, cium tangan dengan lembut. Kamu bisa berkelakuan baik, tidak melanggar aturan, dan tidak berbuat hal negatif.

 

5. Tidak membentak.

Semarah-marahnya kamu kepada orang tua, jangan pernah membentak mereka. Kalau kamu salah dan diberi nasihat cukup dengarkan dan patuhi perintahnya. Tidak perlu membentak, bahkan mengeluarkan kata-kata kasar. Karena yang demikian bisa melukai hati dan membuat mereka sedih.

 

6. Selalu mendoakan.

Kapan pun dan di mana pun kamu berada, doakanlah orang tua. Mohon kesehatan dan keselamatan untuk mereka. Doakan orang tua dengan hal-hal yang baik. Dengan begitu kamu belajar menjadi anak yang baik.

 

7. Menjadi kebanggaan.

Kebangaan di sini yaitu bisa dijadikan contoh yang baik karena mempunyai prestasi. Cobalah berbagai kegiatan yang mampu membawamu pada sebuah prestasi.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

#life
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red