×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Trik jitu supaya cepat dapat kerja, fresh graduate perlu tahu nih

0

Life

7 Trik jitu supaya cepat dapat kerja, fresh graduate perlu tahu nih

Setelah lulus kuliah, masih banyak hal lain yang perlu kamu persiapkan untuk mendapat pekerjaan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Syifa Zaidatun Ni'mah

27 / 03 / 2019 12:15

Bagi kamu yang baru saja lulus dan mendapat gelar baru mungkin akan merasa bingung. Sudah lulus, terus ngapain ya? Apa mungkin bisa cepet dapet kerja? Jawabannya mungkin banget!

Nah, berikut ini ada trik jitu bagi fresh graduate agar tak terlalu lama menganggur. Simak yuk!

1. Jangan abaikan kualifikasi.

Kalau sudah melihat lowongan pekerjaan, pastikan itu sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki ya. Perhatikan apakah perusahaan menginginkan kualifikasi khusus atau tidak, misal 3 tahun pengalaman kerja. Jika sudah begini, lulusan baru tak akan bisa lolos, bahkan untuk tahap awal. Jadi pastikan kamu melamar sesuai dengan kualifikasi kamu.

 

Loading...

2. Perbanyak pengalaman.

"Loh, saya sudah lulus dan terlanjur tak punya pengalaman." Jangan panik, kamu masih bisa kok memperbanyak pengalaman bahkan setelah lulus sekalipun. Kamu masih bisa lho ikut program magang berbayar. Pengalaman nambah, duit pun ikutan nambah.

 

3. Perbanyak nilai tambah.

"Waduh, saya gak punya nilai tambah, gak pernah juara pula, gimana dong?" Sepertinya tak cuma satu atau dua orang yang berpikir demikian. Tapi tidak masalah kok, tak ada kata terlambat untuk belajar. Kamu masih bisa menambah nilai tambah dengan mengikuti berbagai kursus. Sesuaikan juga kursus yang kamu ambil dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

 

4. Jangan Picky!

Satu catatan penting untuk fresh graduate adalah jangan terlalu pemilih. Kamu bisa saja idealis ingin bekerja di bank yang statusnya BUMN. Tapi tak ada salahnya kok jika kamu mencoba perusahaan lainnya yang masih satu bidang dengan target kamu.

 

5. Perbanyak jaringan.

Di zaman yang sudah modern ini kamu dapat dengan mudah memperluas jaringan melalui berbagai cara. Adapun yang sering dilakukan adalah dengan membuat profil LinkedIn yang menarik serta menambahkan teman-teman kamu dalam koneksi.

 

6. Percaya diri.

Percaya diri menjadi hal yang cukup penting bagi kamu yang akan melamar pekerjaan. Kalau kamu sudah sampai tahap interview terus tiba-tiba gagap kan repot juga. Atau kamu malah mengatakan bahwa kamu tak bisa melakukan hal apapun, ini lebih repot lagi. Maka dari itu mulai sekarang, yuk lebih percaya diri lagi dan kenali diri kamu.

 

7. IPK imut? Tak masalah.

Kamu mempunyai IPK yang 'imut'? Tak usah khawatir karena sebenarnya IPK kecil bukanlah akhir dari segalanya. IPK hanyalah 'harga tiket' yang harus kamu bayar untuk dapat melamar pekerjaan dan bukan penentu diterima atau tidaknya kamu dalam sebuah pekerjaan. Kamu juga masih bisa menjelaskan kenapa IPK kamu rendah, misal kamu memang terlalu banyak kegiatan di luar kampus atau banyak mengikuti organisasi.

Sekian informasi mengenai trik mendapatkan pekerjaan dengan cepat untuk fresh graduate. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjuang. Tetap semangat ya!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red