×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Perbandingan antara Black Desert Online mobile vs PC

0

N/A

7 Perbandingan antara Black Desert Online mobile vs PC

Kamu lebih suka yang mana?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuralfian Daneswara

28 / 01 / 2020 10:20

Pengembang MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) Black Desert Online (BDO) yaitu Pearl Abyss, pada tanggal 12 Desember 2019 resmi meluncurkan Black Desert versi Mobile. Dari sekitar 3 ribu review di App Store BDM (Black Desert Mobile) tidak hanya mendapatkan penilaian yang  memuaskan, banyak juga tanggapan dari penikmat game ini yang mempertimbangkan versi originalnya, yakni Black Desert Online tersedia dalam platform PC.

7 Perbandingan antara Black Desert Online mobile vs PC

Meski game ini tetap digemari, mengapa banyak peminat yang berkeluh kesah? Berikut adalah perbandingan seputar Black Desert Online mobile versus PC.

1. Shared server.

Shared server atau juga menggunakan karaktermu di server yang berbeda-beda adalah hal yang wajib untuk game MMORPG. Black Desert Online menyediakannya dalam platform PC. Sayangnya, tidak ada shared server dalam BDO mobile. Artinya, kamu hanya bisa mengakses karaktermu  dengan server yang telah kamu pilih sebelumnya.

Loading...

2. Gameplay.

7 Perbandingan antara Black Desert Online mobile vs PC

Untuk kamu yang suka grind dan sibuk dalam pekerjaan, BDO mobile menyediakan fitur auto. Tetapi beberapa pemain tidak setuju dengan adanya fitur ini karena akan menghilangkan esensi dalam bermain MMORPG. Dari segi action, combo menjadi salah satu andalan player di PC, namun dalam versi mobile PA (Pearl Abyss) membatasi skill cast seperti game MOBA atau RPG pada umumnya. Jadi, menurut pribadi saya ini akan mempersulit dalam mengasah combomu.

3. Enhancement.

7 Perbandingan antara Black Desert Online mobile vs PC

Sistem enhancement/penempaan di BDO PC adalah salah satu alasan pemain menjadi frustasi. Item akan kehilangan durability (daya tahan) jika enhancement kamu gagal. Aksesori pun akan hancur jika gagal dan membutuhkan “failstack” untuk menambahkan potensi kesuksesan dalam enhance selanjutnya.

Namun dalam BDO mobile, sistem enhancement sangat berbeda. Pertama, item tidak mempunyai durability, jadi tidak perlu memulihkannya. Tidak adanya failstacks, dan jika kamu ingin menambah potensi kesuksesannya, kamu dapat menambahkan beberapa Black Stones dalam sekali enhancement.

4. Transaksi mikro.

7 Perbandingan antara Black Desert Online mobile vs PC

Black Desert Online sering mendapati julukan P2W (Pay to Win) . Dalam platform PC, buffs dan efek dari kostum sangat signifikan. Contohnya jika ingin menyelam ke laut dan tidak memakai kostum kamu akan cepat kehabisan napas. Dan banyak lagi cara agar kamu menghabiskan uangmu untuk instan OP (Over Power). Cash items dalam BDO mobile mirip dengan PC, di mana kamu dapat membeli seperti Weight Limit (Limitasi Berat Inventory).

Namun PA menjamin bahwa tidak akan adanya loot box di mana kamu akan mendapatkan senjata secara acak. Buffs dari kostum akan diperkecil sekecil mungkin, dan BDO mobile akan berbeda dari game lainnya.

5. Teleport.

BDO mempunyai map yang sangat luas, kamu bisa berlabuh ke pulau-pulau, ke gurun dsb. Dalam versi PC kamu tidak bisa teleport atau instan pindah tempat untuk sampai tujuan. Jadi, gunakanlah kuda untuk menemanimu pergi berpetualang dan menghemat waktu.

Dalam versi mobile, kamu tidak perlu repot-repot untuk lari bermenit-menit ke wilayah yang lain. Kamu dapat teleport ke area lain, dan kudamu juga akan selalu bersamamu di mana pun kamu berada! Tentu saja teleport sangat diandalkan dalam versi mobile dilihat dari map yang sangat luas.

6. Knowledge dan energy.

Dalam veri PC, kamu harus mengumpulkan knowledge untuk menambahkan max energy-mu untuk digunakan dalam sewa rumah, items, dan Life Skill. Namun energy tidak berlaku dalam versi mobile, dan knowledge akan menambahkan statusmu secara instan. Sayangnya, sistem Life Skill dan trade tidak tersedia dalam versi mobile untuk saat ini.

7. Keseluruhan.

7 Perbandingan antara Black Desert Online mobile vs PC

BDO mobile secara umum sangat menakjubkan, tapi masih ada ruang untuk memperbaiki fitur saat ini. Dari segi mikro transaksi bisa diterima, sementara dari grafik dan action pun juga bisa dibilang game yang sangat menarik pada saat ini.

Tentu saja versi mobile tidak mungkin mendapat fitur yang sama seperti di PC, di mana kamu tidak bisa teleport, keunikan dari Life Skill, dan sistem trade yang sulit. BDO mobile juga mempunyai sistem MarketPlace  yang sama dari versi PC, tentunya membuat game ini lebih menarik.

Untuk sampai saat ini BDO mobile masih tetap mengembangkan fitur yang akan tersedia. Meskipun terdapat banyak keluhan dari berbagai player, tapi mereka tetap menunggu untuk improvement ke depannya sehingga game ini mendapatkan gelar “the most anticipated mobile game of the year.”





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red