×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Negara ini punya durasi waktu puasa tercepat, ada yang cuma 9 jam

0

Global

7 Negara ini punya durasi waktu puasa tercepat, ada yang cuma 9 jam

Negara kita tercinta juga masuk di dalamnya, lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

06 / 05 / 2019 13:05

Bagi umat Islam, kedatangan bulan Ramadhan atau bulan puasa merupakan suatu waktu yang sangat dirindukan. Selama sebulan penuh, kita dituntut untuk menahan hawa nafsu, termasuk lapar dan haus.

Seperti diketahui, poros perputaran Bumi pada orbitnya mengelilingi matahari tidaklah lurus, melainkan miring. Hal ini menyebabkan pada periode waktu tertentu negara-negara pada belahan Bumi bagian utara menerima cahaya matahari lebih lama daripada yang selatan, begitu pula sebaliknya. Hal inilah yang mengakibatkan perbedaan durasi waktu berpuasa di setiap negara di dunia.

Berikut ini merupakan negara-negara yang mempunyai durasi waktu puasa tercepat di dunia.

1. Chile.

Chile

Loading...

Negara dengan durasi waktu puasa tercepat jatuh pada Chile. Negara yang terletak di Amerika Selatan ini punya waktu total berpuasa selama 9 jam 12 menit. Imsak di Chile jatuh pada pukul 05.31 pagi dan mereka berbuka puasa pada pukul 15.00 waktu setempat.

 

2. Casey Station, Antartika.

Casey Station

Mendengar nama Antartika pasti membuat kalian bertanya-tanya, apa sudah ada orang Islam di tempat ini? Jangan salah, di daerah ini beberapa penduduknya Muslim. Jadwal imsaknya sendiri yaitu pukul 06.30 pagi dan berbuka puasa pada puasa pada pukul 15.48 sore hari. Total durasi waktu puasa mereka adalah 9 jam 18 menit. Walaupun tergolong pendek, tetapi suhu dingin biasanya akan membuat bibir cepat kering. Kalian yang pernah mendaki gunung pasti pernah mengalami hal ini.

 

3. Argentina.

Argentina

Argentina merupakan satu negara Amerika Latin dengan Ibu kota Buenos Aires. Masyarakat Muslim di kota ini akan menjalankan puasa dengan durasi sekitar 9 jam 37 menit atau sepertiga hari. Walaupun jumlah masyarakat Muslim di sini tergolong minoritas, namun warga non-Muslim di sana sangat menghormati umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

 

4. Australia Barat.

Seminar Puasa Australia Barat

Negara tetangga kita ini bisa dibilang puasanya “hanya” setengah hari kurang satu menit, yakni 11 jam 59 menit. Restoran-restoran halal banyak ditemukan di kawasan Sydney Walk yang menjadi kawasan hunian para imigran dari Timur Tengah yang mayoritas beragama Islam. Beberapa Muslim di Australia mengaku tidak terlalu banyak tantangan karena waktu berpuasa mereka sangat pendek, ditambah lagi jika waktu puasa jatuh pada musim dingin.

 

5. Kepulauan Komoro.

Masyarakat Muslim Komoro

Pasti banyak dari kalian baru tahu kalau di dunia ini ada daerah dengan nama ini. Terdengar asing di telinga, namun ternyata kebudayaan Islam sangat melekat di Komoro. Bahasa Arab sendiri menjadi salah satu dari tiga bahasa resmi (Bahasa Komoro, Arab, dan Prancis) yang digunakan di sini. Kepulauan Komoro sendiri terletak di Selat Mozambik, sebelah barat Laut Madagaskar dan sebelah timur Benua Afrika. Kepulauan ini masih merupakan wilayah dari negara Jazirah Arab. Waktu puasa di Kepulauan Komoro hanya setengah hari saja, yakni sekitar 12 jam 31 menit.

 

6. Indonesia.

Buka Puasa Indonesia

Rata-rata daerah di negara kita ini memiliki durasi waktu puasa yang hampir sama di setiap tempat, yakni 13 jam 3 menit. Yang membedakan hanya jam Imsak dan buka puasa karena terbitnya matahari berbeda di setiap tempat disebabkan oleh kita yang mempunyai 3 zona waktu yang berbeda, yaitu WIB, WITA, dan WIT. 

 

7. Arab Saudi.

Buka Puasa Arab Saudi

14 jam 30 menit adalah durasi waktu puasa untuk negara ini. Mungkin sebagian dari kamu semua yang tinggal di Indonesia akan berpikir jika waktu tersebut masih tergolong lama. Tetapi jika dibandingkan dengan negara lain, waktu tersebut tergolong pendek. Terlebih lagi Arab Saudi adalah tanah tempat tumbuh berkembangnya generasi Islam pertama melalui Rasulullah SAW dan para sahabat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red