×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave

0

Duh

7 Makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave

Sebaiknya jangan masukkan deretan makanan ini ke dalam microwave, ini alasannya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Peter Asher

19 / 10 / 2020 12:25

Pertama kali ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1940-an, microwave sekarang menjadi salah satu peralatan dapur utama di setiap rumah tangga. Meskipun alat ini berarti kenyamanan untuk memasak dan memanaskan kembali, ada jenis makanan tertentu yang harus kamu hindari untuk dimasukkan ke dalam microwave. Hal tersebut mungkin menyebabkan kekacauan yang potensial.

Nah, berikut ini adalah tujuh makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave.

1. Telur rebus.

7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Foto: Imgur

Loading...

Saat memanaskan telur rebus di microwave, uap akan menumpuk dari molekul air yang menyebabkan peningkatan tekanan. Karena telur memiliki selaput tipis dan cangkang, telur tidak dapat menahan semua tekanan yang dapat menyebabkan ledakan sangat panas dalam microwave, piring, atau bahkan saat kamu menggigitnya.

2. Wortel.

7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Foto: Youtube

Meskipun wortel dapat dimasak dan dipanaskan dalam microwave, wortel mentah, terutama yang masih ada kulitnya dapat berpotensi berbahaya. Jika wortel tidak dicuci dengan benar dan memiliki sisa kotoran, mineral di dalam tanah dapat menyebabkan percikan api di microwave yang disebut juga dengan busur api. Pembusukan dapat menyebabkan kerusakan serius pada microwave kamu jika terus menerus terjadi.
 
3. Daging olahan.

7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Foto: Twitter / Pexels

Pertama-tama, daging olahan bukanlah makanan yang paling bergizi karena mengandung banyak garam, zat aditif, bahan kimia, dan pengawet. Tetapi ketika kamu menambahkan radiasi gelombang mikro ke daging favorit kamu dan makanan kaleng, kadar kolesterolmu dapat meningkat yang dapat menyebabkan masalah jantung. Cara paling aman untuk memanaskan ham dan sosis adalah di atas panggangan atau di atas kompor.

4. Air.

air omchai Chitprathak from Pixabay

Foto: omchai Chitprathak from Pixabay

Memanaskan air dalam microwave mungkin tampak seperti pilihan yang paling sederhana dan tidak merepotkan. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa banyak kasus luka bakar berasal dari air mendidih yang dipanaskan dalam microwave, terutama jika ditangani oleh anak-anak.

Gelombang elektromagnetik dalam oven microwave dapat menyebabkan air menjadi sangat  panas, yang membuat molekul air menjadi tidak stabil dan dapat menyebabkan pendidihan hebat dan bahkan ledakan.

5. Cabai rawit.

7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Foto: Imgur

Cabai rawit, terutama yang sangat pedas, mengandung capsaicin tingkat tinggi yang bisa sangat mudah terbakar. Ketika capsaicin terkena gelombang elektromagnetik dalam microwave, ia mulai berasap dan mudah terbakar. Api dan asap yang akan dikeluarkan dari microwave dapat menyebabkan iritasi kulit dan sensasi terbakar.
 
6. Ayam.

7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Foto: Pexels

Ayam adalah penyebab populer penyebaran salmonella, terutama jika tidak dimasak dengan benar. Saat kamu memasak sepotong ayam mentah di dalam microwave, kemungkinan pemasakan yang merata dan menyeluruh sangat kecil, sehingga berpotensi bahaya kontaminasi bakteri.

Hal yang sama juga berlaku untuk potongan daging mentah lainnya. Yang terbaik adalah memasak daging secara menyeluruh, dengan api langsung, seperti di wajan, di atas panggangan, atau di dalam oven.

7. Tomat dan saus tomat.

7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Foto: Youtube

Seperti telur rebus, tomat dapat menyebabkan kekacauan, bisa meledak jika menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam microwave. Karena kandungan cairan dalam tomat segar dan saus pasta, penumpukan tekanan menyebabkannya menggelembung dan menyemburkan cairan, membuat microwave kamu tertutup percikan merah.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red