Banyak dari kalian pasti tahu apa itu keajaiban dunia bukan? Ya, keajaiban dunia merupakan bangunan atau tempat yang ditetapkan oleh badan PBB UNESCO sebagai situs warisan dunia karena keindahannya maupun nilai historisnya. Kalian pasti tahu bangunan semacam Colosseum di Roma, Tembok Besar di China, Taj Mahal di India, yang merupakan keajaiban dunia baru. Namun, tahukah kalian bahwa di dunia ini juga ada keajaiban dunia kuno? Keajaiban dunia kuno merujuk pada bangunan megah nan indah yang diciptakan pada zaman kuno. Meski begitu, beberapa keajaiban dunia tersebut kini sudah tidak ditemukan lagi keberadaannya. Saat ini, kita hanya bisa menduga-duga bagaimana masyarakat pada masa itu bisa menciptakan bangunan yang luar biasa seperti itu. Berikut merupakan 7 Keajaiban Dunia Kuno yang jarang diketahui orang.

1. Piramida Besar Giza, Mesir

7 Keajaiban dunia kuno yang jarang diketahui orang, bikin takjub

Piramida besar di Giza dibangun antara tahun 2584 dan 2561 SM oleh Firaun Mesir Khufu (dikenal dalam bahasa Yunani sebagai 'Cheops') dan menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia selama hampir 4.000 tahun. Penggalian interior piramida ini dimulai dengan sungguh-sungguh di akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 sehingga seluk-beluk interior yang jadi intrik orang modern tidak diketahui penulis kuno. Piramida ini merupakan struktur dengan simetri yang sempurna dan mengesankan yang membuat para pengunjung dari zaman lampau sampai sekarang pun ikut terpukau melihatnya.

2. Mausoleum of Halicarnassus, Turki

7 Keajaiban dunia kuno yang jarang diketahui orang, bikin takjub

Mausoleum Halicarnassus dibangun antara tahun 353 SM dan 350 SM sebagai makam dari Mausoleus, seorang gubernur Kerajaan Persia dan juga saudari sekaligus istrinya Artemisia II. Bangunan ini didesain oleh arsitek Yunani, Satyros dan Pythius. Makam yang megah ini berdiri dengan ketinggian 45 meter dan keempat sisinya dihiasi dengan relief yang menggambarkan 4 dewa pemahat Yunani, Leochares, Bryaxis, Scopas, dan Temotheus. Makam ini akhirnya hancur akibat gempa bumi yang terjadi pada abad ke-12 dan 15.

3. Mercusuar Alexandria, Mesir

7 Keajaiban dunia kuno yang jarang diketahui orang, bikin takjub

Mercusuar Alexandria, dibangun di Pulau Pharos, berdiri dengan tinggi 440 kaki (134 m) tinggi dan dibangun di zaman Ptolemy I Soter. Pembangunan selesai sekitar tahun 280 SM. Mercusuar ini adalah struktur buatan manusia tertinggi ketiga di dunia (setelah piramida) dan cahaya penerangannya (cermin yang memantulkan sinar matahari pada siang hari dan api pada malam hari) dapat dilihat sejauh 35 mil ke laut. Struktur ini terbentuk dengan dasar persegi lalu bagian tengahnya berbentuk octagonal serta bagian atas melingkar. Orang-orang yang melihatnya bilang bahwa kata-kata tidak cukup untuk menggambarkan keindahannya. Mercusuar ini rusak parah akibat gempa bumi pada tahun 956 SM, lagi di tahun 1303 M dan 1323 M, lalu pada tahun 1480 CE, mercusuar itu hilang. Pada masa sekarang, di tempat mercusuar tersebut berdiri sebuah benteng bernama Quaitbey yang dibangun dengan beberapa batu-batu dari reruntuhan mercusuar.

4. Taman Gantung Babylonia, Turki

7 Keajaiban dunia kuno yang jarang diketahui orang, bikin takjub

Di zaman dahulu, konon terdapat sebuah taman tergantung di Babylonia, Turki. Taman ini menjadi salah satu keajaiban dunia kuno yang pernah ada. Meski begitu, lokasi tempat keberadaan taman ini masih belum diketahui hingga saat ini. Konon, taman ini dibuat atas perintah Raja Nebukadnezar II pada tahun 600 SM untuk salah satu selirnya yang merindukan bukit hijau dan lembah yang indah di kampong halamannya. Taman ini kabarnya terlihat seperti bukit hijau besar yang dibangun dari bebatuan tanah liat dan ditanami pohon, semak-semak, tanaman merambat, serta dialiri oleh air

5. Patung Zeus, Olympia

7 Keajaiban dunia kuno yang jarang diketahui orang, bikin takjub

Patung Zeus di Olympia, Yunani ini menjulang dengan ketinggian mencapai 13 meter. Patung raksasa ini dibuat oleh pemahat Yunani pada tahun 435 SM di Kuil Zeus, Olympia. Patung ini terbuat dari bahan-bahan seperti gading, emas, dan kayu serta sang Zeus digambarkan sedang duduk di tahta yang terbuat dari kayu cheddar dengan hiasan kayu ebony, gading, emas, dan batu-batu permata. Salah satu dari keajaiban dunia kuno ini hilang dan hancur pada abad ke-5. Sejak saat itu, jejak keberadaannya tidak pernah ditemukan kembali. Catatan-catatan tentang batu tersebut hanya ditemukan dari penjelasan-penjelasan buku kuno Yunani dan koin-koin kuno yang ditemukan.

6. Kuil Artemis, Ephesus

7 Keajaiban dunia kuno yang jarang diketahui orang, bikin takjub

Kuil Artemis merupakan kuil Yunani yang didedikasikan untuk dewi Artemis. Kuil ini terletak di Ephesus yang dekat dengan kota modern Selcuk. Kuil ini dibangun sekitar tahun 550 SM dan sempat beberapa kali mengalami pembangunan ulang sebelum akhirnya benar-benar runtuh. Kerusakan pertama terjadi pada abad ke-7 SM karena adanya banjir besar. Kuil Artemis kemudian dibangun lagi ooleh seorang arsitek dan anaknya. Walaupun begitu hanya butuh waktu semalam untuk menghancurkannya. Seorang pria bernama Herostratus membakar habis kuil pada tanggal 21 Juli 356 SM semata-mata agar namanya diingat sejarah. Alexander Agung yang lahir pada hari Kuil Artemis dibakar menawarkan diri untuk membangunnya kembali. Namun para petinggi Ephesus menolak tawaran tersebut dan mendirikan kembali Kuil Artemis dengan ukuran yang lebih kecil. Setelah itu Kuil Artemis kembali hancur dalam serangan bangsa Goth. Setelah dibangun sekali lagi, giliran pasukan Kristen pimpinan Santo Yohanes Chrysostom yang meluluhlantakkannya pada tahun 401.

7. Colossus, Rhodes

7 Keajaiban dunia kuno yang jarang diketahui orang, bikin takjub

Sebuah patung yang pernah menjadi bagian dari keajaiban dunia ini berada di pulau Rodos Yunani. Yang diketahui dibuat oleh Chares dari Lindos dengan tahun pembuatan diperkirakan antara 280 sampai 292 SM, patung dengan ketinggian mencapai 30 meter ini menjadi patung tertinggi yang pernah dibangun manusia pada masanya, dengan teknologi pada masa itu tentu sebuah keajaiban jika bisa membuat patung dengan ukuran paling tinggi di dunia, tidak hanya itu desainnya juga sangat menarik, seperti terlihat menggunakan teknologi terkini dalam pebuatannya. Ketinggian bangunan ini hampir menyamai patung Liberty pada saat ini.