×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

0

Film

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

Film-film ini masuk dalam daftar film terlaris di Negeri Ginseng lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

a million pieces

21 / 09 / 2019 15:57

Terkenal akan K-Pop, Korea Selatan juga punya film yang apik. Di antaranya adalah film dengan genre crime. Jika kamu penggemar film dengan genre crime, tak ada salahnya coba menonton tujuh film menarik asal Korea Selatan ini. Film-film ini juga masuk dalam daftar film terlaris di Negeri Ginseng lho.

Nah, ini dia film bergenre kejahatan asal Korea Selatan yang dibuat berdasarkan kisah nyata.

1. Memories Of Murder (2003).

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

Memories of Murder adalah film Korea Selatan yang dirilis tahun 2003 serta ditulis dan disutradarai oleh Bong Joon-ho. Film bertema kriminal ini didasarkan pada kisah nyata dari pembunuhan berantai pertama dalam sejarah Korea dikenal dengan nama “The Hwaseong Serial Murders”, yang terjadi tahun 1986 hingga 1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi.

Loading...

Song Kang-ho dan Kim Sang-kyung berperan sebagai Detective Park dan Detective Seo. Kedua detektif yang mencoba menyelesaikan kejahatan. Film ini mendapat apresiasi dari penggemar film dan kritikus, bahkan menjadi film terlaris sepanjang masa di Korea Selatan.

2. Voice of a Murderer (2007).

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

Dibintangi aktris Kim Nam Joo dan aktor Sol Kyung Gu, Voice of a Murderer mengangkat kisah nyata mengenai kasus penculikan di kehidupan nyata tahun 1991. Tahun 1991, seorang anak laki-laki berusia sembilan tahun bernama Lee Hyung Ho diculik di kompleks apartemennya, Hyundai Apartemen, Apgujeong, Gangnam-gu. Daerah tersebut memang dikenal menjadi tempat tinggal pejabat hingga pengusaha kaya. Mengetahui anak yang diculiknya adalah anak konglomerat, penculik Lee Hyung Ho menelpon orang tua Lee Hyung Ho sebanyak 87 panggilan dan meminta tebusan dengan nominal fantastis yakni 70 juta won.

Tak lama setelah penculik tersebut menghilang, polisi menemukan jasad Lee Hyung Ho. Dalam kisah nyata, jasad Lee Hyung Ho ditemukan di parit dekat rumahnya di Apgujeong-dong setelah 44 hari menghilang. Melalui otopsi diperkirakan ia dibunuh sejak hari kedua diculik. Hingga saat ini kasus pembunuhan tersebut tidak pernah terungkap, dan undang-undang pembatasan 15 tahun untuk kasus ini berakhir tahun 2006.

3. The Chaser (2008).

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

The Chaser bercerita mengenai seorang mantan detektif yang beralih profesi sebagai mucikari setelah dipecat. Eom Joong Ho yang diperankan Kim Yoon Seok tengah gelisah lantaran wanita tuna susila binaannya satu per satu menghilang. Dikejar-kejar hutang, Joong Ho kemudian mengutus Kim Mi Jin yang diperankan Seo Yeong Hee, seorang PSK sekaligus ibu tunggal ke seorang pelanggan, Je Yeong Min yang diperankan Ha Jung Woo. Seiring berjalannya waktu, Joong Ho kemudian menyadari bahwa nomor telepon Yeong Min sama dengan nomor telepon pelanggan terakhir dari para PSK yang menghilang. Kecurigaannya diperkuat setelah Mi Jin kemudian ikut menghilang tanpa berita.

Faktanya, film thriller ini terinspirasi oleh kisah nyata pembunuh berantai Korea bernama Yoo Young Chul, yang melakukan kejahatan sejak tahun 1988 hingga 2004. Di kisah nyata, pembunuh tersebut menargetkan perempuan bertubuh langsing dan membunuh mereka dengan palu.

Yoo Young Chul melakukan pencurian (1988, 1991, 1993,1998, 2004), menjual pornografi anak (1995), pemalsuan dan pencurian identitas (1998), pelecehan seksual anak (2000) serta pembunuhan dan kanibalisme (2004). Tercatat ada 20 orang termasuk belasan gadis panggilan yang menjadi korban, dan beberapa di antaranya menjadi korban mutilasi dan kanibalismenya. Tahun 2004 Yoo Young Chul akhirnya dijatuhi hukuman gantung.

4. The Case of Itaewon Homicide (2009).

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

Dibintagi aktor tampan Jang Geun Suk dan Jung Jin Young, The Case of Itaewon Homicide diangkat berdasarkan kisah nyata kasus pembunuhan Itaewon yang dikenal dengan Itaewon Murder Case. Kasus yang mengejutkan Korea Selatan ini terjadi ketika seorang mahasiswa Universitas Hongik bernama Cho Jung Pil ditemukan tewas di restoran Burger King Itaewon tahun 1997. Itaewon sangat terkenal bagi kalangan turis dan personel tentara AS yang bertugas di Korea Selatan. Terdapat banyak restoran mancanegara yang dibuka oleh imigran asing di Itaewon.

Kisah bermula Cho Jung Pil yang ditikam secara brutal sampai mati di toilet Burger King. Tersangka utamanya adalah dua anak laki-laki yang pergi ke kamar mandi setelah Cho Jung Pil. Dua remaja AS yang bermasalah, yakni Arthur Patterson, seorang putra mantan perwira Angkatan Darat AS dan ibu berdarah Korea Selatan, dan Edward Lee. Patterson dibebaskan setahun kemudian dalam amnesti khusus dan Lee dibebaskan setahun setelah itu karena kurangnya bukti.

Dalam kisah nyata, kasus kembali dibuka setelah ditemukan bukti DNA yang menunjukkan Patterson sebagai pembunuh. Sebelumnya, selama persidangan Edward Lee bersaksi bahwa Patterson adalah pembunuhnya. Patterson ditangkap kembali oleh otoritas AS pada Mei 2011 dan menghadiri persidangan di California mengenai ekstradisi ke Korea untuk pengadilan baru. Selama persidangan empat bulan, Patterson berulang kali mengklaim bahwa dia tidak bersalah dan menuduh Edward Lee telah membunuh Cho Jung Pil. Edward Lee bersaksi sebagai saksi yang mengatakan bahwa dia jelas melihat Patterson menoleh ke korban untuk menikamnya. Januari 2016, penuntut menjatuhkan hukuman penjara 20 tahun untuk Patterson. Hukuman 20 tahun penjara adalah hukuman maksimal yang dapat dijatuhkan bagi Patterson, yang merupakan anak di bawah umur saat peristiwa tersebut terjadi.

5. Silenced (2011).

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

Film Silenced menjadi salah satu film kriminal yang didasarkan pada novel The Crucible oleh Gong Ji-young, yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Jung Yu- mi. Hal ini didasarkan pada peristiwa nyata yang terjadi di Sekolah Gwangju Inhwa untuk para tuna rungu, di mana siswa tuna rungu baik perempuan dan laki-laki menjadi korban serangan seksual berulang oleh kepala sekolah dan guru selama lima tahun di awal tahun 2000-an. Kisah tersebut baru terungkap setelah seorang guru baru mengetahui kejadian tersebut. Ia pun melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Sayangnya, kepolisian hanya memberi hukuman ringan pada pelaku. Meski memicu kemarahan publik saat dirilis tahun 2011, film ini sudah ditonton lebih dari 4 juta penonton.

Di kehidupan nyata, para pelaku yang merupakan petinggi sekolah juga mendapatkan hukuman paling minimal. Film Korea ini cukup menghebohkan publik dan membuat pemerintah mengoreksi segala proses pemeriksaan. Berkat film ini, pemerintah menutup sekolah dan merevisi undang-undang kejahatan seks terhadap anak di bawah umur dan kaum disabilitas. Oktober 2011 pemerintah menghapuskan undang-undang pembatasan kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur dan diasabilitas.

6. The Classified File (2015).

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

The Classified File merupakan film kriminal Korea yang juga berdasarkan kisah nyata, berdasar kasus penculikan anak selama 33 hari di Busan tahun 1978. Kasus bermula saat seorang gadis muda bernama Eun Joo hilang di Busan tahun 1978. Tanpa kontak dari penculik dalam dua minggu terakhir dan tidak ada petunjuk lebih lanjut, polisi berasumsi bahwa dia sudah mati. Ibu Eun Joo putus asa dan beralih ke peramal terkenal Kim Joong San, yang mengatakan kepadanya bahwa putrinya masih hidup dan bahwa dia bisa diselamatkan jika mereka meminta bantuan detektif veteran Gong Gil Yong yang diperankan Kim Yoon Seok. Meskipun skeptis, Gil Yong menerima kasus ini. Ketika salah satu firasat Joong San tentang penyelidikan menjadi kenyataan, Gil Yong mulai percaya pada kemampuan psikisnya, dan kedua pria itu bekerja sama dalam kemitraan untuk menemukan Eun Joo dan membawanya pulang.

7. The Outlaws (2017).

7 Film bergenre crime asal Korea Selatan ini berdasarkan kisah nyata

Berdasarkan peristiwa nyata yang terjadi pada tahun 2007 dijuluki "Heuksapa accident”, film The Outlaws bercerita perang lahan antara gengster lokal yang menjalankan Garibong-dong di Distrik Guro, Seoul dan gengster Heuksapa dari Yanbian, Cina. Karena permasalahan ini polisi dipanggil untuk berusaha membawa perdamaian di lingkungan tersebut.

Jang Chen yang diperankan Yoon Kye Sang berasal dari Tiongkok dan bekerja sebagai rentenir di daerah kumuh Chinatown di Seoul. Dia didukung oleh kaki tangannya yang haus darah Wei Sung-Rak diperankan Jin Seon Kyu dan Yang Tae diperankan Kim Sung Kyu. Jang Chen sangat brutal dalam metodenya untuk mengumpulkan uang. Sementara itu, Ma Suk Do diperankan Ma Dong Seok adalah seorang detektif di daerah Chinatown Seoul. Dia mencoba untuk menjaga perdamaian, sementara dua gengster Cina-Korea bertempur memperebutkan lahan di lingkungan itu. Jang Chen bergerak untuk mengambil alih.

Seperti dalam filmnya, di kisah nyata para detektif berhasil menangkap 32 orang gengster yang merupakan keturunan Korea yang datang dari Yanbian, China.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red