Nggak banyak yang orang tahu tentang Macao. Paling mentok, yang diketahui orang cuma sebatas apa yang terlihat di film-film saja. Padahal, kota ini punya segudang fakta keren lho. Selain menawarkan wisata yang luar biasa asik, Macao juga penuh dengan keseruan.

Sebagai Daerah Administratif Khusus Republik Rakyat Tiongkok, Macao adalah salah satu kawasan di Asia yang wajib kamu kunjungi paling tidak sekali seumur hidup. Buat kamu yang penasaran soal Macao, berikut ulasan soal kota menarik tersebut. Siapa tahu setelah baca artikel ini kamu langsung jadi pengen main ke sana. Simak nih ulasannya.

1. Macao adalah tempat bertemunya berbagai bangsa. Percampuran budayanya menjadi satu keunikan.

7 Fakta unik dan menarik tentang Kota Macao

Saat ini, Macao adalah Special Administrative Region (SAR) dari Republik Rakyat Tiongkok. Sama seperti Hong Kong, Macao juga memiliki keistimewaan satu negara, dua sistem. Namun Macao ini unik banget. Karena dalam sejarahnya dulu, Macao terletak di Sungai Pearl hilir (Kanton), yang jadi gerbang perdagangan dan tempat bertemunya penjelajah dan pedagang dari Tiongkok, Jepang, India, dan Eropa. Pertemuan barat dan timur terjadi di sini, jadi nggak heran kalau sampai sekarang komunitas di Macao sangat beragam, saling melengkapi, dan jadi daya tarik tersendiri.

2. Macao dan Belanda itu sebelas-dua belas! Hampir sebagian besar kawasan Macao itu air, tapi bangunannya tetap bisa berdiri dan ditinggali.

7 Fakta unik dan menarik tentang Kota Macao

Kamu nggak akan menyangka kalau hotel-hotel dan banyak bangunan di Macao pada beberapa tahun lalu merupakan perairan. Reklamasi pada 2005 kemudian menjadikan kawasan perairan dangkal layak untuk mendirikan bangunan. Jadi pada dasarnya, fondasi hotel-hotel mewah yang sering ditinggali para wisatawan itu adalah dataran buatan lho. Hampir mirip dengan Belanda yang sebenarnya juga kawasan perairan.

3. Kalau selama ini kamu hanya tahu Macau Tower sebagai daya tarik wisatanya, kamu salah! Banyak bangunan bersejarah di sana.

7 Fakta unik dan menarik tentang Kota Macao

Macau Tower memang terkenal banget. Ditambah lagi wisata adrenalinnya berupa bungee jumping dan skywalking yang sangat menantang. Selain itu, Macao merupakan kota yang menjadi tempat bertemunya budaya Tiongkok dan Portugis. Fakta sejarah ini, membuat Macao punya banyak bangunan dengan lanskap yang cantik dan unik, serta pasti keren buat spot fotomu.

Sebut saja Dom Pedro V Theatre, Guaia Fortress hingga Ruins of St. Pauls yang memiliki corak arsitektur eropa serta A-Ma Temple, Lou Lim Leoc Garden hingga Mandarins House yang bercorak Tiongkok. Selain memiliki nilai sejarah, bangunan-bangunan tersebut juga Instagrammable lho. Cocok buat diunggah di media sosialmu!

4. Banyak resort dengan pemandangan indah.

7 Fakta unik dan menarik tentang Kota Macao

Bayak juga loh hotel dengan view indah yang akan memanjakan matamu semenjak membuka gorden di pagi hari. Bisa dibilang Macao ini lengkap banget buat berlibur.

5. Ditinggali oleh bangsa Portugis pada abad ke-16, membuat setiap sudut kota Macao kental dengan budaya Portugis.

7 Fakta unik dan menarik tentang Kota Macao

Sebenarnya Macao punya sejarah panjang hingga bisa jadi kota wisata terkenal seperti sekarang. Meski secara resmi Portugis meninggalkan Macao pada tahun 1999, kamu masih bisa merasakan nuansa Portugis itu di mana-mana. Karena bangsa Portugis cukup lama mendiami Macao, yaitu empat abad, nggak heran kalau terjadi banyak percampuran budaya antara Tiongkok dan budaya Portugis. Berasa trip ke Eropa lho kalau kamu sedang di Macao.

6. Nggak cuma soal tempat wisata dan budaya, Macao juga punya event balap seru bertaraf internasional, Macau Grand Prix!

7 Fakta unik dan menarik tentang Kota Macao

Kalau kamu menyukai balap mobil, bisa jadi kamu sudah tahu kalau Macao punya event tahunan Macau Grand Prix. Pertama kali dihelat tahun 1954, kini Macau Grand Prix sudah menjelma sebagai salah satu ajang balap bergengsi Formula 3! Para pembalap terkenal seperti Ralf dan Michael Schumacher pernah juara di event ini lho.

7. Nggak cuma tempat yang kaya akan warisan sejarah, Macao juga nggak kekurangan spot kekinian buat anak muda.

7 Fakta unik dan menarik tentang Kota Macao

Apalah artinya traveling tanpa nongkrong-nongkrong kekinian? Nah, saat kamu ke Macao, sempatkan untuk mampir ke Rua da Felicidade. Nama jalan yang berarti Street of Happiness ini bisa dibilang red light district-nya Macao. Tapi tenang, kamu yang cuma ingin nongkrong-nongkrong fancy, ada banyak kafe dan restoran di sepanjang jalan yang bisa kamu pilih. Belum lagi, lanskap jalannya pun cocok banget kamu jadikan latar foto. Dengan dominasi abu-abu pada dinding dan merah pada pintu dan jendela, plus banyak orang berlalu-lalang dengan pakaian khas Asia tradisional, pastinya bakal jadi latar foto yang etnic plus epic untukmu.

Nahh itu dia fakta unik tentang Macao. Hayo jadi ingin liburan ke Macao ya?