Yakuza merupakan grup atau geng yang berasal dari jepang, geng yang selalu melakukan kejahatan secara terorganisir ini juga sering menjadi perbincangan di seluruh dunia karena hal yang dibuatnya. Walau geng ini dikenal buruk oleh dunia tapi tak sedikit pula yang bilang kalau Yakuza sering membantu warga yang membutuhkan pertolongan.

Nah, berikut ini 5 fakta menarik tentang geng Yakuza yangperlu kamu tahu.

1. Sudah ada sejak 1612.

5 Fakta menarik tentang geng Yakuza ini perlu kamu tahu

Yakuza pertama kali dibuat oleh keluarga Shogun Tokugawa pada tahun 1612 yang berarti sekarang ini Yakuza sudah berumur lebih dari 4 abad lamanya. Awalnya keluarga tersebut hanya menjual barang terlarang, barang hasil curian dan juga para penjudi (Bakuto). Tapi, sekarang keluarga ini dikenal sebagai geng besar yang berhasil mencuri perhatian dunia.

2. Geng terkaya di dunia.

5 Fakta menarik tentang geng Yakuza ini perlu kamu tahu

Seperti sudah dijelaskan di atas, geng ini pun terus berkembang dan makin besar jaringannya di seluruh dunia. Salah satu kelompok Yakuza yang bernama Yamaguchi-gumi pun sempat diakui oleh departemen keuangan Amerika Serikat sebagai geng Yakuza terkaya di Jepang yang memiliki 80 miliar dolar Amerika Serikat. Berkat prestasinya itulah geng ini disebut sebagai geng terkaya di dunia.

3. Pernah merepotkan militer Amerika Serikat.

5 Fakta menarik tentang geng Yakuza ini perlu kamu tahu

Setelah Perang Dunia II usai, jumlah anggota Yakuza mengalami kenaikan pesat, yaitu mencapai 184.000 anggota dan ini adalah anggota yang terbesar dalam sejarah. Saking banyaknya anggota dari Yakuza ini, mereka pun mampu membuat militer AS kewalahan karena si Yakuza selalu menentang wewenang yang diberikan Amerika Serikat yang pada saat itu sedang menduduki Jepang.

4. Yakuza perempuan.

5 Fakta menarik tentang geng Yakuza ini perlu kamu tahu

Bukan hanya kaum pria saja yang bisa menjadi anggota dari geng besar Jepang Yakuza, tapi kaum wanita pun juga bisa ikut masuk ke dalamnya. Tak jauh berbeda dari Yakuza laki-laki, Yakuza perempuan pun memakai tato di sekujur tubuhnya sebagai tanda bahwa mereka adalah anggota dari Yakuza. Biasanya Yakuza perempuan sering dipanggil dengan panggilan ane-sanatau dalam bahasa Indonesia artinya adalah kakak perempuan.

5. Ritual penyambutan anggota baru.

5 Fakta menarik tentang geng Yakuza ini perlu kamu tahu

Nama ritual untuk penyambutan anggota baru dari Yakuza dinamakan sakazukigoto. Upacara minum-minum sake ini dilakukan untuk menjalin hubungan dengan anggota yang baru masuk. Bukan cuma untuk penyambutan anggota baru saja, upacara ini pun kerap dilakukan untuk merayakan kenaikan jabatan setiap anggotanya.