Affiliate marketingmerupakan bisnis yangtergolong mudah sehingga banyak sekali pemula yang menjalankan bisnis model ini.Dalam sistem affiliate marketing, tugasmu hanya mempromosikan kode link saja. Nah, jika ada yang tertarik untuk membeli, maka konsumenmu langsung berhubungan dengan si penjual untuk melakukan deal.

Dengan affiliate marketing, kamu hanya perlu bekerja satu kali yaitu memasukkan link ke website kamu dan akan mendapat penghasilan setiap kali ada orang yang melakukan transaksi melalui link tersebut. Ini juga disebut sebagai passive income.Setelah terjadi transaksi, maka kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan besaran yang telah ditentukan oleh program affiliate tersebut.

7 Cara untuk memulai bisnis affiliate marketing dari rumah

Jikaingin serius di bidang affiliate marketing, kamu harus pintar melakukan promosi melalui platform online di internet. Kamu tak perlu modal besar untuk memulainya, cukup dengan koneksi internet, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini menggunakan HP atau laptop.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk memulai bisnis affiliate marketing.

1. Pilih niche kamu.

Niche adalah sebuah pasar spesifik yang ingin kamu targetkan. Niche juga bisa dianggap sebagai sekelompok orang yang kamu rasa akan tertarik dengan barang-barang yang kamu promosikan.

Dengan menentukan niche, kamu dapat kemudian menentukan topik website kamu dan produk affiliasi apa yang akan kamu jual. Kamu bisa memulai dengan memilih niche yang sesuai dengan passion dan hobi kamu. Dengan begitu, kamu sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang tersebut dan bisa membuat konten-konten yang memiliki value.

2. Riset program-program affiliate marketing yang ada.

Setelah kamu menemukan niche yang akan menjadi fokusmu, sekarang kamu harus mencari program-program dan produk apa saja yang ada. Memilih sebuah program affiliasi memang membutuhkan waktu, tetapi jangan takut untuk meluangkan waktu untuk melakukan riset yang lebih dalam karena ini akan menjadi tempat di mana pemasukanmu berasal.Pilihlah program yang benar-benar akan sangat membantumu.

3. Riset produk-produk affiliasi.

Pada langkah ini, kamu harus mencari produk-produk affiliasi apa saja yang bisa menarik perhatian niche kamu. Kamu tidak bisa hanya sekadar mempromosikan semua barang yang kamu suka. Mempromosikan produk-produk yang relevan adalah kunci agar kamu bisa mencapai nilai konversi yang tinggi. Semakin relevan produk-produk yang kamu tawarkan kepada niche kamu, semakin tinggi kemungkinan mereka akan membeli dari link yang kamu letakkan di website kamu.

4. Buat sebuah website atau landing page.

Website adalah hal utama yang kamu butuhkan untuk memulai affiliate marketing. Membangun sebuah website atau landing page di zaman sekarang sudah menjadi semakin mudah, semua karena teknologi yang ada sekarang. Kamu tidak perlu memiliki keterampilan coding untuk membuat website. Sekarang dengan bantuan site builder seperti Strikingly, kamu bisa membangun website dengan mudah.

5. Susun rencana.

Sama seperti melakukan hal apa pun, kamu perlu menyusun rencana. Untuk affiliate marketing ada dua hal yang harus kamu persiapkan, yaitu waktu dan strategi. Kebanyakan orang memulai affiliate marketing sebagai kegiatan sampingan sehingga kamu perlu memiliki manajemen waktu yang baik antara pekerjaan utama kamu dan usaha affiliate marketing kamu. Kamu sendiri bisa melakukan affiliate marketing dengan menyisihkan 2-4 jam per harinya.

6. Meningkatkan traffic.

Setelah memilih niche dan produk-produk apa yang ingin kamu promosikan, kamu perlu mendapatkan traffic ke website kamu, baik ke landing page yang sudah kamu siapkan atau posting-an review di mana link affiliasi diletakkan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan traffic website. Secara keseluruhan ada dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan traffic gratis atau paid traffic (traffic berbayar).

7. Promosikan affiliate link kamu.

Setelah menunjukkan bahwa kamu bisa menawarkan sesuatu untuk niche-mu, kamu sebaiknya mulai mempromosikan affiliate link yang kamu miliki.