×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Cara membuat aquascape berbiaya rendah bagi pemula

0

N/A

7 Cara membuat aquascape berbiaya rendah bagi pemula

Kamu bisa mengkreasikan aquascape seperti keadaan alam aslinya dengan biaya rendah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rania Mufidah

10 / 12 / 2019 14:55

Tahukah kamu tentang aquascape? Mungkin di antara kamu ada yang tahu dan ada yang tidak mengetahui tentang aquascape. Aquascape adalah seni menata tanaman air tawar dalam akuarium. Aquascape juga bisa diartikan sebagai seni membuat ekosistem untuk makhluk hidup seperti hewan dan tanaman. Jadi, aquascape itu membuat suatu ekosistem di dalam akuarium namun ekosistemnya sama dengan ekosistem yang sebenarnya. Lalu, apa beda akuarium dengan aquascape?

Kalau akuarium lebih menonjolkan hewannya saja, sedangkan tumbuhan hanya sebagi pelengkap. Namun aquascape lebih menonjolkan tumbuhannya seperti di alam bebas dan hewannya hanya sebagai pelengkap.

Aquascape pertama kali diperkenalkan oleh Takashi Amano dari Negeri Sakura pada tahun 90-an. Takashi Amano merupakan orang pertama yang mengenalkan konsep pembuatan ekosistem dalam sebuah akuarium. Takashi Amano membuat natural aquascape dengan menirukan kondisi alam yang asli. Hasil dari aquascape ini akan terlihat benar-benar persis seperti yang ada di alam walaupun melalui akuarium.

Di Indonesia, aquascape baru muncul tahun 1993. Hingga kini aquascape yang ada di Indonesia terus berkembang karena mulai banyak orang-orang yang tertarik untuk membuatnya. Kamu juga tertarik membuatnya? Simak caranya berikut ini.

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

Loading...

• Akuarium

• Filter

• Lampu

• Pasir Silika

• Pupuk dasar atau pupuk cair

• Tanaman

• Ikan

• CO2, bisa beli atau buat sendiri

• Kipas jika diperlukan

Cara membuat:

1. Untuk pemula, lebih baik gunakan pasir silika terlebih dahulu.

Gunakan pasir silika berukuran 4-5 mm. Pada lapisan pasir silika, tambahkan karbon aktif di bagian tengahnya. Karbon aktif ini berfungsi menyerap zat yang berbahaya yang ada pada air saat kamu membuat aquascape.

Karbon aktif sebenarnya memiliki sifat merilis kembali apa yang dia serap setelah digunakan selama 1-3 bulan. Tapi kamu tak perlu khawatir sebab ketika sudah mencapai umur 1-3 bulan, tanaman di dalam akuarium sudah mulai stabil. Sehingga pelepasan zat yang sudah diserap itu tidak akan membahayakan tanaman.

2. Memberikan pupuk dasar.

Dengan menambahkan pupuk dasar akan memberikan nutrisi pada tanaman yang kamu masukkan ke dalam akuarium. Pemberian pupuk pada pembuatan aquascape hanya untuk tanaman yang punya akar. Jika tanaman yang dipilih tidak memiliki akar atau menyerap nutrisinya lewat daun, contohnya seperti anubias atau micosorum, kamu tidak perlu melakukan hal ini. Kalau menggunakan pupuk, pilihlah yang memiliki kualitas terbaik. Pemberian pupuk tentu dengan jumlah yang sudah direkomendasikan.

3. Membuat dasar dan dekorasi.

Kamu bisa mendekorasi aquascape-mu dengan menggunakan batu dan kayu. Dekorasi yang dibuat biasa disebut juga sebagai hardscape. Penataan hardscape ini tentu tidak boleh sembarangan.

Penataan kayu dan batu harus dilakukan dengan baik sehingga ketika ditambahkan tanaman hasilnya akan seperti yang kamu harapkan. Untuk mendapatkan efek kedalaman, kamu bisa membuat pasir yang ada di bagian belakang lebih tinggi daripada yang ada di depan.

4. Mengisi air.

Kamu harus berhati-hati dalam memasukkan air karena dekorasi yang telah kamu buat bisa saja rusak atau berantakan sehingga tidak sesuai dengan penataan yang kamu harapkan di awal. Jika tidak berhati-hati, bisa jadi pasirnya akan berhamburan dan pastinya pupuk yang berada di dasar air juga akan berantakan. Cara menuang air yang benar bisa menggunakan kertas atau koran dan tuang secara perlahan.

5. Menambahkan tanaman.

Tahapan menanam ini bisa kamu lakukan sebelum akuarium diisi air atau sesudah akuarium diisi air. Setelah tanaman disusun, isi akuarium sampai penuh, kemudian buang air sampai 70% lalu isi kembali akuarium sampai penuh. Tujuannya adalah untuk membuang amonia dan nutrisi lain dari pupuk yang larut dalam air.

6. Memasang peralatan yang dibutuhkan.

Mulai pasang peralatan seperti outlet filter, peletakan diffuser CO2, pemasangan lampu atau pencahayaan, dan peralatan lainnya.

7. Perawatan aquascape.

Perawatan yang dilakukan adalah menguras air sebanyak 30% pada awal-awal minggu pertama untuk mempercepat perputaran bakteri dan juga membuang racun yang ada pada air. Pada minggu kedua, kamu bisa melakukan pengurasan ini tiga hari sekali. Untuk perawatan lainnya, kamu bisa memberikan pupuk cair setelah aquascape berumur tiga bulan.

Nah, itulah cara membuat aquascape dengan mudah dan murah. Perlu diingat, jangan memasukkan hewan ke dalam aquascape terlebih dahulu. Tunggu selama kurang lebih dua minggu untuk menghindari kematian hewan karena dikhawatirkan masih terdapat kandungan amonia yang tinggi di dalam air. Jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan antara nutrisi, intensitas cahaya, dan kadar CO2 di dalam akuarium.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Aquascape
Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red