×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Anggapan tentang pemrograman ini sebenarnya hanyalah kesalahpahaman

0

Life

7 Anggapan tentang pemrograman ini sebenarnya hanyalah kesalahpahaman

Ternyata masih banyak kesalahpahaman yang terjadi dalam masyarakat mengenai pemrograman.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ordinary Origin

18 / 02 / 2019 15:46

Kebanyakan masyarakat umum memandang pekerjaan pada bidang pemrograman hanya ditujukan untuk orang-orang yang berbakat serta cerdas dan dalam jenjang karirnya hanya untuk orang-orang yang cenderung geeks. Karena mitos dan kesalahpahaman tersebut, banyak orang yang tidak yakin untuk mengambil pemrograman sebagai bidang pekerjaan.

Untuk itu mari simak penjelasan menarik berikut tentang anggapan yang banyak berkembang seputar pemrograman.  

1. Harus luar biasa dalam matematika untuk belajar pemrograman.

Image: Unsplash/jeshoots

Kebanyakan orang berpikir bahwa ada hubungan langsung antara matematika dan pemrograman. Kenyataannya untuk menjadi seorang programmer, kamu hanya harus meluangkan banyak waktu untuk belajar menulis suatu kode pemrograman dan bukan fokus untuk membuat formula matematika.

Loading...

Matematika sendiri tidak memiliki hubungan langsung dengan pemrograman. Namun kamu setidaknya harus memahami dasar daripada algoritma. Serta yang terpenting persiapkan diri  dengan kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah dalam proses pemrograman.

 

2. Coding adalah suatu kegiatan yang sangat membosankan.

Image: freepik/alekksall

Melakukan kegiatan Coding atau pengkodean pemrograman sebenarnya sangatlah menyenangkan. Dalam prosesnya memang menantang, tapi bukan berarti membosankan. Bayangkan sekarang teknologi sudah ada dimana-mana, disitulah peran coding. Coding adalah tentang kreativitas, tentang membuat sesuatu yang nantinya berguna dalam berbagai bidang. Belajar pengkodean memungkinkanmu untuk mendalami berbagai industri yang kamu inginkan. Maka dari itu coding tidak akan pernah membosankan.

 

3. Pelajarilah bahasa pemrograman terbaik.

Image: freepik

Banyak pengembang mengklaim bahwa satu bahasa pemrograman lebih baik daripada yang lain, tetapi itu tidak benar. Setiap bahasa memiliki tujuan serta fungsi tertentu dan bekerja sedikit berbeda. Beberapa bahasa lebih mudah untuk dikerjakan dan lebih cocok untuk tugas-tugas tertentu daripada yang lain. Untuk itu pelajarilah bahasa pemrograman sesuai dengan kebutuhanmu dan juga sesuai dengan bidang yang ingin digeluti. 

 

4. Pernah menguasai suatu bahasa pemrograman, itu sudah cukup.

Image: freepik

Ini tidak dapat dibenarkan. Karena pengkodean selalu berkembang dan ketika merasa telah menguasai suatu bahasa, kamu akan menemukan banyak hal baru yang perlu dipelajari. Kemudian kamu harus mempelajari kembali hal-hal yang kamu pelajari sebelumnya karena mereka telah diperbarui. Belajar tidak pernah berhenti karena banyak hal terus diperbarui.

 

5. Kamu harus seorang jenius.

Image: freepik/rawpixel

Kamu tidak perlu memiliki IQ seperti Einstein. Sekarang siapa pun dapat melalukan pemrograman dengan mudah. Dengan catatan jika kamu tidak keberatan gagal berulang kali dan belajar dari kesalahanmu. Namun beginilah cara programmer belajar. Sekarang untuk membuatnya lebih sederhana, siapa pun yang tahu cara berkomunikasi dapat belajar pemrograman karena pada intinya, pemrograman adalah "bahasa" dengan tata bahasa dan kosa katanya sendiri. Dan fungsi keberadaannya untuk membantumu berkomunikasi dengan mesin untuk menyelesaikan tugas.

 

6. Kamu harus kuliah di universitas untuk belajar pemrograman.

Image: freepik/iconicbestiary

Mungkin untuk mempelajari pencak silat kamu harus bergabung dengan akademi, tetapi untuk pemrograman, kamu tidak harus. Memperoleh gelar sarjana dari universitas adalah hal yang baik. Tetapi ada begitu banyak sumber daya online seperti situs web pembelajaran dan aplikasi yang bisa dipakai sebagai referensi belajar. Ataupun mengikuti Coding Bootcamp yang nantinya akan membantumu mempelajari cara membuat kode.

 

7. Terlalu tua untuk mempelajari pemrograman.

Image: freepik/vectorpouch

Pernah dengar kalau sudah tua bakalan sulit untuk belajar? Sekarang itu tidak sepenuhnya benar. Jika memiliki kemauan untuk belajar, maka kamu dapat belajar di usia berapapun. Ingat jika tidak ada yang terlalu tua dalam hal belajar.

Pengkodean adalah bidang yang meningkat dalam permintaan. Ada banyak kamp pelatihan pengkodean dan sumber daya online gratis yang mengajarkan orang-orang dari segala usia cara membuat kode. Karena teknologi terus berkembang, maka kamu harus terus belajar dan jangan mau ketinggalan. 

 

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi ketertarikan dalam bidang pemrograman yaa! Jika artikel ini menarik jangan lupa beri tanggapan. Terima kasih.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red