×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips memaksimalkan mutu belajar online di tengah pandemi

0

N/A

6 Tips memaksimalkan mutu belajar online di tengah pandemi

Keadaan saat ini memaksa sistem pembelajaran berubah, oleh karena itu kita semua harus bisa memaksimalkan kondisi yang ada.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rama Mozart

20 / 12 / 2020 10:25

Virus Corona berdampak pada beberapa aspek, salah satunya pendidikan. Hasilnya adalah pemerintah harus mengubah dan memaksimalkan sistem pendidikan sesuai keadaan yang ada. Belajar online pun menjadi solusinya. Mungkin awalnya ini adalah hal yang cukup menarik karena merupakan keadaan baru. Namun seiring berjalannya waktu, banyak juga pelajar yang mulai jenuh dengan keterbatasan dalam belajar online ini.

Nah, berikut ini merupakan beberapa tips untuk memaksimalkan mutu belajar online. 

1. Memilih tempat yang tepat.

Belajar secara online membuat para pelajar bebas memilih tempat untuk mengikuti pembelajaran. Kamu perlu mengatur tempat ternyaman dan terbaik menurutmu untuk belajar. Misalnya dengan duduk di kursi ternyaman yang ada di rumah, ditambah dengan meja yang cukup besar untuk menjadi alas laptop dan buku catatan. 

Kamu sendiri yang tahu posisi seperti apa yang dapat memberikan kenyamanan buatmu. Intinya adalah agar saat belajar online kamu bisa fokus ke pembelajarannya, tanpa perlu lagi memikirkan dan mencari posisi yang enak.

Loading...

2. Jangan malu bertanya.

Pasti kamu tahu peribahasa "Malu bertanya, sesat di jalan." Hal ini berlaku untuk pembelajaran online ini. Agar mendapat hasil yang maksimal, beranilah untuk bertanya jika ada yang tidak dimengerti.

3. Cari pembelajaran tambahan di YouTube.

Guru atau dosen pasti juga mengalami keterbatasan dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu, kamu bisa mencari informasi tambahan di luar pembelajaran online. Belajar dengan video di YouTube disarankan karena para pelajar mungkin jenuh bila terus-terusan membaca.

4. Mengatur waktu.

Pasti banyak pelajar yang menanggapi belajar online dengan terlalu santai. Padahal kamu tetap harus mengatur waktu dengan baik. Misalnya makan sambil belajar online mengganggu fokus. Kamu bisa menyiapkan waktu sebelum atau sesudah belajar online untuk makan.

Kamu juga bisa mengatur waktu mengenai tugas. Seperti mengerjakan tugas langsung di hari di mana tugas itu diberikan untuk mencegah tugas yang menumpuk.

5. Menjaga hubungan dengan teman.

Tetaplah menjaga hubungan dengan teman. Misalnya, kamu bisa bertanya mengenai materi dan tugas. Belajar online memaksa para pelajar untuk tidak bertatap muka dengan teman. Oleh karena itu, hal ini bisa dilakukan agar kamu tidak merasa berjuang sendiri dalam pembelajaran ini.

6. Atur kepentingan dan kesenangan.

Belajar di rumah menimbulkan banyaknya kelonggaran dan distraction yang menyebabkan para pelajar jadi susah fokus. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengatur kepentingan dan kesenangan.

Kamu disarankan mengubah pola pikirmu agar mendahulukan kepentingan dibanding kesenangan. Contoh apabila suka nonton film, kamu bisa menganggap film sebagai reward karena telah menyelesaikan kepentinganmu.

Itu dia beberapa tips untuk memaksimalkan belajar online dengan keterbatasan yang ada. Kamu bisa coba beberapa tips di atas dengan pelan-pelan dan santai. Selamat beraktivitas dan selamat mencoba!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red