Bangun di pagi hari merupakan kebiasaan baik yang patut kamu lakukan setiap pagi. Bangun pagi tentu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tetapi ada saja orang yang kesulitan untuk bangun pagi. Entah karena malamnya begadang, kecapekan, atau memang sudah menjadi kebiasaan bangun siang.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis akan mengulas mengenai tips ampuh untuk kamu yang kesulitan bangun pagi. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Sesuaikan jam tidur.

6 Tips ampuh untuk kamu yang susah bangun pagi

Jam tidur setiap orang memang berbeda-beda karena mempunyai kesibukan yang juga berbeda. Olehkarena itu, mulai sekarang perhatikan waktu tidurmu. Jika kamu terbiasa dengan waktu tidur selama lima jam, maka usahakan untuk tidur dengan tempo waktu tersebut. Karena jika kamu umumnya memiliki waktu tidur lima jam namun suatu hari malah tidur kurang dari tempo waktu itu, dijamin pada hari itu kamu bakal rentan mengantuk dan membuatmu terlambat bangun pagi.

Tidak hanya itu, kamu akan sulit berkonsentrasi dan mood kamu akan buruk. Jadi usahakan tidur dengan tempo kebiasaan tidurmu, ya. Kecuali jika kamu memang sedang berlatih untuk mengurangi waktu kebiasaan tidurmudengantujuan tertentu seperti mengerjakan deadline ataupun mengurangi waktu tidur untuk belajar.

2. Miliki kualitas tidur yang baik.

6 Tips ampuh untuk kamu yang susah bangun pagi

Pernah gak kamu merasa pusing dan ngantuk berat pada pagi hari dan kamu harus berangkat kuliah atau kerja satu jam lagi? Aktivitas begadang sudah kamu minimalisir bahkan sudah tidak menjadi kebiasaanmu. Tidur sesuai dengan tempo waktu juga sudah kamu terapkan. Lalu, apa masalahnya?

Bisa jadi kamu belum memiliki kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur yang baik itu ketika kamu tidur pada malam hari kemudian membuka mata saat waktunya bangun. Ingat, ya, saat waktunya bangun. Dan juga kualitas tidur yang baik itu yang membuat badanmu segar dan santai, bukan malah membuat badan sakit dan kepala terasa pusing.

Nah, coba cek lagi kegiatanmu saat malam hari. Bisa jadi di sela-sela waktu tidur kamu masih asyik dengan smartphonedan ketika terjaga tengah malam kamu malah mainhandphone lagi.

Jadi, untuk menguranginya kamu wajib menonaktifkansmartphonekamu sebelum tidur. Disiplinkan dirimu. Jika waktunya tidur maka kamu perlu tidur dengan maksimal. Kemudian periksa posisi bantal yang mungkin ketinggian. Kipas angin yang dinyalakan sepanjang malam juga mengurangi kualitas tidurmu dan yang paling penting tidak baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, perbaiki kualitas tidurmu agar esok dapat menjalani aktivitas dengan lancar dan bahagia.

3. Berdoa dan yakin.

6 Tips ampuh untuk kamu yang susah bangun pagi

Berdoa dan yakin akan bangun pagi salah satu tips yang sangat ampuh. Penulis pernah mengalami masalah betapa sulitnya bangun pagi yang menyebabkan deadline dan aktivitaspenulis padahari tersebut kacau balau dan merusak mood.

Berbagai usaha sudahpenulis lakukan sampai akhirnya terlintas di pikiran bahwa Mungkin saya kurang berdoa . Lalupenulis terapkan ide tersebut pada malam hari sebelum tidur. Alhasil, keesokan harinya penulis terbangun dan langsung melihat jam beker yang menunjukkan pukul 03.00 WITA dini hari. Spontanpenulis tersenyum senang dengan kejadian ini. Jadi, tak ada salahnya mencoba tips ini.

4. Mandi sebelum salat subuh.

6 Tips ampuh untuk kamu yang susah bangun pagi

Mandi saat pagi buta adalah tips yangtepat bagikamu yang bangun pukul 03.00 dini hari atau lebih. Ketika mata dalam keadaan ngantuk berat, membasuh mata dan seluruh tubuh dengan air membuat tubuh segar dan menjadikan peredaran darah lancar. Dengan begitu kamu bisa langsung menjalankan aktivitas tanpa mengantuk lagi. Jika kamu memulai aktivitas pada waktu dini hari apalagi dibarengi dengan munajat malam kepada Sang Maha Pencipta, dijamin hari-harimu akan lancar.

5.Lakukan aktivitas fisik pada pagi hari.

6 Tips ampuh untuk kamu yang susah bangun pagi

Rasa kantuk yang tak tertahankan membuatmu ingin berlama-lama dengan selimut yang nyaman. Nah, jika ingin disiplin bangun pagi maka hal yang harus kamu lakukan adalah meninggalkan tempat tidur dan beralih pada kegiatan fisik. Seperti berolahraga kecil di rumah, membersihkan rumah atau taman, mulai memasak dan menyiapkan sarapan. Sehingga rasa kantuk yang menyelimutimu tadi akan hilang dengan fokusmu kepada kegiatan fisik tersebut.

Sering kali seseorang beralasan Sudah usaha bangun pagi, tapi akhirnya tidur lagi karena ngantuk berat. Coba terapkan tips Lakukan aktivitas fisik di pagi hari, tidak mungkin kamu akan tertidur saat sedang olahraga ataupun memasak.

6. Minta dibangunkan orang lain.

6 Tips ampuh untuk kamu yang susah bangun pagi

Zaman sekarang memang banyak sekali tipe-tipe alarm yang digunakan manusia sebagai pengingat atau alat untuk membangunkan seseorang dari kenikmatan tidur. Tapi tak sedikit pula yang masih saja belum bisa terbangun dengan alasan Gak dengar alarm.

Nah, jika kamu memiliki masalah seperti ini, jangan khawatir. Karena ada satu tips unik dari penulis, yaitu minta dibangunkan oleh orang lain. Dengan meminta bantuan kepada orang lain, kamu lebih peka menerima rangsangan berupa perintah untuk bangun lebih pagi. Dengan goncangan-goncangan yang kamu rasakan dari orang yang membangunkanmu akan dapat membuatmu cepat sadar dari dunia mimpi.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar dapat bangun pagi. Semoga dapat memberikan manfaat dan wawasanbuat kamu yang susah untuk bangun pagi. Terima kasih sudah mampir dan membacaartikel ini.