×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Makanan halal khas Korea Selatan ini patut kamu coba

0

Jalan-Jalan

6 Makanan halal khas Korea Selatan ini patut kamu coba

Tak usah khawatir bila berlibur ke Korea Selatan dan berniat mencoba kelezatan makanan khasnya. Ini rekomendasi makanan halal yang bisa dicoba.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

ANNISA RIZQI MAULIDA

06 / 11 / 2019 15:50

Kamu termasuk salah satu orang yang ingin traveling ke Korea Selatan? Saat ini Negeri Ginseng memang sedang berada di puncak kejayaannya berkat drama, musik, dan boy and girlband Korea. 

Bicara soal Korea Selatan dengan segala budaya dan wisatanya yang cantik tidak lengkap jika tak membicarakan keanekaragaman kulinernya. Negara Macan Asia ini memiliki kuliner lezat yang wajib dicicipi.

Nah, pastinya kamu akan meneteskan air liur saat menonton K-Drama karena disuguhkan aneka contoh hidangan Korea Selatan, mulai dari yang populer hingga yang tradisional. Melihatnya saja pasti penasaran, kan dengan rasanya?

Tak usah khawatir jika kamu yang muslim traveling ke Korea Selatan dan ingin mencoba kelezatan makanan khasnya. Berikut ini rekomendasi kuliner khas Negeri Ginseng yang patut kamu coba saat liburan di sana.

1. Jjolmyeon.

Loading...

Jjolmyeon (Foto: maangchi.com)

Jjolmyeon (Foto: maangchi.com)

Jjolymyeon adalah hidangan biasa di restoran snack bar Korea yang disebut bunsikjip. Tempat ini biasanya juga menyajikan hidangan murah yang disukai siswa seperti gimbap, tteokbokki, dan ramyeon.

Jjolmyeon Korea adalah mie gandum kenyal yang disajikan dengan saus pedas, manis, dan asam dengan sayuran. Saus pedas dan berbumbu ini adalah kombinasi dari gochujang (pasta cabai), cuka, gula, dan bawang putih yang dicacah. Makanan ini merupakan salah satu jenis dari bibim guksu (mie campur).

2. Bibim-guksu.

Bibim-guksu (Foto: maangchi.com)

Bibim-guksu (Foto: maangchi.com)

Yang membuat hidangan ini begitu berbeda dari hidangan mie dingin lainnya adalah rasa pedasnya. Rasa pedas yang kuat itu dihasilkan dari campuran bubuk cabe merah, gochujang, dan bawang putih cincang, bersama dengan rasa manis dan asam yang dibuat dengan cuka dan gula.

Kebanyakan mie dingin pedas disajikan dengan sedikit minyak wijen untuk menambah kekayaan rasa. Biasanya hidangan ini akan disiapkan bersama dengan daging sapi potong dadu goreng, acar mentimun yang dipotong memanjang yang dicampur bersama-sama dengan mie yang telah dimasak. Hiasan yang digunakan dalam mie pedas termasuk telur rebus, acar, potongan gim (rumput laut kering), dan irisan mentimun.

3. Japchae.

Japchae (Foto: maangchi.com)

Japchae (Foto: maangchi.com)

Sekilas hidangan ini terlihat seperti bihun yang ada di Indonesia, ya. Japchae adalah salah satu hidangan Korea yang paling disukai dan legendaris di Korea Selatan. Japchae termasuk salah satu banchan (lauk pauk), dan dimakan terutama dalam pesta dan kesempatan khusus.

Japchae disajikan dengan sayuran yang biasanya sayuran yang sedang musim dipotong kecil-kecil memanjang. Bumbunya berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir ditumis dengan minyak wijen bersama daging sapi.

4. Bibimbap.

Bibimbab (Foto: maangchi.com)

Bibimbab (Foto: maangchi.com)

Bibmbab adalah hidangan Korea super populer yang mungkin sering kamu dengar. Bibimbap adalah masakan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas korea gochujang.

Bibim diterjemahkan sebagai "campur," dan bap berarti "nasi," jadi bibimbap secara harfiah berarti "nasi campur." Sebelum memakannya, kamu seharusnya mencampur semuanya menjadi satu.

5. Nakji Bokkeum.

Nakji bokkeum (Foto: maangchi.com)

Nakji bokkeum (Foto: maangchi.com)

Nakji bokkeum adalah hidangan berbahan dasar gurita yang digoreng sampai kering. Rasanya yang pedas bisa menggugah selera makan agar semakin lahap menyantapnya. Rasa pedas yang dimiliki merupakan hasil dari penggunaan pasta cabe korea (gochujang) yang membumbui gurita dan tumisan sayur.

Untuk yang tak terbiasa dengan masakan Korea menganggap makanan satu ini sangatlah pedas. Jadi, tak jarang yang mencampur nakji bokkeum dengan nasi agar pedasnya bisa berkurang.

6. Samgyetang.

Samgyetang (Foto: maangchi.com)

Samgyetang (Foto: maangchi.com)

Masakan ini adalah sup ayam ginseng khas Korea. Sup ini berisi ayam muda dalam keadaan utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Seporsi sup dalam panci kecil biasanya dimakan oleh satu orang.

Samgyetang dimakan dengan tambahan merica, garam, dan kimchi yang disediakan di atas meja. Cara makan samgyetang ialah setelah daging ayam habis, nasi dimasukkan ke dalam sup. Orang Korea secara tradisional makan hidangan ini selama hari-hari terpanas di musim panas sebagai cara untuk menjaga energi mereka dan untuk menyeimbangkan panas tubuh mereka dengan cuaca di luar.

Nah, tidak ada alasan khawatir dan sulit dapat makanan halal saat di Korea Selatan. Walaupun makanan di atas tergolong halal, pastikan kamu membelinya di restoran dengan label halal untuk memastikan dan merasa tenang saat menikmatinya. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red