×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Langkah mudah budidaya bayam merah di rumah saat pandemi

0

N/A

6 Langkah mudah budidaya bayam merah di rumah saat pandemi

Foto: instagram.com/iin_weenardee

Dalam menanam bayam merah, ada syarat tumbuh yang harus terpenuhi agar produktivitas dapat meningkat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rahayu Supratiwi

14 / 10 / 2020 16:15

Untuk menghilangkan rasa bosen di rumah saja akibat dari pandemi Covid-19 yang sampai sekarang belum tuntas, kamu bisa melakukan kegiatan budidaya di pekarangan rumah, salah satunya dengan menanam bayam merah.

Selain untuk dikonsumsi, kandungan bayam merah sangat baik untuk pertumbuhan. Bayam memiliki kandungan gizi meliputi zat besi, kalsium, karbohidrat, lemak, serat, vitamin C, kalori, dan protein. Bayam merah merah juga bisa mencegah kanker, kolesterol, dan melancarkan pencernaan.

Olahan bayam merah pada masakan

Foto: instagram.com/just_home_cooking

Mengutip dari Paktanidigital.com, bayam merah juga diketahui punya kandungan antosianin yang berfungsi untuk mencegah pembentukan radikal bebas. Dalam menanam bayam merah, ada syarat tumbuh yang harus terpenuhi agar produktivitas dapat meningkat.

Loading...

Berikut ini merupakan langkah budidaya tanaman bayam merah, seperti dilansir dari infografis Kementerian Pertanian.

1. Menyiapkan lahan budidaya.

Untuk menanam bayam merah, kamu harus memperhatikan syarat tumbuh. Bayam merah tumbuh pada suhu 16-20°C, pH 6-7, dan tanah humus.

2. Benih bayam merah.

Benih bayam merah mudah didapatkan di sekitarmu, seperti di toko pertanian, Dinas Pertanian, bahkan dari proses pembibitan sendiri di lapangan.

3. Cara penyemaian benih bayam merah.

Pertama mempersiapkan media tanam seperti sekam, pupuk organik, dan tanah. Lakukan pencampuran dengan perbandingan (1:1:2), lalu masukkan pada polybag atau tray. Kemudian tabur benih di atas media polybag atau tray, lalu tumpuk dengan sedikit saja tanah di atasnya.

4. Cara penanaman bibit bayam merah.

Proses penanaman bibit dilakukan pada media tanaman yang kondisinya sidah siap untuk ditanami. Tanah sudah dalam kondisi terpupuki, lalu siram secara berkala agar tanah tetap lembap. Setelah bibit berukuran 3-6 cm, maka bibit sudah layak untuk pindah semai.

5. Cara perawatan bayam merah.

Agar bayam merah tumbuh subur, lakukan penyiraman dengan berkala. Pada 7 hari setelah tanam lakukan pemberian air dengan campuran pupuk cair. Setelah lewat masa seminggu tanaman bayam bisa disiram dengan air biasa sampai umur panen. Lalu, lakukan pemupukan satu kali dalam 2-3 minggu. Pupuk yang digunakan pun pupuk kandang dan organik.

6. Masa panen.

Bayam merah siap panen setelah umur 35 hari setelah tanam. Cirinya tanaman memiliki daun yang banyak dan berukuran besar dengan tinggi tanaman 20-30 cm.

Nah, mudah bukan? Kamu pun bisa melakukan budidaya bayam merah di rumah.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red