Ada beberapa hal yang sering dilakukan masyarakat Indonesia dalam menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idul Fitri. Beberapa kebiasaan ini sudah menjadi tradisi turun temurun dari tahun-tahun sebelumnya. Apabila tertinggal satu saja dari kebiasaan tersebut, maka lebaran takkan lengkap rasanya.

Nah, apa saja sih kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia? Apakah kamu juga termasuk orang yang melakukan kebiasaan tersebut? Mari kita ulas beberapa hal yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia sebelum dan sesudah Hari Raya.

1. Mudik.

Mudik adalah salah satu kebiasaan yang tak terlewatkan ketika Hari Raya akan tiba. Biasanya mudik dilakukan oleh orang-orang perantauan. Kebiasaan seperti ini sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Dengan momen mudiklah orang-orang yang jauh dari sanak saudara akan dipertemukan kembali. Keluarga pun akan terasa lengkap dan semakin harmonis.

2. Shopping barang-barang baru.

Nah, hal yang satu ini tak kalah penting dari hal-hal lain. Berbelanja barang baru seperti baju, celana, sepatu, dan tas sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, dan bahkan orang tuapun juga ikut melakukan kebiasaan ini.

Hal-hal seperti ini biasanya didominasi oleh wanita. Namun jangan ceroboh dalam berbelanja, biasanya mendekati Hari Raya, pasar, mall, atau sejenisnya ramai akan pengunjung dan tingkat kejahatan seperti copet tingi dan harus tetap waspada. Jangan sampai hari lebaranmu malah jadi hari nasib burukmu.

3. Membersihan dan mempercantik rumah.

Biasanya hal-hal seperti ini dilakukan sebelum bulan puasa tiba dikarenakan jika membersihkan dan mempercantik rumahnya di saat bulan puasa, maka akan terasa capek. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga yang membersihkan dan mempercantik rumah pada saat Hari Raya kurang 1 minggu.

Hal-hal yang dilakukan adalah mengganti warna cat rumah ataupun mempertebal warna cat rumah, mengganti gorden, mulai dari jendela ruang tamu bahkan sampai ruang dapur, dan juga menganti posisi barang-barang yang ada di dalam rumah agar terlihat luas dan tersusun rapi.

4. Kue lebaran.

Menjelang Hari Raya atau Lebaran, kaum wanita disibukkan dengan pemilihan kue lebaran untuk dihidangkan di hari Rayabagi tamu spesial. Nah biasanya kue terfavorit di kalangan wanita adalah Kue Nastar, Kue Kastengel, kue Putri Salju, dan Kue Kacang Tanah.

5. Silaturahmi.

Sebenarnya silaturahmi dilakukan tidak hanya waktu waktu tertentu saja seperti Hari Raya atau Lebaran. Di hari-hari biasa pun silaturahmi juga bisa dilakukan. Namun, pada umumnya masyarakat Indonesia berbondong-bondong melakukan silaturahami di saat Hari Raya. Faktor utamanya karena di Hari Raya sahabat karib yang merantau pada pulang ke kampung halaman. Dan kumpul keluarga besar pun semakin lengkap.

6. Merencanakan liburan bersama/piknik.

Tak kalah penting dengan yang lain, ketika Hari Raya masyarakat Indonesia terbiasa dengan berlibur bersama kelaurga besar. Bahkan sebelum Hari Raya tiba mereka sudah membuatjadwal akan pergi ke mana dan berapa lama.

Nah, dari beberapa kebiasaan-kebiasaan yang sudah dijelaskan di atas, mana kebiasaan keluarga kamu?