Kabupaten Karo terletak di Sumatera Utara, 77 KM dari Medan, ibukota provinsi Sumatera Utara.Tahukah kamu bahwa Kabupaten Karo merupakan salah satu kabupaten dengan cuaca tersejuk di Indonesia dengan suhu 16-17 C? Kabupaten Karo juga merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal di mancanegara, terbukti dengan banyaknya turis asing yang datang.

Nah, berikut ini 6 destinasi wisata di Kabupaten Karo yang bisa banget buat kamu singgahi.

1. Tongging.

6 Destinasi wisata di Kabupaten Karo ini keren abis!

Tongging adalah tempat yang nyaman untuk santai dan juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tongging terletak di sebelah ujung utara Danau Toba dengan pemandangan yang sangat indah. Dengan jalan yang curam dan berliku-liku dari Merek, dari sebelah kanan jalan ini, kita dapat melihat keindahan air terjun Sipiso-piso.

Tongging berada di tengah-tengah daerah yang didiami tiga suku Batak Toba, Pakpak dan Karo yang bercampur baur dan menggunakan bahasa lokal dengan menggunakan bahasa dari ketiga suku tersebut.

2. Gundaling.

6 Destinasi wisata di Kabupaten Karo ini keren abis!

Bukit ini ditumbuhi oleh pohon kayu dan bunga-bungaan yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda yang merupakan tempat rekreasi bagi remaja, keluarga, serta para wisatawan mancanegara dan dalam negeri. Dari Berastagi menuju ke Bukit Gundaling berjarak 2 km. Untuk sampai ke sana, seseorang dapat menggunakan bus ukuran kecil dan besar.

Objek wisata ini berada di Kecamatan Berastagi dan Merdeka, area ini dapat dikembangkan menjadi persinggahan pertama wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Karo karena dari bukit ini kita dapat melihat panorama Kota Berastagi secara keseluruhan, Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

3. Danau Lau Kawar.

6 Destinasi wisata di Kabupaten Karo ini keren abis!

Danau ini memiliki luas lebih kurang 200 Ha dan diapit oleh alam pegunungan yang ditumbuhi kayukayuan hutan tropis. Di pinggir danau terbentang lahan seluas 3 Ha sebagai lokasi tempat berkemah. Bagi wisatawan yang berjiwa petualangan, dari objek wisata ini dapat melakukan kegiatan panjat tebing sekaligus pendakian ke puncak Gunung Sinabung melewati hutan belantara.

Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini adalah 27 Km. Kamu dapat menggunakan kendaraan roda empat melewati beberapa desa dan lahan pertanian. Tapi, sekarang kondisi Danau Lau Kawar tidak kondusif untuk dijelajahi. Gunung Sinabung yang terus mengeluarkan awan panas menjadikan Danau Lau Kawar menjadi objek wisata yang terbengkalai. Ingat, jangan sesekali melewati zona aman untuk pergi ke danau ini ya.

4. Air Panas Lau Sidebuk-debuk.

6 Destinasi wisata di Kabupaten Karo ini keren abis!

Objek wisata ini merupakan pemandian air panas yang mata airnya bersumber dari perut bumi, mengandung unsur belerang, dapat mengobati penyakit gatalgatal dan biasa dibuat sebagai pengganti mandi sauna. Pada waktuwaktu tertentu ada kegiatan ritual seperti Erpangir Ku Lau (mandi ritual) yang bertujuan membersihkan diri dari rohroh jahat dan niatniat yang tak baik. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini sekitar 10 Km dan kamu dapat menggunakan bus ukuran besar.

5. Tahura (Taman Hutan Raya Bukit Barisan).

6 Destinasi wisata di Kabupaten Karo ini keren abis!

Objek wisata ini merupakan kawasan hutan seluas lebih kurang 7 Ha yang ditumbuhi berbagai jenis kayukayuan hutan tropis berusia di atas 60 tahun dan di dalamnya berkembang berbagai spesies kupukupu langka. Di objek wisata ini dipelihara gajah yang dapat dimanfaatkan sebagai transportasi wisatawan mengelilingi hutan. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini hanya sekitar 5 Km.

6. Desa Budaya Lingga.

6 Destinasi wisata di Kabupaten Karo ini keren abis!

Di desa ini terdapat bangunan rumah Tradisional Karo berusia 250 tahun yang dikenal dengan nama Rumah Siwaluh Jabu dan dihuni oleh 8 kepala keluarga yang hidup berdampingan dalam keadaan damai dan tenteram. Bahan bangunan rumah tradisionil ini dari kayu bulat, papan, bambu dan beratap ijuk tanpa menggunakan paku yang dikerjakan tenaga arsitektur masa lalu. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini sekitar 15 km dan dapat ditempuh menggunakan kenderaan umum dan juga kendaraan (bus) wisata.

Nah, itulah 6 destinasi wisata di Kabupaten Karo yang pernah saya jelajahi. Selamat bertualang!