×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6  Cara membuat bawang goreng super gurih dan renyah

0

N/A

6 Cara membuat bawang goreng super gurih dan renyah

Bawang goreng buatanmu dijamin garing, gurih, dan renyah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Eka Riana Pangestika

14 / 10 / 2019 14:15

Bawang goreng adalah salah satu taburan terakhir atau ‘topping’ pada suatu masakan yang digunakan sebagai penambah cita rasa dan aroma masakan. Membuat bawang goreng mungkin terdengar mudah, namun jika dalam proses pembuatannya asal–asalan, rasa yang dihasilkan dari bawang goreng bisa menjadi pahit atau tidak gurih.

Jika kamu ingin membuat bawang goreng, coba tips dan trik cara membuat bawang goreng renyah dan gurih berikut ini.

1. Memotong bawang merah.

Teknik memotong bawang merah perlu diperhatikan agar bawang goreng yang dihasilkan menjadi panjang panjang dan tidak hancur. Untuk bawang merah dengan postur bulat dan besar, potong bawang merah membentuk bulat langsung, tanpa harus dibagi dua. Namun jika bawang merah berpostur kecil dan gepeng, potong lurus dari ujung akar hingga ujung atas.

Teknik tebal tipis potongan bawang goreng juga harus diperhatikan. Jika bawang goreng digunakan untuk kebutuhan sendiri, potong bawang goreng lebih tebal agar saat dipakai rasa bawang goreng menjadi kuat. Tetapi apabila bawang goreng digunakan untuk berjualan, misalnya sebagai pedagang bakso maka potonglah bawang goreng lebih tipis–tipis agar dalam pemakaiannya sedikit dan untuk menghemat anggaran penjualan.

Loading...

2. Menggunakan potongan bawang putih.

Campurkan potongan bawang putih dengan perbandingan 10:1. Maksudnya jika kamu memakai bawang merah 10 buah, maka tambahkanlah 1 bawang putih sebagai campuran. Iris bawang putih tipis–tipis seperti bawang merah tersebut. Bawang putih digunakan sebagai penambah aroma agar aroma yang dihasilkan bawang goreng menjadi wangi.

3. Tambahkan sedikit garam.

Saat bawang merah sudah digoreng, tambahkanlah sedikit garam lalu aduk rata, disarankan mengaduk dengan menggunakan sendok agar bawang merah yang sudah dipotong tidak hancur. Dalam penggunaannya, garam hanya dibutuhkan sedikit saja atau sejumput kecil. Garam berfungsi untuk membantu memberi rasa gurih pada bawang dan membuat bawang merah yang digoreng menjadi lebih kering.

4. Penggunaan api dan minyak pada penggorengan bawang.

Saat akan menggoreng, pastikan minyak tersebut masih baru dan berwarna kuning agar warna bawang goreng yang dihasilkan kuning keemasan. Karena jika menggoreng bawang merah dengan minyak hitam atau minyak bekas menggoreng ikan, maka bawang goreng yang dihasilkan tidak akan ikut berwarna kehitaman.

Penggunaan api pada saat menggoreng pun perlu diperhatikan. Saat akan memasukkan bawang ke minyak, gunakan api besar hingga minyak benar–benar panas, lalu masukkan potongan bawang merah. Setelah potongan bawang sudah masuk ke dalam minyak, kecilkan api dan goreng menggunakan api sedang.

5. Angkat bawang sebelum berwarna cokelat.

Walaupun bawang yang digoreng sudah diangkat, bawang tersebut masih mengalami pematangan. Jadi angkatlah bawang saat akan matang karena jika diangkat dalam kondisi benar–benar matang, bawang akan menjadi cepat gosong saat sudah ditiriskan.

6. Penyimpanan bawang goreng.

Tiriskan bawang goreng yang baru diangkat dari minyak panas ke atas kertas atau tissu makan. Hal ini bertujuan untuk menyerap minyak yang masih menempel pada bawang goreng. Tiriskan dan tunggu hingga benar–benar dingin lalu masukkan ke dalam toples kecil. Jika tidak ada toples kecil, bisa dimasukkan ke dalam plastik kecil yang tertutup agar tetap garing dan renyah.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red