Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak sekali kekayaan alam. Mulai dari hutan, gunung, laut, sampai danau. Hingga saat ini kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia telah banyak dikelola menjadi wisata alam. Berikut adalah 5 rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi, dikutip penulis dari berbagai sumber (17/03).

1. Kepulauan Raja Ampat (Papua).

5 Tempat wisata di Indonesia ini gak kalah keren dari luar negeri

Bagian timur Indonesia memiliki caranya sendiri untuk memikat hati para wisatawan. Hamparan kepulauan hijau nan memukau menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang bukan hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi juga sulit untuk dilupakan. Seperti yang dilansir pada laman dbs.com (13/03), kepulauan Raja Ampat memang menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang menjadi destinasi berlibur kelas dunia. Kepulauan yang berada di ujung barat laut pulau Papua ini memang sudah dikenal luas sebagai tambang emas bagi para penggila petualangan. Sedangkan bagi para pencinta diving, Raja Ampat dianggap sebagai surga yang tidak dapat diungkapkan kata-kata. Satu-satunya cara untuk membuktikan berbagai pendapat ini adalah dengan datang langsung menikmati sang mutiara di ujung Papua ini.

2. Pulau Komodo (Kepulauan Nusa Tenggara).

5 Tempat wisata di Indonesia ini gak kalah keren dari luar negeri

Beralih dan menuju ke Nusa Tenggara Timur, di sini terdapat sebuah tempat wisata yang indah dan eksostis, yaitu Pulau Komodo. Mau menikmati habitat asli dari hewan khas Indonesia, disinilah lokasi yang tepat. Pulau Komodo sendiri terdiri dari beberapa pulau dan perairan laut. Salah satu yang terkenal adalah Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Flores. Di sini kamu bisa melihat dari dekat bagaimana kehidupan Komodo sesungguhnya. Pulau Komodo juga masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, seperti yang dikutip darianekatempatwisata.com (13/07).

3. Gunung Bromo, Jawa Timur.

5 Tempat wisata di Indonesia ini gak kalah keren dari luar negeri

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur. Walaupun Bromo masih masuk ke dalam kategori salah satu gunung yang masih aktif di Jawa Timur, namun tidak mengubah fakta di mana banyak orang menyukai pemandangan yang ada di gunung ini. Sunrise atau matahari terbit di Gunung Bromo sangatlah indah. Jika cuaca mendukung, dapat terlihat matahari terbit dengan latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan matahari bersinar terang yang perlahan naik.

4. Danau Toba.

5 Tempat wisata di Indonesia ini gak kalah keren dari luar negeri

Danau Toba merupakan danau yang terletak di Sumatera Utara. Seperti yang dilansir dari laman pusakapusaka.com (30/01), yang membuat danau ini menakjubkan adalah di tengah-tengah hamparan air danau yang jernih terdapat sebuah pulau yang luas, pulau tersebut bernama Samosir. Pemandangan yang memesona dengannuansa alam yang menenangkan tak akan membuat kecewa jika datang ke sini. Di tengah Pulau Samosir ternyata masih terdapat dua buah danau indah, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Danau Toba memiliki ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar sekitar 30 kilometer, dan kedalaman hingga 505 meter. Areayang luas menyerupai lautan membuat Danau Toba dinobatkan sebagai danau terbesar se-Asia Tenggara.

5. Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara).

5 Tempat wisata di Indonesia ini gak kalah keren dari luar negeri

Taman Nasional Bunakenadalah taman laut yang terletak diSulawesi Utara,Indonesia.Tamanini terletak diSegitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karangdan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil danmamalialaut, seperti yang dikutip dari jadiberita.com (04/05). Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padangrumput laut,terumbu karangdan ekosistem pantai. Taman laut Bunaken adalah spot diving yang sudah terkenal sejak dahulu. Taman laut Bunaken hingga saat ini masih dijadikan sebagai salah satu destinasi favorit para pencinta diving dari seluruh penjuru dunia. Taman laut Bunaken memiliki 20 dive spot dengan kedalaman yang beragam.