×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tempat wisata di Dieng Wonosobo ini patut dikunjungi setelah pandemi

0

Jalan-Jalan

5 Tempat wisata di Dieng Wonosobo ini patut dikunjungi setelah pandemi

Negeri di Atas Awan ini punya banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi wisatawan domestik maupun turis dari negara lain.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Faisal Thoriq Ridho Maulana

19 / 05 / 2020 14:35

Dieng adalah sebuah desa di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Desa Dieng berjarak sekira 9 km dari ibu kota kecamatan atau 26 km dari ibu kota Kabupaten Wonosobo. Dieng berada di dataran tinggi, maka dari itu Dieng sering disebut sebagai Negeri di Atas Awan.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang ada di Dieng Wonosobo.

1. Gunung Prau Dieng Wonosobo.

Objek wisata Gunung Prau tentu tidak asing di telinga para pendaki Indonesia. Gunung Prau yang berada di dataran tinggi Dieng Wonosobo memiliki ketinggian sekitar 2565 meter di atas permukaan laut (MDPL). Gunung ini memliki beberapa jalur pendakian dengan rintangan yang berbeda-beda dalam melewatinya. Jalur pertama adalah jalur Dieng, jalur Patak Banteng, jalur Pranten, dan jalur Kendal. Sering sekali jalur yang menjadi rekomendasi dalam pendakian gunung Prau adalah jalur Dieng dan Patak Banteng yang berada di Dieng Wonosobo.

Ketika wisatawan maupun pendaki yang sudah mencapai ke puncak Gunung Prau akan diberikan pemandangan oleh alam berupa pemandangan berbagai macam gunung yang berdekatan dengan gunung Prau tersebut, yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Pemandangan sunrise dan sunset yang ada di Gunung Prau pun terkenal dengan golden sunrise. Pemandangan tersebut lebih indah dengan adanya samudera awan di sekitar Gunung Prau dan melintasi Gunung Sumbing dan Sindoro yang merupakan view dari puncak Prau.

Loading...

2. Bukit Sikunir.

Selanjutnya destinasi wisata bukit Sikunir merupakan bukit yang berada di daerah Dieng tepatnya di dalam kompleks candi bukit Sikunir. Aksesnya cukup sulit untuk pejalan kaki yang hendak mejunu ke atas Bukit Sikunir tesebut. Parkiran yang berada di bawah pun membuat para wisatawan berjalan kaki ke atas sekitar beberapa ratus meter. Namun hal itu tidak membuat para wisatawan mengurungkan niat untuk tidak melanjutkan perjalanannya. Saat mengunjungi bukit Sikunir para wisatawan tidak perlu banyak mengeluarkan biaya untuk bisa masuk.

Ketika sudah mencapai puncak Bukit Sikunir, wisatawan akan disuguhi pemandangan sunrise yang langsung menghadap Gunung Prau. Sunrise di Bukit Sikunir memiliki golden sunrise yang tidak kalah menarik dengan golden sunrise di Gunung Prau. Di daerah sekitar Sikunir terdapat berbagai macam kuliner khas lokal dan merchandise yang dibuat dari berbagai UKM dengan harga terjangkau dan kualitas bagus.

3. Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang merupakan salah satu destinasi wisata di Dieng. Kawah ini merupakan kawah yang masih aktif dan terbesar di Dieng. Kawah ini memang dikatakan kawah yang aktif, tetapi kawah juga aman untuk dikunjungi. Meski begitu wisatawan juga harus berhati-hati ketika berkunjung ke tempat ini. Tempat ini berada di daerah yang cukup datar dibandingkan dengan tempat wisata lain yang ada di Dieng, sehingga dapat memberikan akses yang mudah untuk wisatawan dan kendaraan mencapai tempat ini.

Kawah Sikidang merupakan kawah yang dapat mengeluarkan asap dengan bau yang menyengat. Wisatawan direkomendasikan membawa masker dari rumah atau dapat membeli masker di sana. Yang tidak kalah penting lagi, Kawah Sikidang memiliki harga tiket masuk yang bersahabat dengan kantong. Namun kamu perlu merogoh kocek lagi jika ingin mencoba berbagai wahana yang ada di Kawah Sikidang Dieng ini.

4. Telaga Warna.

Telaga Warna yang indah dan alami dan menjadi sebuah ikon bagi Kabupaten Wonosobo. Harmoni alam yang masih alami berpadu dengan kesejukan atmosfer dataran tinggi membuat suasana di Telaga Warna Dieng nyaman dan betah untuk bersantai. Suasana mistis yang ditimbulkan oleh kabut putih, ditambah pohon-pohon rindang tinggi yang mengelilingi danau, memancarkan fibrasi ketenangan dan relaksasi. Bisa dipastikan merupakan sebuah kerugian jika kunjungan ke Dieng tidak dilengkapi dengan singgah ke danau ini.

Telaga ini diberi nama Telaga Warna karena fakta soal perubahan warna air danau yang berubah ubah, bisa hijau, kuning, ungu, atau bahkan warna pelangi. Secara ilmiah hal ini dijelaskan sebagai akibat dari kandungan sulfur yang tinggi pada air danau.

5. Air Terjun Sikarim.

Perjalanan wisata ke Air Terjun Sikarim bisa dilakukan dengan jalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Selain itu rute air terjun Sikarim juga sering digunakan sebagai jalur trekking sepeda gunung. Biasanya setelah melihat matahari terbit di atas Bukit Sikunir, Telaga Cebong, dapat dilanjutkan ke Curug Sikarim yang letaknya di bawah Desa Sembungan. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan untuk menuju ke lokasi Wisata Alam Curug Sikarim tersebut.

Dengan akses jalan yang mudah dijangkau menggunakan sepeda motor, kamu bisa melalui daerah Desa Sirangkel dari arah bawah di Kecamatan Garung. Selama perjalanan menuju air terjun Sikarim kamu akan diajak menikmati keindahan Danau Menjer serta perkebunan teh di sepanjang perjalanan menuju ke dataran tinggi Dieng. Perjalanan wisata hiking ke Curug Sikarim Wonosobo akan lebih nyaman dan aman bila didampingi oleh pemandu wisata lokal Dieng dengan divisi guide khusus trekking Sikarim dan Sikongkong.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red