×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Sepeda lipat mirip Brompton, lebih ramah kantong dan ada yang lokal

0

N/A

5 Sepeda lipat mirip Brompton, lebih ramah kantong dan ada yang lokal

Stylish dan sehat nggak harus mahal.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mohammad Ardyanto

30 / 07 / 2020 10:02

Brompton, merek sepeda yang akan sering kamu temui di jalan di tengah masa pandemi. Konsep praktis dan easy to carry yang diusung dapat memikat hati masyarakat, terutama kaum milenial dan pencinta sepeda Tanah Air. Selebritas seperti El Rumi, Raffi Ahmad, Denny Cagur, Aura Kasih, hingga pembalap Ananda Mikola pun mencicipi uniknya sepeda lipat yang sedang hype ini.

Lantas apa yang membuat Brompton sangat diminati?

"Saya suka jenis itu (Brompton) karena sepedanya praktis. Saya ini kan bukan yang spesialis banget terhadap olahraga. Di satu sisi, saya juga suka traveling ke luar kota, luar negeri, jadi lebih mudah membawanya. (Walau mahal) tapi kan buat kesehatan? Sakit kan lebih mahal," ujar Ananda Mikola dikutip dari Detik.com.

Ciri khas berupa cara melipat dengan ban dimasukkan ke bodi dan dilengkapi dengan ban kecil untuk menjadikannya seperti troli ternyata menjadi daya tarik tersendiri. Sayangnya, untuk mencicipi teknologi tersebut kamu harus merogoh kocek dalam, yaitu belasan hingga ratusan juta rupiah untuk satu unitnya. 

Dengan melihat peluang bisnis ini, sejumlah produsen sepeda memanfaatkannya dengan membuat sepeda lipat sejenis dengan harga jauh lebih murah. Salah satunya bahkan berada di kisaran Rp 4 juta rupiah. Penasaran? Yuk, cek daftarnya di bawah ini.

Loading...

1. Element Pikes.

Element Pikes

Foto: Sepeda.me

Menggunakan bahan chromoly pada frame-nya membuat Element Pikes kuat, awet, dan tahan dengan beban berat cukup lama. Secara singkat, chromoly adalah bahan yang persis steel, namun lebih ringan dan tahan karat. Hal ini membuat kamu yang berbobot 100 kg masih dapat bersepeda menggunakan Element Pikes.

Sepeda ini dibanderol dengan harga Rp 4 jutaan untuk single speed dan sampai Rp 7-8 jutaan untuk 8 speed pada gen 1. Sekilas info, Element Pikes gen 2 sudah resmi dirilis di Pulau Jawa dengan harga retail Rp 8 jutaan.

2. United Trifold.

United Trifold

Foto: Sepeda.me

Berbeda dengan sepeda lipat mirip Brompton pada umumnya, United Trifold menyediakan tipe sepeda elektrik. Mekanisme elektriknya pun tidak seperti sepeda elektrik pada umumnya yang terdapat tuas untuk mengatur "gas" atau kecepatan, melainkan terdapat motor yang berfungsi membuat kayuhan lebih ringan.

Baik elektrik maupun non-elektrik, sepeda ini menggunakan alloy sebagai bahan frame sehingga membuatnya cukup ringan dibawa ke mana-mana. Pada tipe non elektrik, sepeda ini dibanderol pada kisaran Rp 5 - 14 jutaan, sedangkan untuk elektrik dibanderol pada kisaran Rp 18 jutaan.

3. Pro Action Kiwi.

Pro Action Kiwi

Foto: Bukalapak

Jika pada Element Pikes dan United Trifold budget Rp 5 juta hanya bisa membeli sepeda lipat single speed, dengan Pro Action Kiwi kamu bisa mendapat sepeda 5 speedFrame-nya yang berbahan alloy juga membuat sepeda ini ringan sehingga sangat cocok untuk travelling.

4. 3Sixty.

3Sixty

Foto: 3sixtyofficial.id

3sixty adalah salah satu merek sepeda lipat asal Korea yang populer di Cina. Frame-nya terbuat dari chromoly sehingga ketahanannya patut diacungi jempol. Dengan harga di atas pesaingnya, yaitu Rp 7 - 30 jutaan, kualitas 3sixty tak perlu diragukan pasalnya setiap preorder yang mereka gelar di media sosial selalu sold out.

5. Kreuz.

Kreuz

Foto: Instagram/@kreuz.pannier

Terhitung baru terjun dalam dunia persepedaan, Kreuz terbukti mampu bersaing dengan produsen sepeda mirip Brompton lain. Saking berkualitasnya sepeda yang namanya terinspirasi dari bahasa Jerman yang berarti "melintas" ini, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana pun tertarik memilikinya. Hal ini tak mengherankan sebab penggagasnya, Yudi Yudiantara dan Jujun Junaedi mengaku sangat terinspirasi oleh Brompton sampai-sampai mereka membongkar Brompton milik temannya untuk menciptakan prototipe pertama Kreuz yang dibuat dengan fungsi semirip mungkin. 

Selain itu, Kreuz juga memiliki harga jual yang relatif murah yaitu Rp 3,5 juta untuk frame-nya dan Rp 8 jutaan untuk full bike. Meskipun begitu, kamu yang berniat membeli sepertinya harus sabar lantaran Kreuz hanya dapat dibeli secara inden dan antreannya sudah mencapai Februari 2021.

Gimana, sudah tahu mau pilih yang mana?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red