Memiliki wajah yang cenderung berminyak memang cukup mengganggu. Apalagi jika tidak bisa membersihkan wajah dengan benar. Bukannya mengurangi masalah, kamu justru akan menumbuhkan masalah lainnya seperti wajah yang semakin berminyak atau terlalu kering serta timbulnya komedo dan jerawat karena pori-pori yang tersumbat.

Nah, untuk mengatasi masalah wajah berminyak kamu bisa melakukan eksfoliasi atau scrub. Nggak perlu jauh-jauh ke dokter kecantikan, kamu bisa melakukan perawatan scrub dengan bahan-bahan alami. Yuk, simak resepnya di bawah ini.

1. Mentimun.

5 Scrub alami ini bantu mengatasi kulit wajah berminyak

Foto: pexels.com

Mentimun memiliki kandungan zat astringent ringan yang mampu mengatasi minyak berlebih pada kulit dan mengecilkan pori-pori wajah.

Cara membuatnya, kamu cukup siapkan setengah mentimun lalu tumbuk atau diparut. Oleskan pada wajah secara perlahan selama 3-5 menit. Setelahnya bilas dengan air dingin sampai bersih. Ulangi penggunaan scrub mentimun ini dengan dua kali seminggu.

Jangan lupa, sebelum melakukan scrub pastikan wajah kamu sudah dibersihkan terlebih dahulu agar hasil lebih maksimal.

2. Pepaya.

5 Scrub alami ini bantu mengatasi kulit wajah berminyak

Foto: pexels.com

Pepaya menjadi salah satu scrub alami yang cocok digunakan untuk pemilik wajah berminyak. Kandungan yang terdapat pada pepaya ini baik untuk eksfoliasi wajah dan tentunya bisa mengecilkan pori-pori wajah.

Untuk penggunaannya, kamu bisa mengambil sepotong atau dua potong pepaya yang telah dihaluskan. Campurkan perasan air lemon, lalu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin.

3. Gula pasir dan minyak zaitun.

5 Scrub alami ini bantu mengatasi kulit wajah berminyak

Foto: pixabay.com

Gula pasir dan minyak zaitun memang cukup dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk perawatan kulit, begitu juga untuk mengatasi wajah yang berminyak.

Caranya kamu cukup campurkan setengah cangkir gula pasir dan dua sendok teh minyak zaitun. Oleskan secara merata pada wajah. Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan selama 3-4 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

4. Tomat dan gula pasir.

5 Scrub alami ini bantu mengatasi kulit wajah berminyak

Foto: pexels.com

Sama halnya dengan mentimun, tomat juga memiliki zat astringent yang mampu mengurangi minyak berlebih, membersikan kulit, dan mengecilkan pori-pori. Sementara gula biasa digunakan untuk eksfoliasi wajah yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Untuk penggunaannya, siapkan satu buah tomat untuk dihaluskan lalu campurkan dengan dua sendok gula pasir dan aduk rata. Gosokkan pada wajah dan leher sampai merata. Setelahnya bilas dengan air hangat. Jika kulitmu termasuk cukup sensitif, kamu juga bisa mencampurkan dengan madu.

5. Oatmeal, yoghurt, dan madu.

5 Scrub alami ini bantu mengatasi kulit wajah berminyak

Foto: pixabay.com

Makanan yang biasa digunakan untuk diet ini ternyata punya manfaat untuk wajah berminyak juga lho. Oatmeal mengandung senyawa antiinflamasi dan safonin yang mampu menenangkan dan membersihkan kulit. Yoghurt dapat membersihkan pori-pori wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih. Sementara madu akan membuat kulit wajah tetap lembap dan terhidrasi. Nggak hanya itu, madu juga bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Untuk membuat scrub ini, campurkan satu sendok makan oatmeal, satu sendok makan yoghurt, dan satu sendok makan madu. Aduk hingga merata.

Kemudian gosok secara perlahan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya selama 3-4 menit. Bilas hingga bersih dengan air dingin. Ulangi perawatan ini satu atau dua kali selama seminggu.

Untuk pemilik wajah berminyak, jangan bingung lagi untuk merawat wajah kamu. Jadi, scrub mana yang akan kamu gunakan nantinya? Selamat mencoba, ya!