Ramadhan menjadi momen setahun sekali yang dirayakan oleh umat muslim. Pada bulan Ramadhan antusias masyarakat terlihat meningkat, baik dalam hal ibadah maupun makanan yang dinanti. Saat Ramadhan, masyarakat melakukan berbagai macam kegiatan baru seperti tarawih, berburu takjil, dan mempersiapkan berbagai makanan yang dapat membuat puasa menjadi lebih semangat.

Dalam perihal makanan, sering kali masyarakat tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Hal inilah yang menjadi salah satu penghambat aktivitas sehari-hari dan membuat lebih cepat lemas. Alangkah baiknya jika makanan tersebut mengandung unsur yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta menambah stamina. Oleh karena itu, penulis merangkum beberapa makanan yang direkomendasikan untuk kamu yang akan menjalankan ibadah puasa.

1. Labu.

5 Rekomendasi makanan sehat saat Ramadhan, cocok untuk sahur & berbuka

Labu akan mudah ditemui sebagai hidangan kolak atau direbus untuk berbuka. Tahukah kamu jika labu mengandung kadar air yang sangat tinggi. Kadar air pada labu mencapai 94% hingga 97% sehingga mampu menjaga tubuh dari dehidrasi selama berpuasa. Untuk kamu yang ingin mengonsumsinya, labu cocok dikonsumsi pada saat sahur supaya kandungan air saat berpuasa akan tercukupi dan juga cocok dikonsumsi untuk berbuka!

2. Lentil.

5 Rekomendasi makanan sehat saat Ramadhan, cocok untuk sahur & berbuka

Lentil merupakan jenis kacang-kacangan yang jarang dikonsumsi oleh orang banyak. Padahal, kandungan pada lentil baik untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan kolestrol dan membantu pencernaan. Lentil mengandung protein sebanyak 26% dan juga kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang mampu mempertahankan rasa kenyang dan mampu menstabilkan gula darah. Biasanya, lentil dibuat menjadi sup dan akan dihidangkan pada saat sahur.

3. Melon.

5 Rekomendasi makanan sehat saat Ramadhan, cocok untuk sahur & berbuka

Buah segar yang biasa dibuat jus atau es buah ini merupakan buah yang sebaiknya kamu jadikan stok selama berpuasa. Melon mengandung serat yang tinggi dan kadar air hingga 90%. Bagiyang memiliki maag,kamu dapat mengonsumsi melon sebagai solusi untuk mengatasi sakit perut dan masalah lambung. Selain itu, mengonsumsi melon juga dapat terhindar dari dehidrasi karena kurangnya cairan tubuh. Melon enak dikonsumsi langsung maupun dalam sajian smoothie. Jadi, perbanyak makan melon ya!

4. Delima.

5 Rekomendasi makanan sehat saat Ramadhan, cocok untuk sahur & berbuka

Buah delima tergolong buah superfood yang mengandung 3 kali lipat antioksidan dibandingkan teh hijau. Mengonsumsi buah delima sama saja dengan mengonsumsi vitamin A, C, E, dan asam folat. Buah delima pun sangat bagus untuk pencernaan, jadi alangkah baiknya jika kamu mengonsumsi jus buah delima saat berbuka atau dengan mencampurkan biji buah delima ke dalam salad buah agar lebih nimat rasanya.

5. Telur.

5 Rekomendasi makanan sehat saat Ramadhan, cocok untuk sahur & berbuka

Telur adalah salah satu lauk yang sangat praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Telur sangat bagus dikonsumsi saat puasa karena mengandung protein, vitamin A, D, E, B6, dan B12, juga kalsium, zat besi, dan zinc. Mengonsumsi protein saat sahur sangat baik untuk tubuh karena dapat memberikan energi sepanjang hari. Kamu bisa membuat orak-arik telur dibarengi roti gandum sebagai alternatif menu saat sahur.

Nah, bagi kamu yang sudah membaca artikel ini, alangkah baiknya mengonsumsi makanan di atas untuk membuat Ramadhan lebih lancar dan tetap kuat dalam beraktivitas. Jadi, jangan malas untuk mengonsumsi makanan sehat di atas ya!