×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Rekomendasi makanan sehat saat Ramadhan, cocok untuk sahur & berbuka

0

N/A

5 Rekomendasi makanan sehat saat Ramadhan, cocok untuk sahur & berbuka

Pastikan kamu makan makanan yang sehat saat sahur dan berbuka.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Lela Deprintz

03 / 05 / 2019 14:18

Ramadhan menjadi momen setahun sekali yang dirayakan oleh umat muslim. Pada bulan Ramadhan antusias masyarakat terlihat meningkat, baik dalam hal ibadah maupun makanan yang dinanti. Saat Ramadhan, masyarakat melakukan berbagai macam kegiatan baru seperti tarawih, berburu takjil, dan mempersiapkan berbagai makanan yang dapat membuat puasa menjadi lebih semangat.

Dalam perihal makanan, sering kali masyarakat tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Hal inilah yang menjadi salah satu penghambat aktivitas sehari-hari dan membuat lebih cepat lemas. Alangkah baiknya jika makanan tersebut mengandung unsur yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta menambah stamina. Oleh karena itu, penulis merangkum beberapa makanan yang direkomendasikan untuk kamu yang akan menjalankan ibadah puasa.

1. Labu.

Labu

Labu akan mudah ditemui sebagai hidangan kolak atau direbus untuk berbuka. Tahukah kamu jika labu mengandung kadar air yang sangat tinggi. Kadar air pada labu mencapai 94% hingga 97% sehingga mampu menjaga tubuh dari dehidrasi selama berpuasa. Untuk kamu yang ingin mengonsumsinya, labu cocok dikonsumsi pada saat sahur supaya kandungan air saat berpuasa akan tercukupi dan juga cocok dikonsumsi untuk berbuka!

Loading...

 

2. Lentil.

Lentil

Lentil merupakan jenis kacang-kacangan yang jarang dikonsumsi oleh orang banyak. Padahal, kandungan pada lentil baik untuk dikonsumsi karena dapat menurunkan kolestrol dan membantu pencernaan. Lentil mengandung protein sebanyak 26% dan juga kandungan serat dan karbohidrat kompleks yang mampu mempertahankan rasa kenyang dan mampu menstabilkan gula darah. Biasanya, lentil dibuat menjadi sup dan akan dihidangkan pada saat sahur.

 

3. Melon.

Melon

Buah segar yang biasa dibuat jus atau es buah ini merupakan buah yang sebaiknya kamu jadikan stok selama berpuasa. Melon mengandung serat yang tinggi dan kadar air hingga 90%. Bagi yang memiliki maag, kamu dapat mengonsumsi melon sebagai solusi untuk mengatasi sakit perut dan masalah lambung. Selain itu, mengonsumsi melon juga dapat terhindar dari dehidrasi karena kurangnya cairan tubuh. Melon enak dikonsumsi langsung maupun dalam sajian smoothie. Jadi, perbanyak makan melon ya!

 

4. Delima.

Delima

Buah delima tergolong buah superfood yang mengandung 3 kali lipat antioksidan dibandingkan teh hijau. Mengonsumsi buah delima sama saja dengan mengonsumsi vitamin A, C, E, dan asam folat. Buah delima pun sangat bagus untuk pencernaan, jadi alangkah baiknya jika kamu mengonsumsi jus buah delima saat berbuka atau dengan mencampurkan biji buah delima ke dalam salad buah agar lebih nimat rasanya.

 

5. Telur.

Telur

Telur adalah salah satu lauk yang sangat praktis dan mudah untuk dikonsumsi. Telur sangat bagus dikonsumsi saat puasa karena mengandung protein, vitamin A, D, E, B6, dan B12, juga kalsium, zat besi, dan zinc. Mengonsumsi protein saat sahur sangat baik untuk tubuh karena dapat memberikan energi sepanjang hari. Kamu bisa membuat orak-arik telur dibarengi roti gandum sebagai alternatif menu saat sahur.

 

Nah, bagi kamu yang sudah membaca artikel ini, alangkah baiknya mengonsumsi makanan di atas untuk membuat Ramadhan lebih lancar dan tetap kuat dalam beraktivitas. Jadi, jangan malas untuk mengonsumsi makanan sehat di atas ya!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red