Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Sabtu (19/5/2018) lalu tentu masih kita ingat dengan jelas.Momen bahagia keduanya menjadi sorotan dari berbagai penjuru dunia.Mulai dari biaya pernikahan, aturan kerajaan, hingga membanding-bandingkannya dengan pernikahan Pangeran William-Kate.

Selain kerajaan Inggris, beberapa kerajaan di luar sana juga merayakan pesta pernikahan putra mahkotanya secara megah.Termasuk di antaranya kerajaan Timur Tengah. Nah, berikut ini adalah lima pernikahan termegah di Timur Tengah selama 25 tahun terakhir.

1. Pangeran Hamzah bin Hussein dari Yordania dan Putri Noor.

5 Pernikahan termegah Pangeran Timur Tengah dalam 25 tahun terakhir

Putra Raja Yordania Hussein dan Ratu Noor mengikat janji dengan Putri Noor binti Asem bin Nayef pada tahun 2003.Pasangan itu menikah di Istana al-Baraka di Amman.

Pengantin wanita mengenakan gaun renda yang sangat elegan dan kerudung renda yang serasi.Sementara Pangeran Hamzah, yang bertugas di Angkatan Darat Arab Yordania, mengenakan seragam militernya.

2. Raja Mohamed VI dari Maroko dan Putri Lalla Salma.

5 Pernikahan termegah Pangeran Timur Tengah dalam 25 tahun terakhir

Setelah dilaporkan bertemu di sebuah pesta pada tahun 1999, penguasa Maroko akhirnya menikahi Salma Bennani pada 2001.Pengantin perempuan yang kemudian mendapat gelar "HRH Princess Lalla Salma", pernah menempuh pendidikan jurusan teknik sebelum menikah. Ia juga sempat bekerja sebagai insinyur di pusat layanan informasi.

3. HH Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum dan Putri Haya bin Al Hussein.

5 Pernikahan termegah Pangeran Timur Tengah dalam 25 tahun terakhir

Wakil Presiden dan Perdana Menteri (Uni Emirat Arab) UEA yang juga penguasa Dubai menikahi Putri Haya, peragawati Olimpiade dan juga putri Raja Hussein dari Yordania, pada 2004.

Pasangan itu menikah dengan upacara intim di Amman. Raja Abdullah II pun turut hadir dalam acara sakral itu.Sheikh Mohammed dan Putri Haya sama-sama pernah menempuh pendidikan di Oxford.

4. Raja Abdullah II dari Yordania dan Ratu Rania Al-Abdullah.

5 Pernikahan termegah Pangeran Timur Tengah dalam 25 tahun terakhir

Ratu Rania bertemu Pangeran Yordania, Abdullah II bin Al-Hussein, di sebuah pesta makan malam pada tahun 1992.Pasangan itu mengumumkan pertunangan mereka enam bulan kemudian, sebelum akhirnya menikah di Istana Zahran pada 10 Juni 1993.

Ratu Rania Al-Abdullah sebelumnya pernah bekerja sebagai marketing di Citibank dan Apple sebelum menikah.Di hari bahagianya, ia mengenakan gaun lengan pendek karya perancang Inggris Bruce Oldfield dengan hiasan bordir emas.

5. Pangeran Yordania, Rashid bin El Hassan dan Putri Zeina.

5 Pernikahan termegah Pangeran Timur Tengah dalam 25 tahun terakhir

Pernikahanmereka berlangsung megah di Istana Bassman di Amman.Pangeran Rashid adalah putra Pangeran Yordania, Hassan bin Talal dan Putri Sarvath El Hassan.Sementara pengantin perempuannya, Zeina, adalah seorang juara olahraga tenis meja yang mewakili Yordania pada Olimpiade tahun 2004 dan 2008.

Zeina mengenakan gaun A-line dengan renda di bagian atasnya dengan tiara berlian milik ibu mertuanya, Putri Sarvath.