×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Poin ini perlu diperhatikan saat menginjak usia 40 tahun

0

Olahraga

5 Poin ini perlu diperhatikan saat menginjak usia 40 tahun

Berapapun usia kita sekarang, kesehatan tetap jadi prioritas. Namun di usia 40 tahun banyak hal yang harus diperhatikan untuk masa tua yang sehat

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nina Setiawan

13 / 09 / 2019 13:23

Pada saat menginjak usia 40 tahun, saat tersebut merupakan masa transisi dari dewasa ke pertengahan. Di usia tersebut banyak hal dapat mengancam kesehatanmu. Walaupun kamu harus bertanggung jawab pada pekerjaan, orang tua yang semakin bertambah usia, mengurus anak yang terus tumbuh, kamu akan dengan mudahnya mengesampingkan masalah kesehatan. Tetapi, pada saat kamu menginjak usia 40 tahun, sudah saatnya kamu memperhatikan masalah kesehatan.

Usia 40 tahun merupakan masa yang tepat untuk mencegah diabetes, gangguan jantung, dan beberapa tipe kanker. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat di usia 40 tahun.

1. Olahraga teratur.

Mulai usia 40  tahun, kamu akan kehilangan satu persen dari massa otot per tahunnya. Kamu dapat melakukan olahraga angkat beban yang digabungkan dengan latihan kardiovaskular. Lakukan olahraga tiga kali dalam satu minggu dengan durasi 30 menit setiap kali olahraga. Latihan kardiovaskular dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Seiring bertambahnya usia, tubuh juga menjadi kurang lentur. Dilansir dari Live Science, kamu dapat melakukan yoga atau pilates untuk membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan inti, dan keseimbangan. Yoga juga dapat mengurangi  stres dengan membantu mengelola emosimu.

Loading...

Atau mungkin kamu dapat berjalan kaki selama 45 menit dalam satu hari untuk mendapatkan efek meremajakan sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik dapat membantu tubuh untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Berat badan yang ideal di usia 40 tahun ke atas dapat meminimaliris penyakit terkait gaya hidup.

3. Pola makan sehat.

Di usia 40 tahun, metabolisme tubuh melambat. Menambah asupan serat dalam makanan kamu sangat dianjurkan. Selain itu, konsumsilah makanan rendah kalori untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Tidak  lupa, jaga asupan cairan dalam tubuh. Pastikan setiap harinya kamu mengonsumsi makanan padat nutrisi seperti protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, dan biji-bijian. Mengawasi asupan garam dalam tubuh juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan. Terlalu banyak asupan garam dapat memberi dampak pada tekanan darah yang dapat mengancam kesehatan jantung, ginjal, arteri, dan otak.

4. Gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat dapat mencegah kamu dari serangan jantung dan stroke. Sebenarnya, risiko yang berkaitan dengan kardiovaskular akan terus meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, dengan mengubah gaya hidup kamu menjadi lebih sehat, tentu dapat memberikan banyak keuntungan. Melakukan aktivitas fisik secara teratur, mengurangi tingkat stres, mempertahankan berat badan ideal, dan diet tinggi buah, sayuran, serta lemak tak jenuh, semua membantu menjaga pembuluh darahmu untuk tetap sehat.

5. Eksplor riwayat kesehatan keluarga.

Sudah saatnya kamu melihat silsilah keluargamu untuk mengetahui risiko terhadap penyakit tertentu yang diturunkan secara genetik. Apabila kamu merasa ada yang salah dari tubuhmu dan mulai berpikir bahwa itu kanker, kamu harus segera mengonsultasikannya dengan dokter dan mulai pahami silsilah keluargamu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red