×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Pesona pantai di Gorontalo ini bakal bikin kamu kangen

0

Jalan-Jalan

5 Pesona pantai di Gorontalo ini bakal bikin kamu kangen

Di perairan Botubarani, kamu bisa berenang dan berinteraksi sama ikan hiu paus liar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

25 / 04 / 2019 20:55

Gorontalo seperti mutiara tersembunyi di Indonesia timur. Destinasi wisata pantai di provinsi berjulukan Serambi Madinah ini begitu memesona. Meski masih sedikit asing di telinga, namun spot wisata di Gorontalo tidak kalah keindahannya dengan Pulau Dewata Bali atau Nusa Penida.

Menurut Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie di tahun 2019 ini ada dua event yang masuk dalam Calender of Event Wonderful 2019 yaitu Festifal Danau Limboto dan Gorontalo Karnaval Karawo. Namun, selain kedua festifal itu para wisatawan juga bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata lainnya yang indah dan siap untuk dieksplor.

"Potensi wisata di Gorontalo sangatlah besar dan tidak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya yang ada di Indonesia" Ujar Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat ditemui di sela-sela peluncuran calender of event pesona wisata Gorontalo 2019.

Wah mantap jiwa deh kalau bisa berkesempatan datang ke Gorontalo. Lantas ada spot apa saja sih yang bisa kamu datangi di Serambi Madinah ini? Biar nanti saat kamu ke sana sudah punya rencana ke mana saja biar bisa menjelajah secara maksimal. Penasaran? Yuk, kita telusuri bersama yah.

1. Pulau Saronde.

Loading...

dispargorontalo

Kamu sekarang gak perlu jauh-jauh lagi ke Maladewa, soalnya di Gorontalo ada Pulau Saronde. Hamparan pasir putih, terumbu karang, dan air yang biru jernih akan memanjakan mata kamu saat membuka pintu cottage di pulau seluas 1 km ini. Oya, buat mencapai pulau ini kamu bisa naik perahu nelayan tradisional dari Pelabuhan Kwandang dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit. Jangan lupa bawa perlengkapan snorkling dan diving kamu yah buat mengeksplor biota laut dan terumbu karang yang masih terjaga dengan baik.

Nah, setiap setiap tahunnya di bulan September, pulau ini ramai dikunjungi para wisatawan karena ada festifal Pesona Saronde. Jadi kamu tinggal milih nih, mau berkunjung saat ramai atau saat sepi ketika ke sini. Yang jelas di Pulau Saronde ini sudah tersedia 7 buah Cottage, restoran dengan menu seafood segar dan ruang meeting berkapasitas hingga 75 orang.

 

2. Pulau Bogisa.

dispargorontalo

Pulau kecil di sebelah utara Gorontalo ini sebagai tempat yang cocok buat menyepi dan menikmati sunrise dan sunset. Pulau kecil ini lebarnya hanya 101 meter dengan panjang 454 meter. Meski cukup kecil, namun kamu bisa puas puasin berenang. Saking jernihnya, kamu bisa melihat pasir dan karang laut saat berenang. Tapi ingat jangan sampai terlena karena pulau ini gak berpenghuni, jadi gak ada fasilitas buat nginep. Kecuali kamu mau uji nyali dan berkemah di sini.

Nah, buat mencapai pulau ini kamu bisa berangkat dari pelabuhan kwandang dengan perahu nelayan tradisional dengan harga sewa kurang lebih Rp50.000,- dan lama tempuh perjalanan 45 menit.

 

3. Pulau Popaya.

merdeka.com

Nah, kalau di pulau ini selain bisa menyusuri pasir putih dan menikmati terumbu karang, kamu juga bisa melihat penyu hijau. Pulau seluas 2,42 Hektare ini merupakan kawasan konservasi dari habibat penyu hijau. Buat mencapai pulau ini kamu hanya perlu waktu sekitar 20 menit dari pelabuhan.

 

4. Pulau Raja.

dispargorontalo

Bertetangga dengan Pulau Popaya, Pulau Raja ini paling luas wilayahnya, yaitu mencapai 158 Hektare. Nah, di sini ada hutan kecil yang banyak sekali dihuni oleh aneka jenis burung. Jadi selain buat menyepi kamu juga bisa sekaligus melakukan pengamatan burung sambil nunggu kedatangan burung migrasi yang singgah di bulan Agustus ke wilayah Gorontalo, khususnya di Danau Limboto.

 

5. Pantai Botubarani.

dispargorontalo

Kira-kira gimana ya rasanya berenang deket banget sama hiu paus? Nah, di Gorontalo tepatnya di perairan Botubarani, Kecamatan Kabila Bone kamu bisa melakukannya. Meski dibutuhkan sedikit keberuntungan buat melihat, berenang serta berinteraksi langsung dengan hiu paus (whale shark) ini karena gak setiap saat muncul. Namun saat kamu bisa bertemu mereka, pasti bakalan jadi pengalaman seru dan tidak terlupakan seumur hidup. Apalagi saat kamu berinteraksi dengan paus hiu ini kamu posting di media sosial dijamin temen-temen kamu ngiler.

Nah, itu tadi 5 objek wisata buat kamu para pencinta wisata pantai plus laut dan segala pernak perniknya. Jadi tidak ada salahnya dong buat kamu nyoba datang ke semanjung di bagian utara Pulau Sulawesi ini dan mengeksplor potensi wisata Gorontalo.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red