×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Nilai yang turut menentukan pentingnya pendidikan karakter

0

N/A

5 Nilai yang turut menentukan pentingnya pendidikan karakter

Foto: fauxels dari Pexels

Pendidikan harus diimbangi dengan karakter yang baik sebab akan menghasilkan seseorang dengan pribadi yang baik pula.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rahmah Nur Latifah

21 / 07 / 2021 11:10

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Setiap orang pasti ingin mendapatkan pendidikan yang baik. Tetapi memiliki karakter yang baik juga tidak kalah pentingnya. Karakter termasuk hal yang harus diperhatikan oleh semua orang. Berperilaku sopan, bijaksana, bertanggung jawab, jujur, dan adil merupakan contoh karakter yang baik. Maka dari itu perlu adanya sebuah pendidikan karakter.

Pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan dan keterampilan seseorang atau sekelompok orang melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Secara singkat, pendidikan karakter adalah proses membangun karakter seorang individu untuk menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Pendidikan karakter sebaiknya dimulai sejak seseorang masih anak-anak karena membentuk karakter yang baik tidaklah mudah.

Pendidikan karakter bisa dilakukan di lingkungan keluarga dan sekolah. Orang tua dan guru harus menanamkan karakter yang baik kepada anak dan muridnya. Setiap sekolah memiliki peraturan yang harus ditaati oleh murid-muridnya. Hal tersebut merupakan salah satu contoh untuk membentuk karakter yang baik di sekolah.

Mengutip dari Akupintar.id dalam buku Desain Pendidikan Karakter (2012) disebutkan tiga fungsi pendidikan karakter di sekolah. Ketiga fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Fungsi pembentukan dan pengembangan potensi

Loading...

2. Fungsi untuk penguatan dan perbaikan

3. Fungsi penyaring

Sedangkan tujuan dari pendidikan karakter sendiri adalah untuk melatih kemampuan individu secara terus-menerus agar hidupnya menjadi lebih baik dan bermanfaat.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai prioritas pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Lima karakter utama yang turut menentukan pentingnya pendidikan karakter yaitu sebagai berikut.

1. Religius.

Berperilaku baik sesuai ajaran agama, menghargai, dan menghormati agama lain.

2. Nasionalis.

Menjunjung tinggi negara sendiri dan menghormati keragaman budaya

3. Integritas.

Bertanggung jawab, berwibawa, dan jujur.

4. Mandiri.

Menggunakan segala tenaga, pikiran, dan waktu untuk mencapai harapan dan cita-cita.

5. Gotong-royong.

Membantu sesama, memiliki empati, dan saling tolong menolong
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini harus lebih digalakkan lagi mengingat zaman dan teknologi sekarang yang semakin berkembang. Kita perlu menguatkan diri agar tidak terlalu terbawa zaman dan selalu mengingat jati diri dan budaya bangsa. Pendidikan karakter harus diterapkan pada semua orang. Karena pendidikan karakter juga menjaga agar karakter bangsa Indonesia tetap terjaga.

Pendidikan karakter di rumah bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti mengucapkan salam ketika masuk dan keluar rumah. Orang tua bisa mengajak anaknya untuk melakukan ibadah bersama, saat itu anak bisa mengikuti apa yang orang tuanya lakukan. Orang tua juga harus membiasakan anaknya bertanggung jawab apabila dia melakukan sebuah kesalahan. Dalam kehidupan sehari-hari pun orang tua bisa membiasakan anaknya untuk melakukan pekerjaannya sendiri, seperti membereskan tempat tidur, mencuci piring, menyapu, dan lain-lain.

Pendidikan karakter di sekolah bisa dilakukan dengan membuat peraturan untuk murid, jika ada yang melanggar harus diberi sanksi agar mereka jera dan tidak melakukannya kembali. Belajarlah untuk saling menghargai, seperti guru yang mengapresiasi hasil kerja muridnya dan murid yang memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan materi. Apabila ada teman yang sedang kesulitan, kita harus membantunya. Pendidikan karakter di sekolah juga bisa dengan cara mengikuti organisasi dan ekstrakurikuler.

Pendidikan harus diimbangi dengan karakter yang baik. Karena keduanya sangatlah penting dan apabila terbentuk dengan baik akan menghasilkan seseorang dengan pribadi yang baik pula. Maka mulailah untuk memperhatikan dan memperbaiki karakter diri sendiri. Dengan diterapkannya pendidikan karakter ini semoga anak-anak bisa menjadi penerus bangsa yang memiliki karakter baik.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red