×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Minuman ini cocok diseduh saat musim hujan, bikin badan hangat

0

Kesehatan

5 Minuman ini cocok diseduh saat musim hujan, bikin badan hangat

Selain nikmat, meneguk minuman ini juga bisa menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

M faiq b.U

16 / 01 / 2022 12:19

Saat ini sedang dalam masa musim hujan yang dingin. Hujan dingin musim hujan membuat kita gampang terserang penyakit karena imunitas menurun. Belum lagi kalau kehujanan, padahal di masa pandemi ini menjaga kesehatan menjadi sangat penting.

Namun tenang saja, ada banyak cara untuk bisa menjaga tubuh agar tetap sehat terutama di musim penghujan. Saat hawa dingin menyerang, membuat minuman hangat bisa menjadi pilihan yang baik.

Nah, merangkum dari berbagai sumber, inilah lima macam minuman hangat yang sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan. Selain nikmat, minuman-minuman ini juga mengandung banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

1. Golden milk.

golden milk

Golden milk adalah minuman berupa campuran susu dan bumbu kunyit. Meski hanya berasal dari campuran bahan sederhana, nyatanya golden milk punya banyak manfaat baik untuk tubuh.

Loading...

Golden milk atau susu kunyit mengandung antioksidan. Antioksidan ini didapatkan dari kandungan karkamin dalam kunyit. Senyawa antioksidan berfungsi melawan radikal bebas di tubuh dan melindungi sel dari kerusakan.

2. Wedang jahe.

Jahe Hangat

Jahe memang sudah dikenal ampuh menghangatkan tubuh. Selain itu kandungan dalam jahe bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Jahe juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Kalau nggak terlalu suka dengan rasa jahe yang terlalu kuat, kamu bisa menambahkan madu atau perasan lemon.

3. Air lemon hangat.

Air lemon

Selain bagus dikonsumsi di pagi hari ketika perut masih kosong, air lemon hangat juga baik diminum di malam hari. Minum air lemon hangat sebelum tidur bisa membersihkan dan mengeluarkan racun menumpuk di dalam tubuh.

Air lemon hangat sendiri bisa menurunkan berat badan karena dipercaya mampu meluruhkan lemak membandel dalam tubuh. Selain itu, saat mengonsumsi air lemon hangat tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang, sehingga tidur jadi lebih nyenyak dan nyaman.

4. Wedang ronde.

Wedang ronde

Pada musim hujan seperti saat ini meneguk semangkuk wedang ronde memang sangat nikmat. Apalagi minumnya sambil ditemani orang tersayang.

Sekadar informasi, wedang ronde ternyata bukan minuman tradisional kita. Minuman ini berasal dari Tiongkok alias Cina yang bernama tangyuan.

Dikutip dari Briliofood.net, selain nikmat wedang ronde juga mempunyai banyak manfaat, di antaranya mengatasi perut kembung, menurunkan kolestrol, mencegah risiko serangan jantung, mengobati penyakit diabetes, dan meredakan sakit kepala.

Kandungan jahe dalam wedang ronde memang identik untuk mengatasi masalah kesehatan. Seperti dituliskan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture karya Bartley dan Jacobs (2000), yang salah satunya dapat meredakan sakit kepala.

5. Wedang uwuh.

wedang uwuh

Dikutip dari Briliofood, wedang uwuh terbuat dari campuran beberapa rempah seperti jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala dan biji pala, kapulaga dan gula batu. Wedang uwuh cocok diminum saat malam hari atau saat udara sedang dingin sebagai penghangat tubuh alami. Selain dapat menghangatkan tubuh, wedang uwuh ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Nah, itulah beberapa minuman yang cocok diteguk saat musim hujan. Jangan lupa jaga kesehatan, ya!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red