Pendidikan sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Oleh karena itu, pakar pendidikan dan pengamat sosial terus melakukan riset mengenai cara belajar yang efektif dan efisien untuk diterapkan kepada pelajar. Hal ini bertujuan agar pelajar dapat meningkatkan pengetahuan semaksimal mungkin dengan waktu yang minimal.

Banyaknya kegiatan ekstra di bidang akademis seperti les setelah sekolah ternyata tidak menjamin seorang anak dapat mengerti pelajaran lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak mengikuti les tambahan. Pelajar yang memang berkewajiban untuk belajar sering merasa tertekan dengan kegiatan yang menuntut mereka harus belajar keras sampai lupa waktu. Padahal, menurut berbagai penelitian, ternyata metode terbaik dalam belajar adalah belajar yang menyenangkan, lho!

Nah,brikut ini merupakan beberapa metode belajar menyenangkan yang bisa kamu coba praktikkan.

1. Be happy!

Belajar yang menyenangkan akan membentuk energi positif bagi diri sendiri dan lingkungan. Pelajaran tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang menyusahkan dan membosankan. Kamu akan lebih merasa semangat dan termotivasi.

Gaya belajar yang menyenangkan dapat disesuaikandengan gaya belajar masing-masing, seperti: Auditorial, kinestetik, atau visual.

2. Berolahraga.

Berolahraga santai dapat mengurangi stres dan rasa cemas, lho. Sehingga otak lebih segar dan cepat memroses informasi.

3. Mulai dari yang paling mudah.

Mempelajari hal yang mudah masuk di otak dapat membuatmu bisa mengontrol emosi terhadap sesuatu yang kamupelajari. Hal ini bermaksud untuk menghindari ketegangan dan kebosanan dalam belajar jika dari awal kamu sudah melihat hal-hal aneh yang tidak kamu mengerti.

4. Mencatat.

Dengan menuliskan kembali apa yang kamu pelajari, kamu dapat membuat otak yang sudah banyak pikiran akan lebih rileks karena telah menyalurkannya lewat tulisan.

5. Menjelaskan pada orang lain.

Menurut teknik Feynman, saat kamu mencoba menjelaskan materi yang kamu pelajari kepada orang lain, kamu dapat mengetahui gap antara penjelasan dan pikiranmu. Nah, kamu bisa mengulang bagian itu lalu coba lagi menjelaskannya pada orang lain.

Selain cara di atas, jangan lupauntuk tidur yang cukup agar otakmu tidak cepat lelah. Semoga bermanfaat dan semangat!